Bersepeda merupakan hal yang sangat saya sukai sedari kecil sampai saat ini. Makanya, ketika punya anak pun, saya berusaha menularkan kegemaran bermain sepeda ke Maheera. Syukurnya, anaknya senang sekali. Saya pun terus mendukung kegemaran Maheera bermain sepeda secara rutin. Selain menyenangkan, bersepeda untuk anak juga punya banyak manfaat. Bagaimana cara mendukung kegemaran anak bermain sepeda? Simak ulasan saya berikut ini.

Naik Kelas dari Balance Bike ke Sepeda Berpedal

Pertumbuhan dan perkembangan anak seyogyanya perlu diperhatikan dan distimulus oleh orang tua sedari dini. Aktivitas olahraga, bisa menjadi salah satu cara untuk merangsang pertumbuhan dan perkembangan anak, khususnya yang terkait dengan motorik. Saya mencoba menstimulus pertumbuhan anak dengan mengajaknya berolahraga sepeda.

Belajar Balance Bike

Sejak Maheera menginjak usia 2 tahun, saya mulai mengenalkannya dengan balance bike. Balance bike digunakan untuk melatih keseimbangan pada anak dengan benar. Selain itu, balance bike juga diyakini memudahkan anak mengendarai sepeda roda dua nantinya.

Dia senang banget waktu main balance bike ini. Bahkan dia pun berani ikut kompetisi balance bike. Walau ga ada pedalnya, dia semangat banget untuk mengendarai sepeda ini.

Tinggi, Tangguh, Tanggap saat anak bermain sepeda
Maheera dengan medali lomba balance bike

Mencoba Sepeda Berpedal

Setelah sekian lama bermain balance bike, Maheera mulai mencoba sepeda yang ukurannya lebih besar dan ada pedalnya. Memang, masih ada proses transisi dari sepeda tak berpedal (balance bike) menjadi yang berpedal.

Kadang, dia masih sulit untuk memulai mengayuh pedal pertama kali. Jadi, dia biasanya minta pegangin dulu. Lalu, setelah beberapa kayuhan, dia minta dilepas dan mulai mengayuh sendiri.

Walaupun masih belum lancar di awal, tapi kalau sudah mulai mengayuh sendiri, Maheera bisa benar-benar fokus, sampai disapa orang di jalan aja ga bales. Begitu selesai, saya coba tanya, tadi lihat bude yang manggil ga? Lihat kata dia. Tapi Maheera lagi konsentrasi naik sepeda, jadi Maheera ga bisa jawab panggilan bude. Itu jawaban dia selanjutnya.

Manfaat Susu Bubuk yang mengandung Nutrisi untuk mendukung konsentrasi anak
Maheera yang konsentrasi banget kalau main sepeda

Manfaat Anak Bermain Sepeda

Kenapa sih saya senang banget ketika anak bermain sepeda? Pastinya sih, karena saya jadi punya teman untuk berolahraga.

Selain itu, ada banyak manfaat bermain sepeda untuk anak. Berikut ini beberapa manfaat bermain sepeda untuk anak.

Memahami pentingnya keamanan dalam bertindak

Sebelum bersepeda, saya membiasakan anak untuk melakukan pengecekan terhadap sepeda. Paling tidak mengecek apakah ban kempes atau tidak. Setelah itu, dalam bersepeda, anak juga saya pakaikan helm.

Ritual sederhana ini, membuat anak menyadari bahwa dalam berolahraga perlu hati-hati dan bertanggung jawab. Artinya, keamanan diri sendiri perlu dijaga, dengan melakukan tindakan preventif seperti memakai alat keamanan.

Indomilk Susu Bubuk untuk Usia Berapa
Jangan lupa pakai helm sebelum bersepeda

Anak Bermain Sepeda untuk Melatih konsentrasi

Bersepeda itu membutuhkan konsentrasi. Bukan hanya berkonsentrasi untuk mengendarai sepeda dengan seimbang saja. Tetapi juga berkonsentrasi terhadap arah dan tujuan.

Kadang Maheera masih suka bingung antara belok kiri dan kanan. Dengan bersepeda, saya coba melatih dia untuk lebih familiar dengan urusan belok kiri dan kanan ini.

