Melakukan Optimasi SEO on Page pada Website

Optimasi SEO on Page

Ketika membangun website, tentu kita ingin website kita ramai pengunjung. Selain ramai pengunjung, kita juga ingin website kita menjadi rujukan banyak orang dan muncul di halaman awal mesin pencari seperti Google. Untuk mewujudkannya, perlu dilakukan optimasi pada website. Salah satu upaya untuk mengoptimasi website dengan menerapkan SEO (Search Engine Optimization). Simak ulasan berikut ini untuk melakukan optimasi SEO on Page pada website anda.

Alasan untuk Mengoptimasi Website dengan SEO

Salah satu alasan utama untuk mengoptimasi website dengan SEO adalah untuk mendapatkan posisi yang optimal (sebisa mungkin rangking 1) di mesin pencari (seperti Google).

Setelah kita mendapatkan posisi optimal, secara otomatis website juga akan mendapatkan pengunjung atau traffic. Traffic yang meningkat bisa jadi merupakan tanda adanya pengunjung baru yang ingin mendapatkan informasi dari website kita.

Optimasi SEO on Page
Meningkatkan Traffic Website dengan Optimasi SEO on Page

Selain itu, melalui optimasi, kita dapat membuat website kita semakin dicari orang, semakin populer, dan membentuk brand awareness.

Tentunya, untuk website bisnis, adanya popularitas bisa dikonversikan menjadi sebuah pemasukan. Tak hanya dari traffic dan jumlah klik yang dikonversi menjadi uang. Pengunjung yang datang pun bisa jadi adalah calon konsumen potensial yang akan membeli produk yang kita jual.

Mengenal SEO untuk Mengoptimasi Website

SEO merupakan berbagai usaha yang dilakukan dengan tujuan untuk mempengaruhin rangking atau visibilitas website di mesin pencari seperti Google. Terdapat berbagai teknik-teknik dalam melakukan optimasi website dengan SEO.

Salah satu ciri dari website yang telah teroptimasi dengan baik adalah mudahnya ditemukan website tersebut dalam halaman awal mesin pencari (Google) ketika mengetikkan kata kunci.

Secara umum, SEO dibagi menjadi dua, yaitu SEO on page dan SEO off page.

SEO on Page

Merupakan aktivitas optimasi yang dilakukan di dalam website sendiri agar setiap halaman yang ada memenuhi kriteria SEO yang baik.

Optimasi SEO on page kini semakin mudah dilakukan karena telah ada plugins pendukung yang dapat diinstal di website yang telah dilengkapi Cloud Hosting. Upaya SEO on Page ada baiknya dilakukan oleh pemilik website secara rutin.

Optimasi SEO on Page
Ada berbagai cara SEO untuk Optimasi Website

SEO off Page

Merupakan aktivitas optimasi yang dilakukan di luar website. Biasanya ini dilakukan dengan cara meningkatkan backlink dari website lain menuju ke halaman pada website kita. Intinya, kita berusaha meningkatkan popularitas website kita. Umumnya cara yang dilakukan adalah dengan membagikan link di social media atau forum lain atau blogwalking agar pengunjung website kita meningkat.

Optimasi SEO on Page pada Website

SEO on Page sebaiknya dipelajari dan rutin dilakukan oleh pemilik website, termasuk untuk blogger seperti saya. Setelah membangun website berbasis WordPress, kita bisa melakukan instalasi plugins SEO seperti Yoast.

Plugins SEO adalah tool yang dapat digunakan untuk mengarahkan kita dalam meningkatkan kualitas artikel dan halaman website agar masuk dalam kategori SEO yang baik.

Selanjutnya, SEO on Page pada website juga dapat dilakukan dengan cara-cara sebagai berikut:

Konten Berkualitas dengan Keyword yang Tepat

Menulis konten artikel yang baik, informatif, dan jelas tentu sudah jadi sebuah keharusan bagi pemilik website atau blogger. Konten artikel merupakan bagian penting dari sebuah website.

Maka dari itu, selain artikel harus lengkap dan berkualitas, artikel juga harus tepat sasaran dengan menyertakan keyword yang tepat.

Sebelum menulis artikel, kita dapat melakukan riset keyword atau kata kunci yang tepat. Kini telah banyak tools untuk mencari keyword yang tepat. Dengan memilih keyword yang tepat dan kerap dicari orang, artikel yang kita tulis di website bisa muncul di mesin pencari.

Optimasi SEO on Page

Menyertakan Keyword dalam Komponen Website

Keyword tidak hanya perlu ditampilkan dan disebutkan secara berulang dalam artikel.

Keyword juga harus dimunculkan dalam komponen website seperti judul artikel, deskripsi atau meta deskripsi, permalink atau URL halaman artikel, heading atau sub judul dalam artikel, dan image serta ALT image pada halaman website.

Dengan adanya keyword ini, artikel juga semakin mudah untuk dibaca oleh mesin pencari.

Gunakan Heading agar Artikel Rapi dan Mudah Dibaca

Artikel lengkap dan informatif sangat dicari untuk dibaca. Namun, kemudahan membaca artikel juga sangat penting ternyata.

Kita tentu akan menjadi bingung jika artikel terlampau panjang untuk satu judul. Maka dari itu, memberikan sub judul dengan menggunakan heading adalah salah satu cara untuk memberi kemudahan kepada para pembaca.

Artikel pun dapat menjadi rapi. Pembaca juga dapat memahami isi artikel secara perlahan melalui bagian-bagian dari artikel yang telah diberi sub judul / heading.

Memberikan Referensi Link Lain pada Artikel

Seperti halnya sebuah buku yang di dalamnya berisi daftar pustaka, dalam menulis artikel pada website kita juga dapat memberikan referensi lain untuk topik yang sejenis.

Link Building untuk Optimasi SEO on Page

Referensi tersebut dapat berupa inbound link (link yang mengarah pada halaman lain pada website yang dimiliki) atau outbound link (link yang mengarah pada website lainnya).

Yang menjadi catatan penting adalah, ada baiknya referensi link ditempatkan pada kata-kata yang memiliki keterkaitan dengan topik artikel. Misal kita menulis artikel kesehatan, maka referensi link dapat ditempatkan dalam kata sehat, obat, dan sebagainya.


Demikianlah beberapa cara untuk melakukan optimasi SEO on Page pada website. Tentunya, sebelum melakukan optimasi pada website, kita terlebih dahulu membangun website dengan Hosting Indonesia. Untuk membangun website dengan mudah, kita dapat menghubungi penyedia layanan Qwords.

Setelah memiliki website, jangan lupa lakukan SEO agar websitemu semakin dikenal orang ya.

You may also like

Haiiiii, terima kasih ya telah berkunjung....Aku senang sekali kalau teman-teman mau meninggalkan jejak berupa komentar :)