Mencicip Kuliner Soto Mie Khas Bogor di Kedai Kong Piet Palembang

Apa yang kamu ingat tentang kota Bogor? Talas Bogor yang identik sebagai ejekan bagi betis besar? Walikota yang lumayan ganteng? Riweuhnya lalu lintas masa lalu karena angkot yang merajalela? Asrinya Bogor yang memiliki Kebun Raya? Atau…makanannya yang enak-enak?

Tak terlalu banyak kesempatanku untuk menyambangi kota Bogor. Lupa berapa kali, namun rasanya sih masih dalam hitungan jari. Walaupun begitu, main ke Bogor tak mungkin sekedar main saja. Pasti ada kesempatan untuk mencicip kuliner khas Bogor. Salah satu yang terkenal adalah Soto Mie khas Bogor.

Soto Mie, dari namanya saja ketahuan bahwa ini adalah hidangan berkuah dengan kaldu layaknya soto pada umumnya. Namun, jika beberapa soto menggunakan soun untuk isian dalam soto, soto mie menggunakan mie kuning, walau ada juga yang mencampur dengan soun. Selain itu, isi di dalam semangkuk soto mie ada irisan kentang rebus, tomat, telur ayam rebus, urat kaki sapi, daging sapi, dan risoles.

Sebagai perantauan di Palembang, aku terkadang merindukan kuliner Indonesia lain. Harus diakui, akses untuk mencicipi aneka kuliner di Indonesia termasuk susah jika di Palembang. Selain Nasi Padang yang memang rasanya default hampir di tiap kota ada, kuliner daerah lain agak susah didapat di kota ini. Apalagi, dengan lebih maraknya restoran yang menawarkan hidangan ala western.

Beruntungnya, masih ada orang yang berani membuka usaha kuliner Indonesia. Daaaaaaaaaaaan, baru-baru ini aku bisa mencicipi kembali Soto Mie khas Bogor di Palembang, tepatnya di Kedai Kong Piet yang baru buka di bulan Oktober 2018 ini.

Di malam Minggu, saat gerimis syahdu sisa hujan sore masih mengguyur Palembang, aku dan rombongan sirkus pun bergerilya mendatangi Kedai Kong Piet. Malam minggu dan gerimis, kombinasi tepat untuk mencari kehangatan.

Tujuanku sudah jelas, memesan Soto Mie khas Bogor. Selain Soto Mie, ada pula Soto Campur khas Bogor yang kuahnya agak bersantan, Soto Daging, dan Soto Ayam. Untuk makanan berat lain, ada Kwetiaw, Mie, Bihun Goreng, Nasi Goreng, Kwetiaw Kuah, dan Indomie. Kedai Kong Piet juga menawarkan aneka snacks mulai dari roti goreng, roti bakar, pisang goreng, dll. Untuk minumnya sendiri, ada kopi dan teh serta juice buah.

Kami memesan Soto Mie khas Bogor, Bihun Goreng Seafood, Nasi Putih, Telor Dadar, Teh Tarik, dan Teh Susu. Tidak terlalu banyak, wong cuma bertiga.

Tak perlu menunggu lama, minuman teh tarik dan teh susu datang duluan. Teh susu sangat berasa susu dan rasa manisnya. Sementara itu, teh tarik seperti pada umumnya, terdapat busa-busa di atasnya dengan rasa manis-manis pahit.

Setelah itu, satu per satu pesanan makanan keluar dimulai dari Soto Mie khas Bogor. Untuk rasa, rasanya dingin-dingin udara luar menjadi lebih hangat berkat Soto Mie. Banyak potongan daging dan kikil yang ada di dalam semangkuk Soto Mie ini. Tambahan nasi putih diperlukan agar terasa lebih mengenyangkan. Harga seporsi Soto Mie adalah 25 ribu rupiah.

Bihun Goreng Seafood keluar lengkap dengan potongan cumi dan udang serta sayuran di atasnya.  Sayangnya, pendamping yang disediakan hanya pangsit goreng, padahal makan bihun, kwetiaw, mie, atau nasi goreng, enaknya ditemani krupuk udang atau krupuk lainnya. Semoga saja nanti ditambah aneka krupuk.  Untuk tambahan telor dadar, agak sedikit asin rasanya. Harga seportsi Bihun Goreng Seafood adalah 23 ribu rupiah.

Ketika mencicipi makanan, tentu dong, aku posting di Instagram atau IG Story. Langsung deh ada temen kantor yang nanya dan kurekomendasikan. Eh, begitu dia nyoba, aku dibawain Risoles Amerika. Risoles dengan isian daging tipis / smoked beef, keju, dan telur. Gak sempat kufoto, tapi enak juga dan langsung habis 2 karena ternyata anak gak terlalu suka snack model ini. Hehehe, untung di aku.

Anyway, aku setuju sama tagline Kedai Kong Piet, Spesialis Kopi dan Soto Khas Bogor. Untuk Soto Khas Bogornya, berhubung belum ada saingan lain di Palembang, memang Kedai Kong Piet pantas untuk jadi pilihan. Oh iya, tempat makan ini buka mulai dari jam 8 pagi, jadi kalau siang-siang panas pengen yang berkuah segar seperti Soto Mie, bisa jadi pilihan sebagai menu makan siang. Kalau mau lihat instagramnya bisa di cek di @KedaiKongPiet

Kedai Kong Piet

Jalan Dr. M. Isa No.933 (jejeran ruko variasi mobil)

Haiiiii, terima kasih ya telah berkunjung....Aku senang sekali kalau teman-teman mau meninggalkan jejak berupa komentar :)

  1. Pingback: Mencicip Kuliner Soto Mie Khas Bogor di Kedai Kong Piet Palembang