Apa rasanya ketika ketemu sama sesuatu yang menyenangkan dan asyik banget? Pengen ketemu terus bukan sih jadinya? Ya, itu yang aku rasain banget sama game yang namanya Archero. Belakangan aku lagi ketagihan main game Archero ini. Kenapa aku bisa ketagihan main game Archero? Kira-kira efeknya apa sih ketagihan main game ini? Dan kalau main pakai ponsel gaming ASUS ROG Phone 3 bakal semakin ketagihan ga?

Ketika Non-Gamer Ketagihan Main Game Archero

Sejujurnya, aku nih bukan tipe gamer. Aku ga terlalu ngikutin game-game yang dengan size besar dan grafis keren, lalu terus menerus main. Ya pernah sih main Free Fire, tapi ga nagih.

Kalaupun main game, pilihan game yang aku suka yang model-model bisa sambil mengasah otak tapi santai. Seperti game Sudoku, Nanogram, Color by Numbers, atau kuis. Game model gini bikin penasaran, tapi kalau ditinggal ya gapapa juga gitu. 

Game Santai di Ponsel FAinun.com

Tapi, kadang aku iseng juga mencoba game lain yang lagi hits. Biasanya sih, kalau mencoba game lain, aku lihat teman dulu. Kalau dia kayak keasyikan main, baru deh aku coba. WormZone termasuk yang aku install karena banyak yang main. 

Selain WormZone, Archero adalah game yang aku instal karena ikut-ikutan teman. Aku mulai ikutan nge-download Archero karena teman kantor yang kelihatan asyik banget main game itu pas break kerja. Iseng-iseng kudownload juga. Benar saja, aku ketagihan main game Archero. Tiap hari ga bosen main game ini.

Kenapa Bisa Ketagihan Main Game Archero?

Aku kan aslinya ga terlalu suka main game di smartphone. Tapi kok akhirnya bisa ketagihan main game Archero ini dibanding game lainnya? Ada beberapa alasan yang bikin aku suka banget sama salah satu Best Innovative Game 2019 di PlayStore ini. 

Kisah si pemanah melawan pasukan jahat

Sejak nonton film Hunger Games dan 3 Srikandi, aku merasa pemanah itu adalah hal yang keren. Ya, Archero alias Archery Heroes ini juga berkisah tentang pemanah tunggal, yang mencoba melawan pasukan jahat yang mencoba menguasai dunia.

Kisah si pemanah ini membuatku masuk ke dunia Archero. Rasa-rasa jadi seorang pemanah yang berpetualang dan berjuang melawan aneka monster yang menghadang.

Game Archero bisa dimainkan dengan 1 tangan dan bercerita tentang petualangan pemanah

Kontrol yang mudah

Archero ini sebenarnya banyak yang bilang game simpel sih. Kita cuma disuruh mikir gimana caranya bertahan dan menyerang doang. 

Game ini bisa dimainkan dengan satu tangan saja. Ada tombol analog virtual yang terdapat di bagian bawah layar. Tombol ini digunakan untuk menggerakkan si pemain di area permainan. Kita cukup menggerakkan pemain untuk mengarahkan ia menyerang musuh atau menghindari serangan musuh. 

Sementara itu, busur panah akan terlepas secara otomatis ketika pemanah sedang berhenti bergerak atau ketika kita tidak menekan tombol. Jadi, gampang banget kan mainnya. Cuma gerak-gerakin doang!

Tantangan yang berbeda setiap perjalanan

Di Archero terdapat beberapa peta daerah (dungeon). Nah, setiap dungeon ini terdiri dari beberapa chapter. Setiap chapter kita akan melihat aneka layout yang berbeda. Lalu, kita juga bertemu aneka monster yang harus dilawan. Nah, setiap monster punya karakteristik serangan yang beda-beda. Jadi, cara kita bertahan dan melawan di setiap chapter pun harus beda-beda. 

Jika kita mati di salah satu chapter, kita punya kesempatan untuk melanjutkan dengan menonton iklan atau membayar koin. Namun, jika kita mati lagi, ya kita harus mengulang dari awal. 

Adanya kesempatan upgrade skill

Di awal permainan, kita akan mendapatkan tawaran untuk memilih skill tambahan yang akan menguatkan kemampuan pemanah selama permainan. Biasanya, ada 1 skill yang bisa dipilih dari 3 skill yang ditawarkan. 

Setelah kita melakukan perjalanan ke beberapa chapter, kita bisa naik level dan mendapatkan tawaran untuk upgrade skill juga. Skill yang ditawarkan di setiap kenaikan level akan berbeda dan beragam. Ada yang jenisnya tembakan, perlindungan, atau juga yang membuat nyawa semakin banyak. Semakin banyak skill, kita bisa semakin banyak mengalahkan musuh, artinya permainan kita bisa semakin panjang.

Oh iya, untuk upgrade sendiri, kita juga bisa upgrade kemampuan hero. Jadi, kita bisa menambahkan heart life hero agar semakin lama bertahan. Juga kemampuan menyerang yang semakin baik. Semua bisa kita lakukan dengan membayar koin untuk upgrade. Koinnya didapat dari permainan yang kita lakukan. 

Main Game Archero bikin penasaran dan ketagihan

Dibuat penasaran terus

Dalam 1 dungeon, bisa terdiri dari 20-40 chapter. Nah, sistem Archero ini adalah Roguelike. Jadi, kalau kita benar-benar mati di satu chapter, kita harus mengulang chapter di dungeon tersebut. Kalau ga selesai-selesai di satu dungeon, kita ga akan bisa membuka dungeon lain. 

Aku sendiri jadi penasaran untuk menamatkan 1 dungeon supaya bisa lihat dungeon lain dan monster lain. Biar berasa mau nyelamatin dunia dengan melawan monster gjtu. 

Selain penasaran sama dungeon, aku juga penasaran sama hero/pemanah. Sebenarnya kita juga bisa ganti-ganti hero. Cuma, mirip sama seperti dungeon, ga semua hero langsung kita pilih. Aku baru bisa ganti hero setelah dungeon 3 terbuka. Nah, aku sendiri penasaran sama kemampuan hero perempuan. Biar berasa Katniss Everdeen lagi melawan penjahat gitu. 


Karena alasan-alasan di atas, aku jadi ketagihan dan hampir tiap hari main Archero. Biasa sampai kesempatan buat main habis aja. Bisa 4 kali perjalanan melawan musuh gitu deh. Hehehe.

Efek Pasca Ketagihan Main Game Archero

Sejak mulai ketagihan main game Archero, aku jadi ngeluangin waktu untuk main lebih lama. Wah, ganggu kerjaan dong? 

Ga juga, karena pasti saat kerja kita butuh break. Malah, sejak main game Archero, aku jadi tertarik sama gamification yang bisa diterapin di tempat kerja.

Aku pun mulai bikin sesi main bareng temen kantor. Bukan main game Archero karena ini bukan game multiplayer. Tapi, aku jadi mencari game sederhana yang bisa dimainin secara online bareng-bareng sama temen kantor. Jadi, kayak kita meeting online tapi fun karena agenda aslinya adalah main  bareng.  

Ada satu hal lain yang kusadari setelah ketagihan main game Archero. Kalau main game di smartphone itu, bisa bikin ponsel cepat panas. Ya, itu bisa terjadi kalau smartphone yang kita pakai bukan spesialis gaming kayak ROG Phone 3. 

Main Game Archero Pakai ASUS ROG Phone 3. Nagih!

Kalau nge-game pakai ASUS ROG Phone 3, pasti gak bakal ngalamin hal kayak gitu. Loh, kok bisa? Ini dia rahasianya. 

Rahasia ASUS ROG Phone 3 yang Bikin Cocok Banget Untuk Dipakai Main Game

Saat ini, gak cuma laptop saja yang harus masuk dalam kategori gaming biar saat main game lancar. Smartphone pun kini juga ada yang spesial untuk gaming seperti ASUS ROG Phone 3. 

