Perbaikan demi perbaikan terus dilakukan oleh Rumah Sakit Hermina, termasuk urusan pelayanan pendaftaran. Jika dulu pendaftaran manual atau lewat telepon. Kini Hermina memiliki aplikasi Hermina Mobile untuk pendaftaran pasien.

Pendaftaran di Rumah Sakit Hermina

Aku mulai sering ke Rumah Sakit Hermina sejak tahun 2015. Berawal dari sakit tipus dan dirawat, lalu periksa kehamilan, dan sekarang seringnya periksa gigi atau kesehatan anak. Agar mendapat nomor antrian yang pasti, biasanya aku akan melakukan pendaftaran terlebih dahulu dengan berbagai cara.

Pendaftaran dengan Menelepon Call Center

Dulu, kalau akan berobat, aku biasanya menelepon RS Hermina Palembang (nomor lokal di 0711- 352525) untuk pendaftaran. Namun, sekitar tahun 2018 – 2019, seluruh pendaftaran terpusat ke Call Center Hermina di 1500-488.

Aplikasi Hermina Mobile

Perubahan yang terjadi saat mendaftar via call center adalah kita harus menyebutkan terlebih dahulu cabang RS Hermina mana yang akan kita kunjungi. Lalu, setelah itu kita menyebutkan nama dokter yang dituju serta tanggal yang diinginkan. Petugas akan bertanya tanggal lahir dan nama. Setelah itu, petugas akan mengonfirmasi penanggung jawab dan nomor terlepon yang bisa dihubungi. Setelah itu, baru akan diberi tahu nomor antrian kita.

Dengan mengetahui nomor antrian, kita bisa memperkirakan jadwal kedatangan.

Pendaftaran Langsung ke Resepsionis

Untuk dokter dengan pasien yang banyak, pernah juga aku melakukan pendaftaran di tempat. Seperti untuk kontrol kehamilan. Jika dokter menyarankan kontrol sebulan kemudian, aku akan ke meja registrasi untuk mendaftarkan kunjungan di bulan depan.

Perubahan terkait pendaftaran pernah dilakukan Hermina Palembang, yaitu lewat whatsapp. Sayangnya, pernah mendaftar tidak ada tanggapan. Jadi, ya balik nelepon lagi.

Melakukan Pendaftaran dengan Aplikasi Hermina Mobile

Saat ini, aku lebih sering melakukan pendaftaran untuk kunjungan dengan menggunakan aplikasi Hermina Mobile. Aku lebih suka pakai aplikasi karena kan tidak perlu menelepon, jadi tidak ada tagihan tambahan karena telepon hehe.

Selain itu, dengan aplikasi lebih mudah dan kita bisa melihat jadwal dokter secara langsung. Kalau via telepon dulu, biasanya aku cek dulu di website Hermina atau bertanya ke petugas call center jadwal dokter yang ada. Begini cara melakukan pendaftaran dengan aplikasi Hermina Mobile.

Registrasi Data Pasien

Sebelum melakukan pendaftaran jadwal dokter, kita harus memiliki akun terlebih dahulu di aplikasi Hermina Mobile. Pendaftaran tidak terbatas untuk pasien yang punya medical record. Untuk pasien baru pun bisa.

Registrasi di Aplikasi Hermina Mobile

Jika sudah pernah melakukan pendaftaran di Hermina atau punya medical record, kita tinggal memasukkan data nomor medical record kita. Nomor medical record bisa diminta ke petugas atau dilihat dari kuitansi pembayaran atau label pada obat yang pernah diberikan pada kita.

Oh iya, sepertinya untuk 1 alamat email, bisa juga digunakan untuk pasien lain yang pernah terdaftar. Misalnya, alamat emailku dipakai juga untuk menambah data anak atau suami. Caranya kita akses menu ‘Add Patient’, lalu tambahkan nomor Medical Record pasien yang ingin ditambahkan.

Booking Jadwal Konsultasi Dokter

Setelah login, pada tampilan home ada berbagai tampilan ikon yang menunjukkan poli rawat jalan yang ada di Rumah Sakit Hermina. Sebelum memilih poli rawat jalan, kita harus memilih dulu poli eksekutif atau poli reguler yang akan dikunjungi.

Tidak semua cabang RS Hermina memiliki poli eksekutif. Untuk RS Hermina Palembang, saat ini ada poli eksekutif juga. Jadi, kalau memang akan datang poli eksekutif, ya kita bisa memilih poli eksekutif langsung di awal.

  • Tentukan poli eksekutif atau reguler dan pilih poli rawat jalan mana yang akan kita datangi.
Aplikasi Hermina Mobile
  • Seleksi cabang RS Hermina terdekat yang akan didatangi. Untuk beberapa poli rawat jalan (seperti gigi), ada sub spesialisnya lagi untuk dipilih. Kemudian, akan muncullah berbagai pilihan dokter yang ada di poli rawat jalan yang kita pilih.
  • Pilih dokter yang akan kita kunjungi. Saat memilih nama dokter, akan muncul jadwal praktek dokter, secara hari dan waktu prakteknya.
  • Tentukan waktu kunjungan lalu akan muncul beberapa pilihan tanggal. Pilih juga tanggal yang diinginkan.
  • Setelah itu, pilih pasien yang akan berobat dan terakhir lalu muncul beberapa pilihan jam untuk kunjungan.
  • Terakhir, akan muncul notifikasi jika proses booking kita sukses

Tips dalam Memilih Jam Kunjungan Dokter

Dalam memilih jadwal dokter, aku pikir kita harus memilih sesuai jam kunjungan yang akan kita datangi. Contoh nih, ada dokter praktek jam 13.00 – 18.00, aku baru bisa datang jam 17.00, ya otomatis aku pilih jam segitu ya di aplikasi.

Ternyata, saat kita registrasi ulang di resepsionis, data registrasi kita tidak terbaca karena urutannya jauh di bawah (dibilang nomor 28). Mungkin diantara jam 14.00 – 18.00 tidak ada pendaftaran dan kosong gitu. Jadi dibilang pendaftaran sudah di-stop.

Petugas registrasi ulang akhirnya menyarankan, biarpun kita baru bisa datang jam 17.00, lebih baik tetap pilih jam di awal saja (seperti 13.00 -13.30) agar masih muncul di sistem yang dibuka oleh petugas tersebut dan urutannya kita pun mendapat nomor awal.

Untuk memilih jadwal dokter, kita juga bisa menggunakan menu ‘Search’ lalu mengisikan nama dokter yang akan dikunjungi. Tapi menurutku ini ribet sih. Aku lebih sering menggunakan menu dari tampilan home.

Mengecek Janji Kunjungan di Aplikasi Hermina Mobile

Jika merasa sudah melakukan pendaftaran tapi lupa sama jadwalnya, kita bisa mengakses menu ‘My Appointment’. Di menu ini, kita bisa lihat jadwal kunjungan kita yang akan datang (upcoming).

Juga ada jadwal kunjungan kita sebelumnya (past). Nah, di bagian ini, kita juga bisa loh melakukan penilaian / memberikan rating untuk dokter yang pernah kita kunjungi.

Oh iya, mendekati jadwal kunjungan kita, akan muncul juga kok notifikasi pengingat dari aplikasi Hermina Mobile. Yang jelas, buatku sebagai salah satu konsumen di RS Hermina Palembang, adanya layanan pendaftaran melalui aplikasi Hermina Mobile ini membantu banget.