8 Tips Penting dalam Pemilihan Nama Domain Untuk Blog

8 Tips Penting dalam Pemilihan Nama Domain Untuk Blog

Ketika membangun website, bukan hanya tampilan website saja yang patut menjadi perhatian. Nama domain pun penting untuk diperhatikan. Apalagi, biasanya nama domain juga perlu ditentukan di awal pembuatan sebuah website. Dalam pemilihan nama domain, ada baiknya kita patut berhati-hati. Ini karena dalam pembeliannya, kita akan membayar di muka selama setahun. Tentu tak ingin dong rugi bandar. Oleh karena itu, simak tips penting dalam pemilihan nama domain berikut ini.

Pentingnya Nama Domain

Menentukan nama domain adalah langkah pertama saat membangun website. Nama domain menjadi sebuah identitas dari website. Lalu, mengapa nama domain menjadi hal yang penting dari sebuah website?

Kesan pertama

Ya, domain website akan menunjukkan kesan pertama orang kepada website tersebut. Domain dengan nama yang positif akan memberikan kesan positif dan bisa lebih aman dari anggapan bahwa website yang dibangun berbahaya.

Walaupun website personal, bisa saja kita mendapat kesan negatif kalau memakai nama “kodoktelanjang.com”.

8 Tips Penting dalam Pemilihan Nama Domain Untuk Blog

Mendefinisikan merek

Website, baik bisnis maupun personal, bisa menjadi peluang branding. Nama domain yang tepat bisa membuat merek kita semakin dikenal, walaupun itu sekedar nama (website personal).

Tentu ada keuntungan jangka panjang yang dapat diperoleh dari memberikan nama domain yang baik.

Merupakan identitas berupa alamat

Jika website adalah tujuan, maka domain bisa dianggap sebagai alamat dari tujuan yang ingin didatangi. Nama domain yang jelas tentu bisa memudahkan orang lain sampai ke tujuan.

Mempengaruhi SEO

Walaupun mungkin masih menjadi perdebatan dan algoritma Google juga berubah-ubah, namun beberapa unsur dari nama domain bisa mempengaruhi SEO. Jika kita menggunakan keyword yang tepat pada nama domain, sangatlah mungkin untuk mendapatkan score SEO yang baik.

Tips Penting dalam Pemilihan Nama Domain

Nah, mengingat nama domain begitu penting dalam sebuah website, maka tentu dalam memilih atau menyusun nama domain, kita dapat lebih cermat. Apalagi, pembelian nama domain dan ekstensionnya perlu dibayar di awal untuk jangka waktu tertentu. Jangan sampai, karena kurang cermat, kita harus mengganti nama domain. Ini bisa membuat pembaca website yang sudah sering datang menjadi bingung.

8 Tips Penting dalam Pemilihan Nama Domain Untuk Blog

Berikut ini beberapa tips penting dalam pemilihan nama domain khususnya untuk website personal seperti blog:

Pilih nama domain yang unik dan sesuai dengan niche blog

Nama domain haruslah mudah untuk diingat dan diakses. Jika kita telah memilih niche blog, kita dapat menambahkan kata terkait niche blog di alamat domain. Misalnya, kodoktraveler.com untuk blog dengan niche traveling.

Pilih nama domain yang dapat menjadi brand sendiri

Nama domain dapat kita gunakan sebagai branding untuk diri kita sendiri. Dalam memilih nama domain, kita bisa memilih dua pendekatan yaitu menggunakan EMD (Exact Match Domain) atau menggunakan yang brandable.

Pendekatan EMD artinya kita membuat domain dengan kata kunci tertentu. Misalkan ingin membuat domain tentang resensi buku anak, kita membuat resensibukuanak.com. Namun, akan lebih baik jika menggunakan pendekatan nama domain brandable. Artinya, kita membuat nama brand sendiri. Contoh pendekatan nama brandable seperti Yahoo.com, Google.com.

8 Tips Penting dalam Pemilihan Nama Domain Untuk Blog

Pilih nama domain yang belum memiliki hak cipta

Kita harus memastikan nama domain yang dipilih belum memiliki hak cipta. Ini karena kita bisa mendapat masalah terkait dengan merek dan hak cipta jika menggunakannya tanpa ijin. Misalnya, blog khusus membahas produk Xiaomi, kita tidak bisa menggunakan review-xiaomi.com. Jika sudah punya pilihan nama domain, akan lebih baik jika diperiksa terlebih dahulu calon nama domain di website database merek dagang / trade mark.

Pilih nama domain yang mudah diingat dan diketik

Nama domain tak perlu ribet. Cukup yang unik dan sederhana. Ini agar lebih mudah diingat oleh orang. Untuk karakternya sendiri, sebisa mungkin tidak lebih dari 20 karakter. Selain mudah diingat, pilih juga nama domain yang juga mudah diketik atau diucapkan.