Biasanya, laptop khusus gaming memiliki spesifikasi tinggi agar aktivitas nge-game makin lancar dan nyaman. Begitu juga smartphone gaming ASUS ROG Phone 3. Daleman alias spesifikasi dari smartphone ini dijamin bikin sesi game kita bakal jauh lebih memuaskan. 

Bisa dibilang, rahasia ASUS ROG Phone 3 yang bikin cocok banget untuk dipakai main game ya spesifikasinya ini. 

Keunggulan dan Spesifikasi ASUS ROG Phone 3

Mari kita ulas keunggulan dan spesifikasi smartphone gaming ASUS ROG Phone 3 yang bakal bikin kita makin betah main game di smartphone. 

Processor Powerfull Snapdragon 865 Plus 5G Mobile Platform

Processor yang diberikan untuk ASUS ROG Phone 3 adalah Qualcomm Snapdragon 865 Plus 5G Mobile Platform. Pada saat ini, Snapdragon 856 Plus menjadi System on a Chip (SoC) tertinggi yang ditawarkan Qualcomm. Berada di kelas tertinggi, membuat chipset ini juga menjadi yang paling powerful pada saat ini. 

Qualcomm Snapdragon 865 Plus 5G Mobile Platform dapat membantu pada sistem kerja dengan intensitas tinggi namun lebih efisien dalam konsumsi daya/baterai. Selain itu, processor ini juga mendukung kelas Wi-Fi terbaru (Wi-Fi 6E) dan konektivitas 5G. Bisa dibilang, jika infrastruktur sudah mendukung konektivitas tersebut, urusan streaming saat bermain game akan jauh lebih lancar lagi. 

Tak hanya itu saja. Qualcomm Snapdragon 865 Plus 5G Mobile Platform juga memiliki fitur Qualcomm® Snapdragon Elite Gaming ™. Snapdragon Elite Gaming membuat smartphone bisa seperti alat gaming sebenarnya karena bisa membuat sesi bermain game dengan interaksi yang smooth, kinerja yang powerful, lebih responsif, serta grafik yang terasa lebih real. Dengan demikian, tentu saja ini membuat pengalaman gaming menjadi luar biasa. 

Langsung ngebayangin main Archero di ROG Phone 3. Pasti warna serangan-serangan monster bakal kelihatan kaya dan jelas banget. 

Sebagai chipset tercepat saat dengan kecepatan yang bisa mencapai 3.1 GHz ini, tentu saja smartphone yang tertanam Qualcomm Snapdragon 865 Plus 5G Mobile Platform, seperti ASUS ROG Phone 3, tidak hanya terbaik di urusan gaming karena bisa mendapatkan frame rate tinggi, tetap dingin dan lancar saat digunakan. Adanya chipset ini membuat ASUS ROG Phone 3 juga akan powerful saat diajak bekerja dan digunakan sebagai daily driver. 

ASUS ROG Phone 3 Processor Powerfull Snapdragon 865 Plus 5G Mobile Platform
ASUS ROG Phone 3 menjadi smartphone ultimate gaming yang pertama menggunakan Processor Snapdragon 865 Plus 5G Mobile Platform ini loh.

Pilihan Memory dan Storage Besar Mendukung Gaming

Processor tinggi dari Qualcomm Snapdragon 865 Plus 5G Mobile Platform juga didukung dengan memory LPDDR5 terbaru, yang tersedia dalam dua pilihan yaitu 8GB dan 12GB.

Untuk penyimpanan, ROG Phone 3 memiliki penyimpanan UFS 3.1 ROM dengan kapasitas 128 GB (untuk memory 8GB) dan 256 GB (untuk memory 12GB).

Tentunya, ini membuat ROG Phone 3 semakin maksimal dan lancar untuk digunakan bermain dan aktivitas lainnya.

Stuninng 144 Hz Display 

ASUS ROG Phone 3 memiliki layar AMOLED berukuran 6,59 inchi dengan refresh rate 144Hz / 1ms. Dengan angka resfresh rate yang tinggi, tentu saja gambar yang ditampilkan di ASUS ROG Phone 3 akan lebih mulus. Ini karena gambar yang ditampilkan setiap detik akan lebih banyak. 

ASUS ROG Phone 3 displaynya keren dan warnanya cakep banget
Kelihatan ya, displaynya keren dan warnanya cakep banget

Touch latency pada ASUS ROG Phone 3 sebesar 25ms. Artinya, jika kita kita menyentuh smartphone, respond yang diberikan akan terjadi delay sekitar 25ms. Angka touch latency yang semakin rendah akan semakin baik, karena artinya respond yang diberikan akan semakin cepat. Mengacu kepada GameBench, touch latency antara 0-83 ms (pada 60Hz) termasuk dalam rating Ultra alias rating terbaik. Apalagi ROG Phone yang punya spesifikasi lebih tinggi dari itu. 

Lagi-lagi, aku langsung ngebayangin main Archero minim delay waktu gerakin heroes di layar ROG Phone 3 ini. 

Selain itu, ASUS ROG Phone 3 juga memiliki response time 1ms. Ini artinya hanya butuh 1ms saja untuk layar berpindah dari satu warna ke warna lainnya. 

Kombinasi antara refresh rate 144Hz, touch latency 25ms, dan response time 1ms tentu akan membuat mata gamer dimanjakan saat bermain menggunakan ASUS ROG Phone 3.

Stuninng 144 Hz Display  ASUS ROG Phone 3

Layar smartphone gaming ini juga bersertifikasi TÜV Rheinland 9, tingkat reproduksi warna yang akurat dengan Delta-E < 1, serta dukungan 10-bit display dan HDR10+.

Dukungan ini membuat konten yang terlihat di layar akan lebih jelas dan terasa lebih hidup. Tentunya, ini jauh lebih nyaman untuk dilihat. Mata pun saat bermain game maupun melakukan performa lain di ASUS ROG Phone 3 akan tetap nyaman deh. 

Monster 6000 mAh battery

Selain processor dan display, tentu saja dukungan daya baterai menjadi hal yang sangat penting buat para gamers dalam memilih perangkat gaming. Maka dari itu, ASUS ROG Phone 3 hadir dengan kapasitas baterai yang cukup besar yaitu 6.000 mAh. Kapasitas yang besar ini, tentu membuat kita bisa bermain lebih lama. 


Kapasitas baterai yang besar juga didukung dengan sistem pengaturan baterai khusus. Pengguna ROG Phone 3 dapat memilih dan mengatur sendiri mode penggunaan baterainya. Tak hanya itu, ASUS pun menyediakan mode untuk mengatur pembatasan pengisian baterai. Jadi, kita dapat mengisi ulang baterai secara terus menerus tanpa perlu khawatir durabilitas baterai akan menurun. 

ASUS ROG Phone 3 with Monster 6000 mAh battery

ASUS ROG Phone 3 juga memiliki sistem pendingin Game Cool yang menggunakan ruang uap 3D canggih dan heat sink besar dengan posisi yang tepat. Dengan demikian, rasa panas ketika menggunakan smartphone gaming ini untuk bermain pun minim akan dirasakan. 

Untuk mengisi ulang daya baterai pun bisa lebih cepat karena adanya teknologi ROG 30W HyperCharging. Kombinasi adaptor ROG Phone 30W Adapter & USB-C Cable membuat waktu pengisian beterai lebih cepat, aman, dan tetap dingin saat proses pengisian daya. 

Built for Gamers

Tentunya, ada hal-hal yang memang dirancang ASUS yang membuat ROG Phone 3 benar-benar menjadi smartphone gaming. Fitur spesial yang dihadirkan untuk gamers ini antara lain:

AirTrigger 3 Technology

ROG Phone 3 hadir dengan teknologi AirTrigger 3 terbaru. AirTrigger merupakan tombol ekstra yang terdapat di bagian kanan dan kiri body ROG Phone 3, jika berada dalam posisi tegak. Saat smartphone ini digunakan dalam posisi horizontal seperti saat bermain game, tombol AirTrigger memiliki fungsi seperti tombol L1 dan R1 pada gamepad. Tombol ini spesial dan hanya ada pada ROG Phone saja. 

Fitur AirTrigger 3 telah dilengkapi dengan motion sensor yang lebih intuitif dengan tambahan gesture baru. Pengguna ROG Phone 3 juga dapat mengatur kontrol di AirTrigger dan motion sensor sesuai kebutuhan game yang sedang dimainkan.

Berbagai kemampuan gerakan sensor samping pada AirTrigger 3
Berbagai kemampuan gerakan sensor samping pada AirTrigger 3
Side Charging Design

Keunikan dari ROG Phone 3  namun menjadi keunggulan sebagai smartphone gaming adalah Side Chaging Design. Jadi, ROG Phone 3 memiliki dua port USB-C yaitu di bagian bawah dan samping body. Adanya side-mounted USB-C ini memungkinkan pengguna ROG Phone 3 tetap nyaman bermain walaupun dalam kondisi sedang men-charge ponsel. Selain itu, port USB-C ini juga bisa disambung dengan converter 3.5mm audio jack yang disediakan oleh ASUS serta dikoneksikan dengan aksesoris lainnya. 

Main game sambil nge-charge bebas gangguan di ASUS ROG Phone 3
Main game sambil nge-charge bebas gangguan
Sound Mantap dari Dual Front Speaker 

Nge-game gak bakal seru kalau gak sambil dengerin musik dan sound effect saat game itu dimainkan. Kalau bermain game pakai ASUS ROG Phone 3, kita bakalan bisa lebih tertantang karena dengerin sound yang keluar dari smartphone ini. 

Immersive Stereo Sound dari ASUS ROG Phone 3

ASUS menggandeng Dirac, perusahaan spesialis digitalisasi sound asal Swedia, dalam merancang sistem audio GameFX terbaru untuk ROG Phone 3. Hasilnya diimplementasikan dalam dual front-facing speaker yang terbukti menghadirkan audio yang lebih kencang, immersive, berkualitas tinggi, namun tetap seimbang saat memainkan game. 

Selain itu, pada ROG Phone 3 terdapat fitur Game Mode. Fitur ini membuat pemain bisa mendapatkan kualitas audio terbaik sesuai pilihan yang diinginkan. Tentunya, para gamer yang menggunakan ROG Phone 3 bisa semakin mendengar suara setiap gerakan dalam game karena adanya efek suara yang ditingkatkan. Tentu saja ini membuat experience saat bermain menjadi seolah kita benar-benar ada di medan permainan. 

Ini sih, suara jejak kaki dan busur panah yang terlepas dari heroes di Archero bakal kedengeran banget!!! Termasuk gerakan lawannya juga.

ASUS ROG Phone 3 punya suara yang keren, bahkan jika disambungkan dengan perangkat wireless
ASUS ROG Phone 3 punya suara yang keren, bahkan jika disambungkan dengan perangkat wireless

Jika ingin bermain game dengan headphone wireless, pengguna ASUS ROG Phone 3 tidak perlu khawatir akan gangguan. Ini disebabkan adanya dukungan teknologi Qualcomm aptX Adaptive. Teknologi ini akan memberikan kualitas suara yang baik dan minim latency. Bagi gamer yang senang pakai kabel wireless pun bakal bebas misuh-misuh.

Apa yang mau dikomplen coba kalau hasil audio pakai wireless headphone tetep oke? Gak bakal ada suara-suara yang hilang

Multi Antena Wi-Fi dan Quad Mic Noise Canceling Array

Koneksi yang stabil untuk bermain game tentu sangat diperlukan. ASUS ROG Phone 3 mensupport kebutuhan gamer terhadap hal tersebut dengan adanya multi antena Wi-Fi di ponsel ini. Dengan fitur ini, kita bisa mencapai jangkauan Wi-Fi yang lebih luas, throughput yang lebih tinggi, serta lebih sedikit mengalami penurunan koneksi.

Selain itu, ROG Phone 3 juga memiliki fitur ROG HyperFusion Technology. Dengan fitur ini, user ROG Phone 3 bisa menggabungkan 5G dengan WiFi 6 secara bersamaan. 

Saat bermain game, kadang kita melakukan streaming atau berkomunikasi dengan sesama gamer lain. Untuk mendukung hal ini, ASUS memberikan fitur Quad Mic Noise Cancelling Array pada ROG Phone 3. Fitur ini membuat pengguna ASUS ROG Phone 3 bisa berkomunikasi tanpa suara latar, musik, atau kebisingan lain yang kadang menganggu.

ASUS ROG Phone 3 Built FOr Gamers

The Most Immersive Gaming Experience

Untuk meningkatkan pengalaman lebih bagi para gamers saat bermain game menggunakan ROG Phone 3, ASUS menyediakan berbagai aksesoris yang bisa membuat ROG Phone 3 menjadi smartphone paling gaming dan unik. Aksesoris itu antara lain:

ROG Kunai 3 Gamepad

Ingin menjadikan ASUS ROG Phone 3 lebih asyik saat bermain game? ROG Kunai Gamepad 3 bisa dipasang pada ROG Phone 3. Dengan desain modular yang unik, kokoh namun tetap fleksibel. Tombol di ROG Phone 3 pun cukup lengkap. 

ROG Kunai 3 Gamepad  untuk ASUS ROG Phone 3
ROG Kunai 3 Gamepad

ROG Kunai 3 Gamepad memiliki 3 mode yaitu Handheld Mode (dipasang di kanan kiri ROG Phone 3), Mobility Mode (stand alone dengan menghubungkan ROG Kunai 3 ke ROG Charger), dan All-in-One Mode (stand alone dengan menghubungkan ROG Kunai 3 ke dalam grip sehingga lebih nyaman). 

Gamepad ini juga didukung fitur key mapping melalui Game Genie, overlay in-game untuk ASUS ke beberapa menu atau fitur pendukung gaming. ASUS juga menyediakan aplikasi Armoury Crate. Di aplikasi ini, kita bisa melihat daftar game yang compatible dan tentunya akan semakin seru juga dimainkan menggunakan ROG Kunai 3 Gamepad.  

TwinView Dock 3

Mau bermain game dengan dua layar sekaligus? Maka TwinView Dock 3 wajib terpasang pada ASUS ROG Phone 3. 

Layar TwinView Dock 3 berukuran 6.59 inchi dan sudah AMOLED dengan resolusi full HD+ juga. Layar ini memiliki refresh rate tinggi yang sama dengan ROG Phone 3, yaitu 144Hz. Aksesoris grip ini memiliki kapasitas baterai 5.000mAh, sehingga dapat difungsikan juga sebagai powerbank. Terdapat kipas untuk menjaga suhu, dan port USB-C serta audio jack 3.5mm. 

TwinView Dock 3 untuk ASUS ROG Phone 3

AeroActive Cooler 3

AeroActive Cooler merupakan aksesoris pendingin khas untuk ROG Phone. Untuk ROG Phone 3, telah tersedia versi teranyar yaitu AeroActive Cooler 3. Dengan RPM kipas yang 40% lebih tinggi dari versi sebelumnya, tentu saja AeroActive Cooler 3 bisa menghasilkan performa pendinginan yang lebih baik dengan tingkat kebisingan yang lebih rendah. Pada AeroActive Cooler 3 terdapat USB-C dengan fungsi charging serta audio jack 3.5mm untuk disambungkan dengan headphone. 

AeroActive Cooler 3 untuk ASUS ROG Phone 3
AeroActive Cooler 3

Tak lupa, terdapat kickstand yang bisa membuat kita menggunakan AeroActive Cooler 3 ini untuk menikmati multimedia dengan nyaman. Dengan AeroActive Cooler 3 ini, kita bisa memaksimalkan performa dari ASUS ROG Phone 3 ke level yang paling tinggi. 

Aksesoris di atas bisa dihubungkan bersamaan juga loh.


Nah, selain ketiga aksesoris ini, ada juga ROG Clip (untuk menghubungkan ASUS ROG Phone 3 dengan controller DualShock 4, XBOX One, atau Google Stadia), Lighting Armour Case (untuk membuat ROG Phone 3 semakin bergaya dengan menampilkan logo ROG), Glass Screen Protector (agar layar tetap terlindungi dari goresan dengan teknologi anti bakteri), serta  Waist Pack dan Crossbody Pack (untuk membawa perangkat gaming lengkap dengan mudah dan tetap bergaya).

ASUS ROG Phone 3 provide The Most Immersive Gaming Experience

Smartphone Gaming ASUS ROG Phone 3 yang Juga Cocok Jadi Daily Driver

Dengan keunggulan dan spesifikasi tinggi yang benar-benar mendukung performa untuk bermain game, ASUS ROG Phone 3 juga tentunya cocok untuk dipakai sebagai daily driver. 

Prosessor kencang tentu saja membuat penggunaan smartphone menjadi lebih nyaman dan bebas ‘lemot’. Apalagi, kalau hanya untuk sosial media dan edit-edit foto. 

Omong-omong soal foto nih, ROG Phone 3 memiliki triple kamera di bagian belakang. Kamera utama adalah kamera wide angle yang memiliki resolusi 64 MP dengan sensor Sony® IMX686. Kamera kedua adalah kamera ultra wide angle dengan resolusi 13 MP. Tak lupa, ada kamera dengan lensa makro sebagai kamera ketiga. Untuk bagian depan sendiri, terdapat kamera depan 24MP yang bisa digunakan untuk selfie maupun melakukan streaming video. Tak lupa, terdapat fitur Pro Video Mode, Free Zoom, Wind Filter, dan Acoustic Focus yang membuat hasil perekaman video dengan ASUS ROG Phone 3 semakin menawan. 

Urusan baterai yang besar pun pasti akan nyaman juga untuk pengguna ROG Phone 3 yang memilih ponsel ini sebagai daily driver. Apalagi, walaupun ROG Phone 3 memiliki refresh rate 144 Hz, terdapat pilihan juga untuk menurunkan refresh rate tersebut. Jadi, kalau pas tidak dipakai untuk bermain game berat, kita bisa menurunkan refresh rate menjadi 60Hz saja. Ini tentu juga akan berpengaruh kepada daya baterai yang lebih lama. 

Varian dan Harga ASUS ROG Phone 3

Keunggulan dan spesifikasi yang keren banget dari ASUS ROG Phone 3 tentu bikin pengen punya smartphone ini kan? ASUS ROG Phone 3 tersedia dalam dua varian dan harga, yaitu 

Rp 9.999.000 (8GB/128GB)

Rp 14.999.000 (12GB/256GB)

Dengan processor yang tertinggi di kelasnya, display dan sound yang berkualitas tinggi, memory, storage, dan baterai besar, serta dukungan teknis lainnya, rasanya sih harga segitu sangat wajar untuk meminang ponsel keren ini. 

Detail info lain terkait ASUS ROG Phone 3 ini juga dapat dilihat di website resmi ASUS.


Gak salah kalau ASUS ROG Phone 3 menyebut dirinya Ultimate Winner dan Game Changer. Ya, dia udah jadi pemenang di smartphone gaming saat ini. Dengan ASUS ROG Phone 3 jadi smartphone yang kamu pakai saat nge-game, bukan gak mungkin kalau kita juga bakal jadi Ultimate Winner juga saat nge-game maupun aktivitas lainnya. 

Yang jelas sih, kalau aku punya ASUS ROG Phone 3, bakal makin ketagihan buat main Archero dan menjelajah semua dungeon yang ada di sana. Karena aku yakin, dengan ASUS ROG Phone 3, bakal makin bisa ngalahin musuh-musuh di game Archero yang kusuka ini.