Ada perubahan baru yang aku rasakan saat berkunjung ke Rumah Sakit Hermina Palembang di tahun 2020 ini. Sejak tanggal 13 Januari 2020, telah resmi dibuka Poli Eksekutif Hermina Palembang. Begitu masuk ke Poli Eksekutif Hermina Palembang, terasa sekali bedanya dari poli reguler. Dengan kondisi yang lebih baik, aku pun jadi merasa lebih nyaman saat melakukan perawatan di Poli Eksekutif Rumah Sakit Hermina Palembang.

Memilih Rumah Sakit Hermina Palembang untuk Berobat

Rumah Sakit Hermina Palembang adalah rumah sakit yang kerap kali kukunjungi sejak 2015 lalu. Awalnya sih periksa kehamilan, lalu melahirkan, dan akhirnya jika anak sakit atau keluarga yang sakit rumah sakit ini jadi pilihan.

Sempat sakit dan dirawat di Hermina Palembang
Sempat sakit dan dirawat di Hermina Palembang

Selain karena akses dari rumah tak terlalu lama, cocok dengan dokternya, juga karena asuransi dari kantor mengcover berobat di rumah sakit ini.

Walaupun begitu, pernah juga merasa tidak nyaman di rumah sakit ini. Namanya rumah sakit yang menjadi pilihan banyak orang, antriannya pasti panjang. Ruang tunggu di poli rawat jalan rasanya sering penuh sesak.

Belum lagi kadang proses pelayanan yang kadang lama, khususnya di bagian instalasi farmasi. Tapi, kondisi ini harus dipahami sih. Ya, orang kan memang mau berobat di sini dan banyak banget pasien di rumah sakit ini.

Apapun kondisinya, aku tetap memilih berobat ke rumah sakit ini sih karena merasa sudah cocok

Perubahan Perlahan di Rumah Sakit Hermina Palembang

Di tahun 2019, Hermina Palembang melakukan perubahan. Ada pembangunan yang dilakukan. Kenyamanan pasti sedikit terganggu. Aku sempat merasa parkir kendaraan di Hermina Palembang menjadi lebih sulit.

Untungnya, secara perlahan, ternyata ketahuan bahwa ada perluasan lahan parkir. Perlahan, parkir di rumah sakit ini menjadi lebih mudah dibanding sebelumnya.

Sempat pula ada perubahan lokasi khusus poli anak dan poli kandungan. Jika sebelumnya semua bercampur di poli rawat jalan lantai 1, untuk beberapa bulan di tahun 2019 dipindahkan ke lantai 5. Tak hanya ruang praktek dokternya saja yang dipindahkan, area pendaftaran, instalasi farmasi, dan kasirnya pun khusus. Adanya perubahan ini menjadi poin baik dariku. Apalagi memang seringnya datang karena cek kondisi anak.

Sebuah perubahan besar dilakukan di tahun 2020 ini. Saat akan melakukan pemeriksaan anak, aku dengan santai naik ke lantai 5 seperti biasanya. Ternyata kosong! Setelah bertanya kepada perawat di lantai 3, baru tahu kalau untuk yang ingin berobat dengan asuransi, bisa langsung ke Poli Eksekutif yang baru diresmikan.

Nyamannya Pelayanan di Poli Eksekutif Hermina Palembang

Poli eksekutif ditujukan untuk pasien yang akan menggunakan biaya pribadi atau asuransi perusahaan. Sementara itu, poli regular ditujugan untuk pasien yang menggunakan BPJS. Walaupun begitu, sepertinya jika pribadi juga masih bisa mengakses poli regular.

Ketika melewati poli regular, kita bisa melihat bahwa jumlah pasien masih banyak di ruang tunggu. Sementara itu, di poli eksekutif terasa lebih lengang. Bisa jadi memang pasien di poli reguler lebih banyak ya.  

Akses ke Poli Eksekutif Hermina Palembang

Poli Eksekutif Hermina Palembang berada di lantai 3 gedung baru. Jika masuk dari gedung lama, kita harus mengakses lift belakang, yang berada dekat pintu keluar. Biasanya lift ini digunakan untuk naik ke poli fisioterapi atau klinik tumbuh kembang anak. Setelah sampai di lantai 3, kita bisa langsung belok kanan masuk ke poli eksekutif.

Pembangunan yang dilakukan Hermina Palembang ternyata bukan hanya perluasan lahan parkir, tapi juga bangunan baru. Di lantai 1 dan 2 gedung baru, terdapat area parkir yang lebih luas. Jika parkir di area ini, kita bisa menggunakan lift atau tangga langsung untuk naik ke poli eksekutif, yang ada lantai 3 bangunan ini.

Fasilitas dan Suasana Poli Eksekutif Hermina Palembang

Bau baru jelas terasa saat berkunjung di Poli Eksekutif Hermina Palembang. Diresmikan tanggal 13 Januari 2020, aku datang sehari setelahnya.

Poli eksekutif terasa lebih lengang dibanding poli reguler. Ruangan didominasi warna hijau khas Hermina ditambah dengan sentuhan warna coklat. Ruang tunggu terasa lebih lega dengan tempat duduk yang lebih empuk.

Resepsionis dan Pendaftaran

Jika kita masuk dari akses lift gedung baru, maka kita akan langsung menemukan area pendaftaran. Area pendaftaran dibedakan untuk pasien asuransi, pasien pribadi / pasien baru, dan pasien rawat inap. Tapi kalau tidak ada antrian, kita bisa kok langsung ke petugas yang kosong untuk pendaftaran. Untuk petugas rawat inap sepertinya juga bisa untuk diajak konsultasi terkait dengan pendafataran paket melahirkan yang ditawarkan di RS Hermina Palembang.

Laboratorium

Tepat di seberang area resepsionis, terdapat area laboratorium. Kadang pintu lab-nya tertutup seperti tidak ada orang. Kalau misalnya ingin periksa lab tapi tidak ada orang, kita bisa minta tolong ke petugas di area pendaftaran untuk menghubungi petugas lab.

Ruangan lab hanya untuk pengambilan sampel darah. Sepertinya, sampel lab yang akan diuji, tetap dibawa ke lab besar di gedung lama. Bisa jadi, ruangan tersebut kosong karena petugas sedang membawa sampel ke lab besar.

Kasir

Ruangan kasir berada di sebelah laboratorium. Biasanya ada dua petugas di bagian ini. Pembayaran bisa dengan cash maupun menggunakan mesin EDC untuk kartu debit/kredit.

Jika tidak ada obat atau tindakan lanjutan, setelah konsultasi dokter kita bisa langsung ke kasir untuk transaksi. Namun, jika ada obat, biasanya kita perlu ke instalasi farmasi terlebih dahulu untuk konfirmasi.

Instalasi Farmasi

Jika masuk ke gedung baru dari lift gedung lama, maka kita akan menemukan instalasi farmasi terlebih dahulu. Biasanya, kita harus ke instalasi farmasi untuk konfirmasi, apakah obat yang diresepkan dokter tersedia atau tidak. Bisa juga konfirmasi apakah obat yang diresepkan ditanggung asuransi atau tidak. Jika tidak, biasanya ditawarkan obat pengganti.

Setelah dari instalasi farmasi barulah kita transaksi di kasir. Lalu, jika pembayaran selesai, kita bisa menunggu panggilan saat obat telah selesai disiapkan. Untuk pengambilan obat, petugas akan menjelaskan dosis setiap obat lalu meminta paraf dan nomor handphone kita.

Untuk antrian kasir dan instalasi farmasi , di Poli Eksekutif Hermina Palembang tidak telalu panjang dan lama lagi. Pernah sekali agak ramai di Sabtu siang – sore, tapi selain itu sih, tidak terlalu.

Musholla / Musala

Musholla berada di dekat instalasi farmasi . Tak terlalu luas, tapi sepertinya bisa untuk 3 – 4 baris, termasuk imam. Area wudu dipisah antara perempuan dan laki-laki. Mukena, sarung, sajadah, dan Al Quran  juga disediakan.

Musholla dengan ruang wudhu yang sudah terpisah
Musholla dengan ruang wudhu yang sudah terpisah

Nurse Station

Setelah melakukan pendaftaran, kita bisa mendatangi nurse station atau tempat perawat. Di sini kita akan dicek suhu tubuh dan ditimbang. Untuk orang dewasa, ada pula pengukuran tensi darah. Setelah memberikan berkas pendaftaran, suster akan menunjukkan ruangan dokter tempat kita konsultasi nanti.

Nurse station di Poli Eksekutif Hermina Palembang

Drink Corner dan Kantin

Di Poli Eksekutif, disediakan air minum gratis. Bukan hanya air minum di dispenser saja, tapi juga ada pilihan infused water. Teh, kopi, dan gula juga tersedia. Lengkap dengan cup kertas dan sendok plastik untuk mengaduk. Tapi, kalau datangnya sore biasanya cup sudah habis sih. Entah di refill kembali atau tidak. Lokasi drink corner ada di dekat Nurse Station.

Kantin di Poli Eksekutif Hermina Palembang
Kantin di Poli Eksekutif Hermina Palembang

Sama seperti poli reguler, di poli eksektif juga terdapat kantin. Tak sebesar di poli regular sih, tapi paling tidak kalau ingin cemal cemil, kita bisa beli jajan di sini. Posisinya di pojok, dekat dengan ruangan praktek dokter anak.

Kamar Mandi

Pastinya harus ada lah ya kamar mandi. Dipisahkan untuk pria dan wanita. Rasanya lebih luas dibanding di poli regular dengan interior warna hitam.

Poli Pemeriksaan

Ada banyak ruang pemeriksaan di poli eksekutif ini. Yang kulihat sih, hampir sama dengan poli reguler. Ada klinik untuk anak, kandungan, gigi, kulit, penyakit dalam, dll. Tapi aku melihat ada ruangan gizi dan psikologi dan ruangan facial juga. Dari beberapa berita yang kubaca, akan ada klinik untuk nyeri juga di sini.

Poli Eksekutif Berobat Semakin Cepat dan Nyaman

Berbagai fasilitas dan antiran yang tidak terlalu panjang memang membuat poli eksekutif Hermina Palembang menjadi lebih nyaman sih.

Konon, katanya tarif di poli eksekutif lebih mahal disbanding poli reguler. Tapi aku tidak bisa membandingkan karena seringnya discover asuransi untuk konsultasi maupun obat yang diberikan.

Sempat ada pertanyaan, apakah dokter di poli eksekutif tidak praktek di poli reguler? Ternyata, masih banyak dokter di poli eksekutif yang juga praktek di poli reguler juga kok. Ini bisa kita lihat dari jadwal dokter di aplikasi Hermina Mobile. Dengan demikian, aku bisa bilang poli reguler pun masih akan mendapatkan pelayanan dari dokter-dokter yang bagus juga dari rumah sakit ini.

Yang jelas, aku senang banget dengan perubahan di Rumah Sakit Hermina Palembang ini. Bukan hanya adanya poli eksekutif saja, tapi sekarang dia juga memfasilitasi pendaftaran online dengan aplikasi. Good job Hermina, semoga selalu lebih baik lagi.