Sesuaikan nama domain dengan target pembaca

Jika blog yang dibangun akan memiliki artikel Bahasa Inggris dengan target pembaca internasional, tak ada salahnya jika kita memberi nama domain dengan kata-kata dengan Bahasa Inggris.

Pilih ekstensi atau akhiran .com atau .net

Akhiran .com dan .net lebih umum dan familiar digunakan. Ini juga memudahkan pembaca saat mengetikkan nama domain di address bar browser.

Hindari kesan negatif dari domain yang dipilih

Penggunaan kata-kata dengan konotasi negatif untuk nama domain bisa menyusahkan kita. Bukan hanya orang bisa menjadi berpikiran negatif terhadap website. Tapi juga memungkinkan website kita di-blockir atau tidak bisa diakses karena dianggap bukan situs yang aman untuk dijelajahi.

Hindari tanda hubung dalam membuat nama domain

Tanda hubung cukup menyulitkan orang untuk mengingat dan mengetik nama domain. Buatlah nama domain tanpa menggunakan tanda hubung. Selain lebih mudah diketik, nama domain tanpa tanda hubung juga memudahkan pencarian di mesin pencari.

Hindari angka atau simbol

Selain tanda hubung, angka dan simbol juga sebaiknya tidak perlu dipakai dalam nama domain. Penggunaan angka dalam nama domain bisa membuat kerancuan dan kebingungan bagi banyak orang.

Langkah Selanjutnya Setelah Pemilihan Nama Domain

Setelah mendapatkan nama domain yang diinginkan, ada baiknya kita melakukan pengecekan pada nama domain yang telah dipilih. Pengecekan bisa dilakukan saat kita akan beli domain di penyedia layanan seperti Qwords.com. Selain pengecekan domain di penyedia layanan, ada baiknya juga mengecek di sosial media. Ini berguna kalau kita akan membangun nama domain sebagai brand yang sama di sosial media.

Jika sudah memiliki nama domain untuk website personal atau blog, segera saja beli domain murah sebelum nama domain kita diambil orang. Bisa saja loh, orang nun jauh di mana punya ide yang sama dengan kita.

Nah, selamat mencari nama domain ya untuk blog atau website personal. Ingat juga, membeli nama domain harus hati-hati. Perhatikan tips di atas dan pertimbangkanlah matang-matang. Setelah itu, lakukan pembelian domain di Qwords. Qwords adalah perusahaan yang menyediakan layanan registrasi Domain Name sekaligus hosting untuk meletakkan file website dan akses email di Internet. Layanan yang berkualitas dijamin membuatmu tak menyesal membeli domain di tempat ini.

You may also like

16 Comments

  1. Nama domain kodoktelanjang.com aku qo langsung auto ngakak lho bacanya. Bener banget nama domain itu berpengaruh banget sama image dan branding dari blog atau toko online kita. Sebaiknya memang pakai nama yang positive namun tetap unik dan pakai nama yang mudah diingat yaa. Btw aku juga beli domain di Qwords lho.

  2. Menentukan nama domain memang perlu hati-hati ya, Mbak. Soalnya bisa untuk branding diri sendiri, atau bisnis kita nantinya. Angka ataupun simbol sebaiknya memang dihindari dari sebuah nama domain, karena bikin susah aja dalam pencarian atau pas kita ngetik nama domain tersebut. Ya, masa ada angkanya juga, kek bahasa alay. Hihihihi

  3. Nama domain itu ibarat jati diri kita, dama halnya dengan nama kita sendiri.
    Makanya harus dipilih dengan cermat.
    Unik boleh, asal mudah diingat orang.

    Makasih tipsnya, mbak Ainun.

  4. Kadang yg bikin baper, saat sdh sreg dengan pilihan nama domain, tapi pas check availabilty di penyedia domain, nama tsb tdk bisa dipilih. Kudu mulai lagi nyari2 nama domain deh

  5. hahaha mbak, kok bisa aja dapat ide nama “kodoktelanjang.com”
    iya ya nama itu yang memudahkan orang buat menuliskannya, pernah nemu alamat web yang ngucapinnya susah, nulisnya apalagi

  6. Setuju banget dengan tipsnya. Aku sendiri lebih milih branding dengan nama sendiri aja. Biar ya aku banget. 😀

  7. Kalo aku bikin web dengan nama pribadi dulu gak mikir lama. Justru ketika ada teman yang minta tolong dibuatkan web dngan nama menjual yang bikin bingung. Apalagi waktu ngecek di di penyedia domain, udah ada yang punya. Ada sampai sebulan baru sreg akhirnya temanku untuk nama domain bisnisnya

  8. Aku beruntung nih dulu tahun 2010 itu pas bikin blog langsung aja bikin na catatansiemak ga mikir urusan praktis dan mudah diingat waktu itu mikirnya namanya lucuk hahahahah

  9. Untuk memilih nama domain blog saya saat ini dulu berawal dari suka menulis dalam bentuk diary online. Pas mau dibelikan domain ternyata aurakata sudah ada yang memakai sehingga diganti jadi aurabiru karena saya suka warna biru hehehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *