[30 Day Blog Challenge] #2 : Bahas Tema Apa ya di Blog?

Di awal memulai menulis blog, biasanya kita menulis apapun yang ada dalam pikiran. Semua campur-campur, mulai dari review, curhat, tips, macem-macemlah. Begitu juga dengan bahasannya, bisa tentang anak, gadget, produk, event, atau lainnya.

Belakangan, aku ikut kelas online yang membahas blog dan juga membaca beberapa artikel untuk tahu istilah niche. Bisa dibilang, niche itu tema umum yang dibahas dalam sebuah blog, ada beauty, finance, travel, techno, parenting, dan banyak lagi. Gunanya apa? Dengan tulisan yang lebih terfokus, kita bisa lebih dekat dengan pembaca dan blog lebih dicari.

Lah trus, kalau campur-campur kayak blogku ini apa dong? Katanya ini digolongkan dalam niche ‘lifestyle’.

Dalam kelas NgeblogPro beberapa waktu lalu, kami diarahkan untuk membuat kategori dalam blog. Pembagian kategori bisa dibagi berdasarkan tema tulisan. Untukku yang niche blog lifestyle, aku sebenarnya membuat kategori menjadi Eats (untuk membahas tema makanan), Family (untuk membahas tema keluarga), Beauty (membahas produk kecantikan), Learn (tema umum tentang proses belajar berbagai hal), Review (ulasan buku, music, film), Technology (bahasan tentang teknologi), serta Travel (cerita perjalanan atau tempat menarik lain).

Lalu, dari berbagai tema tersebut, mana yang paling aku suka?

  • Eats

    Namanya juga kesenangan dan kebutuhan, ngebahas urusan perut ini jadi salah satu yang aku suka. Kebetulan nih, aku juga suka nyobain tempat-tempat makan baru di Palembang atau di kota lain pas jalan-jalan. Berkat hobi nyobain makan, kadang jadi banyak yang nanya urusan rasa atau reviewku. Daripada cuma satu dua orang yang tau, mending ditulis kan? Sekalian bantuin promosi yang punya usaha.


    Gak hanya menuliskan pengalaman tentang makan di suatu tempat sih, kadang kalau khilafku muncul, aku suka masak. Jadi…ya aku juga nulis tentang resep masakan walau gak banyak.

  • Travel

    Hobi jalan-jalan sama keluarga rasanya penting untuk didokumentasikan. Awalnya sih biar kenangan gak menguap begitu aja. Jadi bisa cerita nanti pas anak besar atau di abaca sendiri. Eh, ada yang ngerasa berkat tulisanku jadi ada bayangan untuk liburan ke tempat tersebut. Kerasa manfaatnya untuk orang dan akupun senang.

    Selain pengalaman berpergian ke daerah tertentu, di bahasan Travel juga aku suka cerita tentang hotel, aktivitas seru, atau tempat wisata di suatu daerah.

 

  • Technology


    Walau gak ahli-ahli banget, rasanya seneng aja gitu bahas tema ini. Ketertarikan pada gadget atau produk teknologi lain, pengalaman mengakses web maupun aplikasi yang membantu, rasanya pantas untuk dibagikan kepada orang lain.

  • Family


    Last but not least
    , hahai. Ini tema yang juga sering aku tulis. Bukan tentang parenting secara mendetail karena apalah ilmuku masih ecek-ecek seperti remahan rempeyek. Aku lebih sering nulis tentang aktivitas anak atau hal-hal lain tentang keluarga, termasuk urusan kesehatan.

Setelah tahu senangnya menulis tema apa, sebenarnya kepikiran bikin blog baru yang nichenya lebih spesifik gitu sih. Apa…bikin blog baru lagi ya? 😀 Kasih saran boleh loh…

You may also like

1 Comment

Haiiiii, terima kasih ya telah berkunjung....Aku senang sekali kalau teman-teman mau meninggalkan jejak berupa komentar :)