7 Plugin WordPress Terbaik untuk Blog yang Wajib Kamu Install

Plugin WordPress Terbaik untuk Blog

Salah satu alasan banyak orang memilih WordPress adalah karena WordPress mudah digunakan. Konfigurasi kebutuhan website bisa disesuaikan dengan theme dan plugin yang tersedia. Namun, jumlah plugin yang tersedia untuk WordPress sangatlah banyak. Berikut ini beberapa plugin WordPress terbaik untuk blog yang wajib untuk kamu install

Mengenal Plugin di WordPress

Plugin merupakan kode software dengan fungsi-fungsi tertentu untuk mendukung aplikasi atau program dalam menjalankan fitur tambahan. Tak hanya di WordPress, plugin juga kerap ditemui di browser seperti Firefox, Opera, Chrome, dan lainnya. Ada pula yang menamakannya Add-on atau Extension.

Plugin umumnya didesain secara spesifik untuk aplikasi atau program tertentu. Plugin WordPress tak bisa digunakan untuk Firefox. Namun, mungkin saja ada plugin dengan fungsi yang serupa tersedia untuk Firefox.

Menambahkan Plugin WordPress Terbaik untuk Blog yang lebih keren performanya

Ya, plugin dapat dikategorikan sesuai fungsinya. Untuk WordPress dapat dikategorikan menjadi plugin untuk SEO, plugin untuk backup, plugin untuk antispam, dsb. Pemilik website WordPress bisa menyesuaikan fitur-fitur sesuai kebutuhan websitenya dengan menambahkan plugin.

Plugins WordPress Terbaik untuk Blog

Pada saat ini, terdapat puluhan ribu plugin WordPress yang tersedia. Tentu ini kadang memusingkan pengguna baru WordPress yang baru membeli di Hosting Indonesia.

Pengguna WordPress harus memilih plugin yang kualitasnya bagus. Jika salah memilih, bisa saja ini berdampak negatif pada website yang dimiliki. Selain itu, jangan sampai kita juga menginstal plugin yang sejenis.

Untuk itu, aku akan mencoba memberikan info plugin terbaik WordPress untuk blog yang mudah digunakan dan paling baik sesuai kategori atau fungsinya. Semoga ini bisa meningkatkan blog yang dimiliki.

Yoast SEO

Bagi pemilik blog, pasti ingin konten atau postingannya tampil di halaman pertama mesin pencari. Oleh karena itu, Search Engine Optimalization (SEO) diperlukan untuk sebuah website.

Dukungan SEO bisa didapatkan pula dengan menginstall plugin SEO seperti Yoast SEO. Ini diperlukan karena algoritma mesin pencari juga berubah-ubah. Adanya plugin ini menjadi panduan untuk pemilik blog menerbitkan konten yang bisa muncul di halaman pertama mesin pencari seperti Google.

Yoast SEO, salah satu Plugin terbaik WordPress untuk Blog kategori SEO

Sistem Yoast SEO akan memberikan tanda pada setiap postingan dengan kode warna layaknya traffic light. Abu-abu artinya tak bisa dinilai, merah artinya buruk, oranye lumayan, dan hijau artinya bagus sekali. Selain menilai SEO, Yoast juga dapat menilai apakah konten tulisan nyaman dibaca atau tidak. Ada juga panduan atau saran yang diberikan untuk perbaikan.

Updraft Plus

Untuk pekerjaan apapun, kita selalu disarankan melakukan backup. Tak terkecuali untuk website maupun blog. Mengingat blog dan website adalah aset kita, backup juga melakukan hal yang harus dilakukan.

UpdraftPlus Plugin WordPress Terbaik untuk Blog

Updraft Plus merupakan salah satu plugin backup terbaik dan terpopuler untuk WordPress Hosting. Plugin ini menyediakan backup terjadwal dan otomatis tersimpan ke berbagai media penyimpanan seperti Google Drive maupun email. Selain itu, jika ingin melakukan restore / pemulihan juga mudah sekali. Cukup dengan sekali klik saja.

Google Analytics Dashboard Plugin for WordPress by MonsterInsights

Traffic dan status analytic situs menjadi hal yang juga patut diteliti oleh pemilik website. Salah satu tools yang kerap digunakan adalah Google Analytics. Nah, kita dapat menghubungkan Google Analitics dengan website WordPress menggunakan plugin seperti Google Analytics Dashboard Plugin for WordPress by MonsterInsights.

Dengan adanya plugin ini, kita bisa melihat aktivitas website yang dianalisa oleh Google Analitics melalui dashboard WordPress.Proses instalasi tak terlalu susah. Selanjutnya, kita dapat melihar report Google Analytics yang spesifik. Tak lupa, informasi lain terkait pengunjung situs juga didapatkan dengan cepat.

Akismet

Konten blog mungkin saja dikunjungi dan mendapat komentar spam. Komentar spam yang tidak sesuai artikel atau menampilkan link hidup akan dianggap berbahaya bagi website. Biasanya, ini berasal dari script khusus yang dijalankan secara otomatis.

Untuk mengurangi komentar spam, kita dapat menggunakan plugin Akismet. Plugin ini bisa mengecek dan menyaring komentar spam. Dengan demikian, kita bisa lebih nyaman dalam mengelola blog.

Broken Link Checker

Beberapa waktu lalu heboh dengan adanya nilai Domain Authority (DA) yang menurun. Salah satu yang ditengarai menjadi sebab adalah jumlah broken link dalam website tersebut. Adanya broken link juga dapat membuat website kurang optimal dan situs tidak berada dalam posisi yang bagus di halaman pencarian.

Oleh karena itu, plugin seperti Broken Link Checker perlu diinstal di website atau blog yang dimiliki. Plugin ini dapat mencari link yang menyebabkan error 404. Kita pun dapat mengedit link yang dianggap broken link.

W3 Total Cache

Kecepatan website adalah hal yang penting. Ini karena bisa membuat nyaman pembaca. Secara jangka panjang kecepatan website memberi pengaruh baik pada traffic.

Oleh karenanya, plugin seperti W3 Total Cache diperlukan. Plugin ini mampu meningkatkan kecepatan website.

Imagify Image Optimizer

Konten di blog tak akan lengkap jika hanya tulisan semata. Gambar atau foto kerap kali menjadi pelengkap. Sayangnya, jika ukuran gambar terlalu besar, kecepatan loading website akan melambat dan website pun menjadi buruk performanya.

Oleh karena itu, plugin Imagify Image Optimizer diperlukan untuk website. Plugin ini dapat mengurangi ukuran halaman sehingga kecepatan performa website pun meningkat.

Nah, demikianlah beberapa pilihan plugin terbaik WordPress yang cocok untuk blog maupun website. Semoga artikel ini bisa memudahkan pengguna WordPress dalam memilih plugin yang cocok untuk website yang dibangun. Karen ajika salah memilih pluhin, bisa jadi traffic dan performa website menjadi buruk.

Tentunya, instalasi plugin di atas bisa dilakukan jika teman-teman sudah memiliki website. Jika belum, teman-teman bisa membangun website terlebih dahulu dengan layanan hosting dari Qwords.

Selamat mencoba meningkatkan performa blog dengan plugin terbaik.

You may also like

19 Comments

  1. aku dari dulu pingin migrasi ke WP bukan hanya karena templatenya yang oke tapi juga pluginnya yang keren-keren banget jadi kalau buat bisnis online cocok banget apalagi kalau dipadukan dengan hosting premium, mudah-mudahan ngak ribet ya mbak buat migrasi dari blogspot ke WP.

  2. Aku pake beberapa plugin yang disebutkan di atas. Tapi untuk seo, aku prefer ke all seo pack dibandingkan yoast. Soalnya udah lama pake ini jadinya agak ribet kalau pindah lagi.

  3. Andai di Blogspot juga ada Imagify Image itu Mbak. Udah pasti asyik nggak akan pengaruh ke gambarnya perlu dikecilin tanpa berpengaruh sama kecepatan blognya
    Sayangnya blog WP self hosting aku udah bye bye T_T
    tFS ya mbak. Smoga bisa punya blog WP lagi

  4. Plugin WP ini memang keren-keren ya. Mana banyak pilihan pula. Ini nih yang bikin aku galau terus kepengen migrasi ke WP. Tapinya takut juga DA/PA dari nol lagi 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *