Transportasi Pilihan dari Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang

Sumatera Selatan, khususnya Palembang bisa dibilang daerah yang kini semakin banyak dikunjungi oleh wisatawan. Apalagi, sejak ada Asian Games 2018 dan adanya LRT pertama di Indonesia, daya tarik dari Sumatera Selatan, khususnya kota Palembang semakin meningkat. Tak hanya urusan melihat Jembatan Ampera atau makan pempek asli saja.

Sebenarnya, Palembang tak hanya dikunjungi oleh wisatawan yang benar-benar datang untuk berlibur. Tak sedikit orang datang ke Palembang karena menghadiri acara pernikahan atau tugas kantor alias business trip. Beberapa perusahaan besar memiliki cabang di Palembang atau daerah lain di Sumatera Selatan.

Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang merupakan salah satu pintu masuk menuju provinsi Sumatera Selatan. Tak hanya penerbangan domestik saja, bandara ini juga melayani penerbangan internasional.

Beberapa teman yang pernah mengunjungi Palembang tak jarang bertanya kepada saya, “kalau dari bandara Palembang mau ke ‘tempat tujuan’ naik apa enaknya?”. Kalau tak ada halangan dan mereka mau saya jemput sih bakal saya jemput dan antar ke tempat tujuan. Tapi ada juga teman yang datang secara rombongan dan memilih naik transportasi yang ada saja, daripada merepotkan katanya.

Nah, untuk memudahkan teman-teman lain yang mungkin akan berkunjung ke Palembang dengan pesawat dan landing di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, berikut transportasi yang bisa dipilih dari bandara menuju tempat tujuan.

Bus

Untuk melanjutkan perjalanan ke kota Palembang, kita juga bisa menggunakan Bus Rapid Transit (BRT) TRANS MUSI. Namun, kalau model BRT seperti ini kita harus turun di halte-halte yang dilaluinya. Untuk rute Trans Musi dari Bandara SMB II adalah rute pada koridor 5 yaitu Bandara – Alang-Alang Lebar.

Kalau misalnya kita tidak ingin menuju Alang-Alang Lebar, tentunya kita bisa turun di halte tertentu untuk transit dan berganti rute Trans Musi menuju tempat tujuan. Untuk melihat rute Trans Musi dan jadwal keberangkatan, kita bisa menggunakan aplikasi Moovit yang tersedia di AppStore maupun PlayStore.

Pastikan kita tahu halte TransMusi yang paling dekat dengan tempat tujuan, lalu kita bisa memilih rute / koridor yang harus dilewati atau halte transit yang harus didatangi. Ongkos yang harus dikeluarkan untuk perjalanan dengan TransMusi adalah Rp 5.000,-.

Mobil Elf

Prabumulih adalah salah satu kotamadya lain di Sumatera Selatan yang juga kerap dikunjungi (karena ada beberapa perusahaan migas di dekatnya). Untuk memudahkan orang-orang yang berpergian ke Prabumulih, terdapat DAMRI yang melayani rute Bandara SMB II menuju kota Prabumulih dengan armada Elf. Tiket yang dijual seharga Rp 75.000,-. Jadwal keberangkatan DAMRI dari Bandara SMB II ke Prabumuli adalah pukul 07.00 WIB, 09.00 WIB, 11.00 WIB, 14.00 WIB.

Jika membutuhkan informasi terkait DAMRI Bandara SMB-Prabumulih bisa mengontak nomor 0812 7574 4405 atau (0711) 385002. Calon penumpang juga bisa datang langsung ke Area Kedatangan domestik Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II

 

 

Taksi

Taksi di Bandara SMB II secara garis besar terbagi menjadi 2, tak resmi dan resmi. Untuk taksi-taksi tak resmi alias taksi gelap, sebenarnya bisa dicirikan dengan bapak-bapak yang telah menunggu calon pelanggan yang datang di area terminal kedatangan. Tarifnya pun harus nego.