Bersepeda juga melatih dia untuk menetapkan tujuan dan rute yang akan ditempuh. Ini menjadi latihan kemampuan visual-spasial anak juga. Yah, biar perempuan, dia harus bisa juga baca arah dan peta nantinya.

Melatih motorik dan keseimbangan anak

Ketika bersepeda, anak belajar untuk berusaha menyeimbangkan tubuhnya agar tidak jatuh. Ini merupakan salah satu stimulus untuk melatih keseimbangan tubuh.

Selain itu, bagian tubuh lainnya, seperti kaki dan tangan juga bergerak. Kaki yang mengayuh merupakan bagian dari latihan motorik kasar. Tangan yang mengenggam stang dan bergerak untuk menjaga keseimbangan juga dapat melatih kemampuan motorik anak.

Tinggi, Tangguh, Tanggap berkat minum Indomilk Susu Bubuk
Setelah bersepeda, kami mengambil biji saga di dekat rumah. Sekaligus melatih motorik halus.

Membuat tubuh sehat dan hubungan erat

Yang namanya olahraga, tentu saja memiliki manfaat untuk membuat tubuh sehat dan bugar. Ini karena tubuh menjadi aktif bergerak dan mengeluarkan keringat.

Kita bisa menceritakan kepada anak tentang sistem kerja tubuh ketika berolahraga. Ini penting, supaya anak menyadari pentingnya minum di sela berolahraga.

Susu Bubuk Untuk Anak dapat diberikan sebelum berolahraga
Kami menemani anak bersepeda dengan berlari di dekatnya

Jadi, siapkan juga minuman untuk anak. Ketika mengeluarkan keringat dan merasa panas atau gerah, berikan anak minum agar kebutuhan air tetap terjaga.

Biasanya, saya menemani anak bersepeda dengan berlari di sampingnya. Jadi, tidak hanya anak yang sehat, saya pun bisa lebih sehat. Hubungan antara saya dan anak pun menjadi erat karena melakukan olahraga bersama.

Membantu tidur menjadi lebih lelap

Tidur yang cukup juga menjadi bagian penting dalam perkembangan dan pertumbuhan anak, khususnya perkembangan otak. Setelah anak bersepeda, biasanya jam tidur anak menjadi bertambah. Dia bisa tidur lebih lama dan lebih lelap. Tidak mudah terbangun di sela-sela tidur

Kalau Maheera bersepeda pagi hari, dia bisa lebih mudah tidur siang. Sementara kalau main sepeda sore-sore, dia jadi gak ngajak kita bergadang di malam hari.

Mendukung Kegemaran Anak Bermain Sepeda bersama Indomilk Susu Bubuk

Meskipun bersepeda menjadi salah satu stimulus untuk tumbuh kembang anak, tentu saya dukungan lain perlu dilakukan. Salah satunya, dengan memberikan nutrisi yang baik untuk tubuh anak sehingga pertumbuhan dan perkembangan tubuhnya semakin baik.

Selain memberi makanan bergizi seimbang, aku juga memberikan Indomilk Susu Bubuk untuk anak. Jadi, nutrisi yang diperlukan oleh tubuh anak pun semakin dilengkapi melalui Susu Bubuk untuk Anak.

Memilih Indomilk Susu Bubuk Untuk Anak

Segarnya susu Indomilk, penuh vitamin dan gizi, badan tumbuh sehat kuat Indomilk setiap hari.

Nah, ada yang auto nyanyi ga pas baca? Kalau auto nyanyi, kita seangkatan nih. Artinya, dari kecil, kita tentu sudah familiar sama Indomilk. Ya memang, sudah lebih dari 50 tahun Indomilk memberikan rangkaian produk susu untuk keluarga Indonesia.

Kini, Susu Bubuk untuk Anak dari Indomilk semakin diperkaya kandungan Omega 3. Melihat kandungan Omega 3, Vitamin, dan mineral di dalamnya, maka saya pun memilih memberikan Susu Bubuk Indomilk untuk anak.

Minum Indomilk Susu Bubuk sebelum anak bermain sepeda
Minum Indomilk Susu Bubuk sebelum main sepeda

Kandungan Indomilk Susu Bubuk dan Peran Susu Bubuk Untuk Tumbuh Kembang Anak

Indomilk Susu Bubuk dibuat dari susu segar yang mengandung Optinutri, yaitu Omega 3, Sumber Protein, dan kalsium tinggi.

  • DHA Omega 3 dapat membantu perkembangan sel-sel otak dan fungsi mata. Sementara EPA Omega 3 memberikan efek positif pada kesehatan jantung anak. Omega 3 pada Indomilk Susu Bubuk berasal dari minyak ikan laut dalam.
  • Protein merupakan makronutrien penting yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah yang besar. Protein memiliki peran dalam membangun dan memperbaiki jaringan tubuh. Protein juga diperlukan dalam pembentukan tulang, otot, tulang rawan, kulit, dan darah. Susu Bubuk untuk anak memiliki kandungan protein yang tinggi.
  • Kalsium sangat penting untuk pertumbuhan, membangun kesehatan, serta menjaga kepadatan tulang dan gigi. Kalsium dapat membantu perkembangan sistem saraf dan fungsi otot tubuh anak. Kalsium juga dapat mengoptimalkan tinggi badan anak.

Selain itu, Indomilk Susu Bubuk juga dilengkapi dengan Vitamin A, Vitamin B, Vitamin C, Vitamin D3, Zinc, Iodium Fosfor, dan serat pangan lainnya.

Dengan kandungan optinutri yang lengkap, Manfaat Susu Bubuk Indomilk antara lain : Membantu anak Tinggi secara fisik, Tangguh menghadapi tantangan dan Tanggap menyerap pelajaran.

Menyajikan Indomilk Susu Bubuk Sebelum Anak Bermain Sepeda

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak, saya biasanya memberikan Indomilk Susu Bubuk kepada anak sebanyak 2 gelas sehari. 1 gelas di pagi hari dan 1 gelas di malam hari.

Cukup dengan 3 sendok makan penuh susu bubuk yang dicampur dengan air hangat 180 ml, maka jadilah segelas susu hangat penuh nutrisi untuk anak.

Indomilk Optinutri Susu Bubuk Untuk anak bermain sepeda
Senangnya double, mau main sepeda dikasih Indomilk Susu Bubuk

Varian Indomilk Susu Bubuk

Susu Bubuk Indomilk tersedia dalam 3 varian rasa yaitu instan plain, full cream, dan instan coklat. Kalau anakku sendiri, lebih suka yang rasa plain. Begitu pula aku. Jadi, aku suka ikut minum susu bubuk Indomilk ini. Ya, orang tua juga harus memperhatikan asupan kalsiumnya juga kan?

Sementara itu, ada Indomilk Susu Bubuk tersedia dalam 2 kemasan. Ada kotak dengan ukuran 400 gram dan 800 gram. Serta sachet ukuran 27 gram (untuk rasa plain) dan 37 gram (untuk rasa coklat).

Kemasan sachet ini juga mudah untuk dibawa-bawa dalam perjalanan. Apalagi, aku cukup suka melakukan perjalanan. Jadi, tinggal sedia air hangat di termos dan seduh saja kalau anak lagi minta susu. Manfaat Susu Bubuk pun bisa dinikmati kapanpun dimanapun.

Indomilk Susu Bubuk Untuk Usia Berapa?

Manfaat susu bubuk ada banyak untuk pertumbuhan anak

Kalau ditanya Indomilk Susu Bubuk Untuk Usia Berapa? Maka jawabannya adalah Susu Bubuk Indomilk sangat baik diberikan kepada anak-anak usia 5 – 12 tahun. Usia anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Dengan kandungan Optinutri, yang membantu pertumbuhan anak dan keluarga. Anak-anak pun bisa tumbuh Tinggi, Tangguh, Tanggap.


Selain terus memberikan stimulus kepada anak dengan mengajaknya bersepeda, aku juga memberikan Susu Bubuk untuk Anak yang memiliki banyak manfaat. Manfaat Susu Bubuk pun bisa dirasakan sedari sekarang hingga nanti.

Kalau anak kita jadi Tinggi, Tangguh, Tanggap, sebagai orang tua, kita pun pasti akan senang dan bangga, iya kan?