Pertimbangan Memilih WordPress untuk Membangun Website

Pertimbangan Memilih Wordpress

Ketika membangun blog pertama kali, biasanya kita akan dihadapkan pada sebuah pertanyaan, “platform blog apa yang mau dipakai?”. Hal yang sama terjadi pula ketika membangun sebuah website. Pertanyaan tentang platform yang akan dipakai adalah hal yang kerap pertama kali muncul. Hal ini pun saya alami ketika membangun blog dan menjajal membuat website. Pada akhirnya, saya memilih WordPress. WordPress adalah sebuah platform blogging yang kini berkembang menjadi Content Management System (CMS) yang paling banyak digunakan.

Kenalan Dulu dengan WordPress

WordPress mulai dikembangkan oleh Matt Mullenweg dan Mike Little sejak tahun 2003 lalu. WordPress sendiri merupakan open source yang dibangun menggunakan PHP dan MySQL, software open source lain yang kerap digunakan oleh penyedia layanan hosting.

Sifat WordPress yang open source membuatnya mudah untuk dikembangkan dan dimodifikasi oleh penggunanya sesuai dengan kebutuhan. WordPress juga memiliki konferensi tahunan yaitu WordCamp. WordCamp merupakan acara yang memungkinkan para pengguna WordPress maupun developer untuk berbagi ide untuk WordPress.com maupun WordPress.org.

Tampilan Dashboard untuk Memilih WordPress
Tampilan Dashboard WordPress – Pixabay.com

WordPress awalnya dikenal sebagai sebuah platform blog. Namun, saat ini WordPress bukan hanya sekedar platform blog. Melainkan juga Content Management System.

CMS adalah aplikasi web yang mengizinkan pemilik website untuk mengelola website dan membuat konten tanpa perlu repot membangun dari awal atau belajar bahasa pemograman dahulu. Kini, kita tidak hanya bisa membuat blog sederhana, tapi juga membuat website yang keren dengan menggunakan WordPress.

WordPress.com dan WordPress.org, Apa Bedanya?

Setelah menetapkan WordPress yang akan dipakai untuk membuat blog, ternyata kita masih akan dihadapkan dengan pertanyaan baru, “mau pakai yang mana lagi WordPress.com atau WordPress.org?”. Kedua hal yang mirip ini tentu akan membingungkan. Keduanya memiliki tujuan yang berbeda-beda pastinya.

WordPress.com

WordPress.com dapat menjadi pilihan bagi yang ingin mencoba WordPress untuk membuat blog karena gratis alias tanpa biaya. Namun, domain yang akan kita dapatkan adalah namablog.wordpress.com.

WordPress.org

WordPress.org cocok digunakan untuk membuat blog atau website yang lebih professional dan self-hosted dengan domain custom pilihan. Kita dapat menginstalasi platform WordPress lalu mengutak-ngatik sendiri dengan berbagai plug-ins dan theme yang diinginkan.

Agar website yang dibangun dapat berjalan, kita perlu membeli paket WordPress Hosting yang ditujukan untuk mengoptimalkan CMS dari WordPress.

Alasan Memilih WordPress untuk Membangun Website

Nah, setelah mengenal lebih dekat tentang WordPress. Mari sekarang kita membahas, mengapa WordPress layak dipilih untuk membangun blog dan website.

Telah Banyak Dipakai untuk Berbagai Website

WordPress telah digunakan sekitar 30% website di seluruh dunia. Bahkan, website-website besar dunia seperti TechCrunch, The NewYorker, Sony Music, Official Website Beyonce, juga menggunakan WordPress.

Banyaknya website yang berbasis WordPress membuat kita lebih yakin untuk mengembangkan website dengan WordPress karena kehandalan dan kemudahannya.

Cocok untuk Berbagai Jenis Website

WordPress cocok untuk pembuatan berbagai jenis website mulai dari blog, portofolio pribadi, situs bisnis atau organisasi, hingga toko online. Ada berbagai macam plugins dan themes yang mendukung CMS WordPress untuk membangun website sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Kita bisa memilih themes dan plugins mulai yang gratis sampai yang berbayar. Yang perlu diperhatikan adalah dukungan Hosting Indonesia agar proses online dari website yang dibangun menjadi lancar.

Mudah Digunakan

WordPress bisa dibilang CMS yang sangat mudah digunakan. Pastinya, karena ini adalah CMS kita tidak perlu belajar dahulu Bahasa pemrograman agar bisa membangun website.

Kita cukup menginstall WordPress, lalu melakukan konfigurasi sesuai kebutuhan website mulai dari memilih themes dan plugins. Kita juga bisa melakukan setting agar website terindex di Google.

Selain itu, untuk aktivitas lain seperti menulis dan mengedit konten tulisan, mengupload berbagai media, pengelolaan user, setting menu dan halaman pun mudah untuk dilakukan. Semua tinggal klik-klik saja di WordPress.

Banyak Tutorial untuk Pengembangan

WordPress memiliki komunitas online yang kerap melakukan pembahasan dan pengembangan untuk WordPress.

Ada banyak panduan dan tutorial yang tersedia terkait dengan WordPress. Hal ini tentu memudahkan ketika kita menemukan masalah atau mencoba mencari solusi terhadap sebuah permasalahan.

SEO Friendly

WordPress sangat SEO (Search Engine Optimization) Friendly. Struktur yang dibangun untuk WordPress memudahkan mesin pencari (seperti Google) untuk membaca halaman web.

Selain itu, plugins yang mendukung untuk meningkatkan website agar semakin SEO Friendly pun mudah ditemukan di WordPress. Hal ini dibuktikan jika kita mencari keyword tertentu, sering kali website yang menggunakan WordPress ditemukan di pencarian teratas.

Memilih WordPress karena SEO Friendly
Memilih WordPress karena SEO Friendly – Pixabay.com

Keamanan yang Dapat Diandalkan

Banyaknya pengguna WordPress serta sifatnya yang open source bisa dibilang membuatnya rentan terkena serangan hacker.

Keamanan, alasan Memilih WordPress

Namun, tentu WordPress akan selalu meningkatkan keamananannya agar selalu terjamin dan dapat diandalkan. Ada banyak plugins yang bisa diinstall guna meningkatkan keamanan WordPress seperti Akismet, sebuah plugins anti spam di bagian komentar.

Ada Dukungan Aplikasi WordPress Mobile

WordPress juga menyediakan aplikasi WordPress Mobile. Ini memudahkan pengguna untuk memantau dan mengelola websitenya via smartphone. Bagi para blogger, hal ini tentu akan memudahkan ketika kita berinteraksi dengan pembaca yang memberi komentar pada postingan karena kita bisa membalas lebih cepat.


Membeli Hosting WordPress

Nah, demikianlah pertimbangan yang akhirnya membuat saya memilih WordPress ketika membangun website. Jika telah yakin untuk mengembangkan website dengan menggunakan WordPress, kita bisa segera memilih nama domain serta membeli hosting di Qwords, perusahaan yang menyediakan layanan registrasi Domain Name sekaligus hosting untuk meletakkan file website dan akses email di Internet.

Untuk pemula dalam membangun website, Qwords cocok untuk menjadi pilihan karena memiliki layanan 24 jam, sehingga kapanpun kita butuh solusi dari permasalahan, tim Qwords telah siap sedia untuk membantu. Selain itu, ada pula panduan lengkap jika kita ingin mencoba sendiri membangun website setelah membeli domain dan hosting.

Jadi, sudah siap membangun website bersama WordPress juga?

You may also like

5 Comments

Haiiiii, terima kasih ya telah berkunjung....Aku senang sekali kalau teman-teman mau meninggalkan jejak berupa komentar :)