7 Pentingnya Website untuk Bisnis Online

7 Pentingnya Website

Seiring berkembangnya teknologi digital, bisnis pun kini bergerak ke arah online. Tidak lagi konvensional. Para pemilik bisnis online, mulai berjualan menggunakan media apapun sekarang. Termasuk menggunakan website. Webiste memang bisa digunakan untuk mengembangkan bisnis online. Artikel ini akan membahas pentingnya website untuk bisnis online.

Bisnis Online itu Bagaimana Sih?

Melakukan bisnis adalah hal yang kini banyak dilakukan oleh orang-orang. Berbisnis sejatinya adalah proses menjual produk kepada konsumen untuk mendapatkan keuntungan.

Bisnis konvensional biasanya memerlukan tatap muka antara penjual dengan pembeli. Sementara itu, bisnis online adalah kegiatan bisnis yang dilakukan melalui internet atau secara online. Dengan demikian, pemilik bisnis tidak harus bertemu dengan konsumen secara langsung.

Ada banyak media untuk melakukan bisnis online. Mulai dari melakukan promosi di social media, bertransaksi melalui aplikasi chatting, hingga melakukan pembayaran secara online pula. Semua bisa dilakukan dengan mudah oleh siapapun.

Salah satu media yang juga memudahkan sekaligus penting untuk aktivitas bisnis online adalah website. Semua transaksi mulai dari promosi, percakapan dengan konsumen, hingga konfirmasi pembayaran bisa dilakukan melalui website. Maka dari itu, website bisa dibilang sangat penting untuk pengembangan bisnis online.

Website, Sebenarnya untuk Apa?

Website mulai dibuka untuk public oleh Tim Berners Lee pada tahun 1991. Awalnya, website digunakan sebagai media pertukaran informasi bagi para ilmuwan di perguruan tinggi.

Selanjutnya, website dikembangkan untuk tujuan lain seperti bisnis, lembaga pemerintah, situs berita, mesin pencari, dan organisasi. Kini website semakin berkembang dan banyak digunakan untuk bisnis online.

Komponen penting dalam sebuah website adalah domain dan hosting. Pilihlah nama domain yang tepat untuk bisnis. Tak lupa, hubungi layanan hosting yang terbaik untuk mendukung kelancaran bisnis online.

Pentingnya Website untuk Bisnis Online

Pada saat ini, pemilik bisnis banyak yang semakin sadar pentingnya website untuk perkembangan bisnisnya. Bisa dilihat, bahwa website bisnis online kini semakin banyak. Tentu ada alasan mengapa para pebisnis online banyak menggunakan website saat ini. Berikut pentingnya website untuk bisnis online.

Meningkatkan Kredibilitas Perusahaan

Pemilik bisnis online bisa menggunakan website untuk membangun company profile maupun toko online. Dengan demikian, bisnis pun terlihat lebih kredible dan terpercaya.

Melalui website company profile, pemilik bisnis bisa menjelaskan secara lengkap perusahaannya. Dara yang bisa ditampilkan mulai dari sejarah perusahaan, sumber daya perusahaan, produk yang ditawarkan, dan yang paling penting adalah kontak perusahaan. Di website ini, pemilik bisnis bisa merepresentasikan perusahaannya dan menjadi kesan pertama bagi perusahaan kepada konsumen maupun calon rekanan.

Memudahkan Pencarian Calon Konsumen

Website bisnis online tentu akan tercatat pada sistem pencarian seperti Google. Hal ini pastinya akan memudahkan calon konsumen ketika sedang melakukan pencarian produk.

Pada saat ini, hampir setiap informasi akan dicari melalui Google. Mulai dari variasi produk yang diinginkan, hingga lokasi pembelian produk.

Melalui website bisnis online yang dibangun, konsumen bisa langsung mengakses informasi yang kita tampilkan. Jadi, sangat penting membuat website bisnis online.

Mendapatkan Kepercayaan Konsumen

Adanya website bisnis online, bisa membuat konsumen semakin percaya dan yakin. Karena artinya, pelaku bisnis online tampak serius dalam memajukan bisnisnya karena memiliki banyak channel untuk promosi. Website bisa menjadi salah satu kunci sukses kesuksesan bisnis, khususnya bisnis online.

Selalu Terhubung dengan Konsumen

Konsumen bisa kapan pun mencari produk. Buktinya, kalau kita tengah malam gak bisa tidur, bisa saja mendadak buka online shop, iya kan?

Adanya website bisnis online, tentu akan membuat pemilik bisnis bisa terhubung dengan konsumen kapanpun dimanapun. Bahkan ketika pemilik bisnis online beristirahat, konsumen masih bisa mencari produk di website yang selalu online 24 jam.

Selain itu, adanya website online juga bisa menjadi media informasi bagi konsumen. Mulai dari produk terbaru yang masuk toko, promosi yang sedang diadakan, atau hal-hal lainnya. Tentunya, pemilik bisnis harus selalu mengupdate websitenya ya.

Menjadi Etalase Produk yang Dijual

Apapun jenis produk yang ditawarkan, kita bisa menampilkannya melalui website bisnis online. Website menjadi tempat yang cocok untuk menampilkan karya dan produk yang kita jual.

Tentunya, jangan hanya foto saja yang ditampilkan. Tampilkan juga testimoni dari konsumen yang pernah membeli produk kita. Ini bisa jadi menambah kesan positif untuk bisnis online.

Pastikan website bisnis online memiliki hosting yang baik untuk dapat menampilkan produk-produk yang dijual ya.

Sebagai Pusat dari Kegiatan Bisnis Online

Kegiatan bisnis online bisa dijalankan melalui channel manapun. Promosi kini bisa dilakukan melalui social media. Bisa juga dengan mengupload video-video. Selain itu, untuk meningkatkan penjualan, para pemilik bisnis online juga bisa bergabung dan berjualan melalui marketplace.

Namun, pastikan website tetap menjadi pusat dari seluruh kegiatan bisnis online. Ini penting karena pada website, pemilik bisnislah yang memiliki kekuasaan untuk pengaturan. Sementara itu, bisa saja terjadi perubahan kebijakan pada marketplace maupun social media.

Dengan menjadikan website bisnis onlie sebagai pusat dari kegiatan bisnis, kita tidak perlu khawatir jika terjadi perubahan kebijakan di channel lain.

Meningkatkan Target Pasar

Jangkauan online yang luas dapat membuat pemilik bisnis meningkatkan target pasar. Pemilik bisnis bisa saja mendapatkan orderan dari manapun. Mulai dari luar daerah, bahkan luar negeri. Biasanya, faktor keunikan produk bisa menambah peluang untuk memasuki pasar global.


Terlihat kan bahwa website sangat penting untuk perkembangan bisnis online. Jika ingin mengembangkan bisnis dengan membangun website, kita bisa kok melakukannya sendiri agar lebih menghemat biaya.

Caranya pun mudah. Hubungi saja penyedia layanan Hosting Indonesia lalu lakukan pembelian domain dan hosting, seperti Qwords. Layanan hosting ini menyediakan panduan untuk membangun website bisnis online. Secara rinci dan perlahan, kita bisa kok membuat website sendiri untuk bisnis online yang dijalankan.

Jadi, sudah punya website belum untuk bisnis onlinemu? Segera dibuat ya.

You may also like

Haiiiii, terima kasih ya telah berkunjung....Aku senang sekali kalau teman-teman mau meninggalkan jejak berupa komentar :)