Olahraga sepeda menjadi olahraga yang digandrungin banget. Kalo kataku sih, tren olahraga sepeda sudah lama banget sih. Eh, kalau event sepeda pas pandemi gimana ya? Kan ga boleh rame-rame gitu. Nah, sekarang ternyata jamannya virtual ride. Ini dia pengalaman ikutan PRURide Indonesia 2020 Virtual Ride.

Apa Sih Virtual Ride Itu ?

Temen-temen mungkin pernah lihat event lari 5 km, 10 km, 21 km, atau 42 km yang dulu sering kali diadakan secara offline. Nah, untuk onlinenya, event lari seperti ini yang dilaksanakan secara online disebut virtual race.

Jadi, aku menyimpulkan kalau virtual ride adalah ajang untuk olahraga sepeda bersama dengan target jarak yang telah ditentukan untuk ditempuh dan dilakukan pencatatan secara virtual.

Ikutan PRURide Indonesia 2020
Ilustrasi event sepeda – sumber : Pixabay

Baik dalam virtual race maupun virtual ride dari beberapa aplikasi event virtual ini, sekarang terdapat 2 pilihan yaitu:

  • Single submit : Pengambilan data untuk jarak yang ditentukan hanya 1 kali.
  • Multiple submit : Pengambilan data untuk jarak yang ditentukan boleh dilakukan beberapa kali atau dihitung secara akumulatif.

Kenalan Dulu Sama PRURide Indonesia 2020 Virtual Ride

Di tahun 2019 lalu, PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) menyelenggarakan PRURide Indonesia 2019 pada7-8 Desember 2019 di Stadion Mandala Krida, Yogyakarta. Event ini merupakan salah satu cara Prudential untuk memacu semangat masyarakat untuk menerapkan pola hidup sehat.

Event PRURide Indonesia 2019
Event PRURide Indonesia 2019 – Sumber : Prudential

Tingginya antusiasme terhadap event PRURide Indonesia 2019 lalu, sepertinya membuat Prudential Indonesia berkeinginan menyelenggarakan event untuk olahraga sepeda lagi. Namun, bagaimana dengan tahun 2020 yang disusupi oleh virus COVID-19 ini? Untuk event offline yang melibatkan banyak orang pastinya tidak boleh dilakukan. Oleh karena itu, Prudential pun membuat event PRURide Indonesia 2020 menjadi event virtual ride.

PRURide Indonesia 2020 Virtual Ride diadakan pada tanggal 20-23 Agustus 2020 kemarin. Selama 4 hari ini, peserta PRURide Indonesia 2020 Virtual Ride dapat bersepeda dengan menempuh jarak sesuai kategori yang dipilih. Ada 2 kategori dalam event ini, yaitu Medio Fondo (70km) dan Gran Fondo (135km).

Memutuskan Ikut PRURide Indonesia 2020 Virtual Ride

Sejak melihat artikel di blog mba Chichie terkait PRURide Indonesia 2020 Virtual Ride, aku langsung niat untuk ikutan sih. Jujur penasaran dengan event virtual ride apalagi jika berhasil menyelesaikan misi ini, kita bisa dapat medali.

Dulu tuh sempat ga ngerti kenapa orang bela-belain rajin ikutan event lari dan dapat medali. Tapi rasanya kepengen juga ikutan. Karena lebih suka sepeda daripada lari, aku ngerasa ini momen yang pas buatku biar ngerti kenapa orang bisa rajin ikutan event dan dapat medali.

Akupun mengajak teman dari jauh-jauh hari dan share di grup gowes kantor. Tapi kayak ga ada yang nanggepin 🙁 sedih hahaha. Trus ijin ke suami, dibolehin tapi dengan syarat sepedaanya di komplek aja, gak boleh jauh-jauh. Yasudah, toh empat hari juga pikirku, bisa dicicil 20 km per hari.

Akhirnya 12 Juni 2020 aku mendaftar, mumpung masih ada promo early bird juga kan jadi hemat.

Hal-Hal yang Disiapkan Sebelum Ikutan PRURide Indonesia 2020 Virtual Ride

Setelah melakukan pendaftaran, aku sebenarnya masih selow-selow aja main sepeda. Paling cuma pulang pergi ngantor kalau pas kena jadwal Work From Office (WFO). Itupun jaraknya gak nyampe 1 km sekali jalan. Untuk main sepeda jarak jauh masih gak dibolehin suami aslinya. Tapi, tetap aja, untuk pertama kalinya ikut event sepeda gini, harus ada yang disiapin.

Prudential mengadakan 2 kali sesi virtual coaching clinic. Yang pertama tentang Gowes Cara Baru di Normal Baru dan yang kedua tentang Gowes Aman dan Tenang. Materinya menarik untuk disimak karena membahas nutrisi dan protokol keselamatan bersepedan.

Jadi, persiapan pun perlu dilakukan dengan menjaga pola makan dan nutrisi yang baik untuk tubuh. Pola tidur pun berusaha lebih diatur supaya tidak terlalu malam. Itu dari sisi persiapan fisik.

Dari urusan peralatan, tentu saja karena ini event sepeda, perlu menyiapkan sepedanya, juga alat untuk pencatat jarak karena kita akan melaporkan secara virtual. Untuk sepeda, aku pakai sepeda lipat Dahon Eco 3 yang telah setia menemani selama 10 tahun. Pastikan sepeda dalam kondisi baik dan layak pakai.

Sepeda yang kupakai untuk PruRIDE Indonesia 2020 Virtual Ride

Untuk alat pencatat jarak, bisa menggunakan aplikasi seperti Strava di handphone atau jika punya sport warch yang bisa mencatat kegiatan olahraga sepeda juga bisa digunakan. Aku pakai Suunto Spartan Trainer.

Oh iya, pada tanggal 18 Agustus 2020, jersey untuk Prudential Virtual Ride 2020 telah sampai di rumah dan siap dipakai untuk event ini.

Pengalaman Pertama Ikutan PRURide Indonesia 2020 Virtual Ride

Tepat 1 hari sebelum Prudential Virtual Ride 2020 dimulai, para peserta diminta mendownload aplikasi My Virtual Mission. Aku baru pertama pakai aplikasi ini. Sepertinya, aplikasi ini bisa digunakan untuk merekap data seluruh peserta Prudential Virtual Ride 2020.

Aplikasi My Virtual Mission ini bisa terhubung dengan Runkeeper, Strava, Fitbit, and Map My Run/Ride/Walk/Fitness. Karena aplikasi Suunto di smartphone sudah terhubung dengan Strava, aku pun memilih mengoneksikan My Virtual Mission dengan Strava.

Pas hari pertama, aku pun mulai mengerjakan misi bersepeda. Mumpung tanggal 20 Agustus libur, aku mencoba bersepeda di pagi hari sejauh 20 km sendirian. Karena lama tidak bersepeda, aku ga mau terlalu ngoyo. Toh bisa dicicil juga submitnya. Di sore hari, aku menambahkan perjalanan lagi sejauh 9 km.

Saat melihat status di aplikasi My Virtual Mission, sempat agak lama sinkronisasi dengan Strava. Kucoba input manual dengan capture-an ternyata tidak bisa untuk data pertama. Sekitar 1 jam kemudian aku cek lagi baru terlihat bahwa data perjalananku sudah masuk dan tercatat.

Keesokan harinya, aku melanjutkan penambahan jarak di 18 km saat pagi dan 6 km saat sore. Kalau sore, aku ngebonceng anak keliling komplek aja sih.

Di hari ketiga, aku mencoba menyelesaikan misi yang tinggal 13 km lagi. Alhamdulillah, aku bisa menyelesaikan 23 km pagi itu. Dan misi pun selesai.

Kesan Setelah Ikutan PRURide Indonesia 2020 Virtual Ride

Setelah mengikuti virtual ride dan menyelesaikan 70 km dalam 3 hari, aku jadi tahu rasanya ikutan event olahraga dan kenapa banyak orang yang senang mengikuti event seperti ini.

Di event virtual ride maupun virtual race, kita menantang diri kita sendiri untuk menaklukan tantangan atau menyelesaikan misi. Urusan caranya gimana, bebas sih, yang penting jujur. Tercatat juga sih sebenarnya.

Lalu, tentu saja, karena ini event olahraga, ada efek positif bagi tubuh kita. Aku merasa lebih segar dan bisa tidur siang dengan pulas karena di pagi hari kayak capek gitu abis sepedaan.

Kilometer yang kita tempuh, ternyata oleh Prudential dikonversi menjadi donasi. Total jarak yang ditempuh oleh peserta adalah 226.656 km atau setara dengan Rp 226.656.200. Ternyata, peserta Prudential Virtual Ride 2020 berolahraga sekaligus beramal.

Ikutan PRURide Indonesia 2020
Jersey dan Medali PRURide 2020

Tepat pada tanggal 30 Agustus 2020 kemarin, aku mendapat bingkisan lagi dari PruRide Indonesia 2020 berupa medali. Medali dari PruRide Indonesia 2020 disebut Medalink Part 1. Warnanya silver dan ada potongan orang bersepeda.

Kenapa cuma sepotong dan part 1? Ternyata ini ada irisannya dengan Medalink Part 2, untuk event PruRide Indonesia 2021. Artinya kalau mau dapat medali lengkap, harus ikut nih event PruRide Indonesia 2021. Aku sih minat banget pasti kalau ada lagi event PruRide Indonesia 2021. Apalagi kalau bisa virtual gini. Kan gak keluar ongkos ke tempat pelaksanaan event offline jadi. Hehehe.


Gitu deh ceritaku ikutan PRURide Indonesia 2020 Virtual Ride. Jujur karena event ini aku jadi penasaran ikut event race dan ride lain. Ya, di masa pandemi ini sih yang virtual dulu ya.

Semoga tahun depan bisa ikutan lagi. Tetap jaga kesehatan dan rajin olahraga ya teman-teman.