Saya pernah menggunakan jasa taksi non resmi ini. Dari bandara menuju rumah saya yang jaraknya sekitar 15 km, dipatok harga 100 ribu. Agak masuk akal mengingat waktu berangkat saya pakai taksi ‘burung biru’ juga kena sekitar 90 ribu.

Sebelum keluar dari Terminal Kedatangan, kita juga bisa mendatangi stand jasa layanan taksi resmi yang telah beroperasi di Bandara SMB II. Ada 3 jasa layanan taksi bandara resmi yaitu BlueBird, STARCAB, dan Primkopau & Balido.

Ketiganya memiliki kesamaan yaitu dikenai jasa buka pintu yang harus dibayar tunai di stand sebesar Rp 7.000,-. Selanjutnya, dikenai tarif argo per kilo. Armada taksi Blue bird yang telah beroperasi di Palembang adalah sedan Vios dan Avanza baru. Begitu pula Starcab, taksi berlogo kuning ini juga menggunakan armada mobil Avanza. Jika ingin mencoba mobil yang berbeda, bisa memilih taksi Primkopau yang kini menggunakan mobil Wuling sebagai armadanya.

Baca juga : Mau Keliling Palembang, Pake Blue Bird Aja

Beberapa teman pernah mengatakan ada taksi bandara yang nakal alias argonya kuda, suka loncat-loncat jadi berasa mahal banget. Cuma selama ini saya belum pernah dapat pengalaman buruk memakain berbagai armada taksi di bandara.

Kalau taksi online atau ojek online di Bandara SMB II sendiri, berdasarkan cerita dari driver taksi online yang mengantar saya ke bandara, belum masuk dan agak susah bersaing dengan armada taksi gelap yang telah ada. Namun, driver Grab pernah cerita bahwa selama Asian Games 2018 lalu mereka diperkenankan beroperasi di Bandara mengingat Grab adalah salah satu sponsor utama event itu. Tapi, sekarang saya belum tahu kondisi pastinya. 😀

 

LRT / Light Rail Transit

Inilah moda transportasi yang paling baru dan dibanggakan di Palembang. Hehehe. Iya, Palembang sudah punya LRT dan salah satu stasiun LRT ada di Bandara SMB II. Ada 13 stasiun LRT yang telah beroperasi pada tahun 2018 ini. Begitu keluar dari pintu kedatangan, kita bisa jalan kea rah Skybridge yang menghubungkan bandara dengan stasiun LRT. Tarif sekali naik LRT dari dan ke stasiun bandara hanya Rp 10.000, -. Kita bisa turun di stasiun yang paling dekat dengan tempat tujuan.

Bagi pecinta transportasi online, sebenarnya BRT Trans Musi atau LRT bisa menjadi alternatif solusi ‘ke luar’ dari Bandara dan mencari transportasi online. Hal ini lah yang biasa dilakukan beberapa teman. Walaupun LRT ini tidak lewat daerah rumah saya, tapi beberapa teman bilang adanya LRT membantu mereka untuk menghemat ongkos. Mereka akan turun di stasiun yang paling pas untuk melanjutkan perjalanan ke rumah dengan ojek online.

Baca juga : Menjajal Naik LRT Pertama di Indonesia, Apa Rasanya?


Nah, demikian transportasi yang bisa dicoba atau dipilih kalau berkunjung di Palembang via Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II. Mau keliling kota Palembang sama saya? Boleh juga kok 😀

 

 

 

Haiiiii, terima kasih ya telah berkunjung....Aku senang sekali kalau teman-teman mau meninggalkan jejak berupa komentar :)

  1. Wah wah sekarang Palembang udah ada LRT ya 😀
    Belum pernah ke Sumatera, apalagi ke Palembang.. yah semoga satu hari nanti bisa kesana dan nyicipin moda2 transportasinya.
    Salam kenal mbak 🙂