Di zaman sekarang, banyak yang bilang belajar itu mudah dan bisa dari mana aja. Ya iya sih, sekarang platform untuk belajar online itu banyak banget. Sering kali, platform belajar atau kursus online seperti Udemy, menampilkan video untuk pembelajaran yang runut. Ternyata, membuat video pembelajaran itu mudah dilakukan. Kita bisa membuat video pembelajaran dengan Zoom. Gimana caranya?

Belajar Membuat Video Pembelajaran dengan Zoom

Beberapa waktu lalu, aku sempat mengikuti kelas di Sanbercode.com. Di kelas ini, terdapat tugas harian yang harus dikerjakan. Cara pengumpulannya harus melalui video. Tutor di tempat kursus ini mengajarkan untuk merekam tugas video dengan menggunakan aplikasi Zoom saja.

Sekarang, belajar sering kali melalui media video pembelajaran
Sekarang, belajar sering kali melalui media video

Contoh tugas yang harus dikumpulkan adalah tugas melakukan instalasi WordPress. Setelah melakukan perekaman tugas dan membuat video, aku jadi menyadari sesuatu. Ternyata, untuk membuat video tutorial, video penjelasan/presentasi, atau model video pembelajaran lain, kita bisa menggunakan aplikasi Zoom untuk merekamnya.

Karena aplikasi Zoom ini ada di komputer, maka tentu saja video pembelajaran yang cocok yang modelnya bisa dijelaskan di komputer. Contoh : tutorial instalasi program, tutorial setting program, atau membuat bahan ajar yang penjelasannya menggunakan video lain.

Langkah-Langkah Membuat Video Pembelajaran dengan Menggunakan Aplikasi Zoom

Bagaimana langkah-langkah membuat video pembelajaran dengan menggunakan aplikasi zoom?

Persiapan Pembuatan Video Pembelajaran dengan Menggunakan Aplikasi Zoom

Untuk membuat video pembelajaran dengan aplikasi Zoom, tentu saja kita harus menginstall aplikasi Zoom terlebih dahulu. Setelah itu buka aplikasi Zoom dan login.

Tampilan awal aplikasi Zoom setelah login untuk mulai membuat video pembelajaran dengan zoom
Tampilan awal aplikasi Zoom setelah login

Pastinya juga, kita harus menyiapkan materi pembelajaran. Untuk contoh ini, saya ingin membuat materi terkait dengan “Cara Membuat Kuis Menggunakan Kahoot”. Jadi, saya perlu membuka browser untuk mengakses Kahoot.

Pilih materi untuk membuat Video Pembelajaran dengan Menggunakan Aplikasi Zoom
Karena saya ingin membuat tutorial terkait Kahoot, saya membuka browser saja

Memulai Pembuatan Video Pembelajaran dengan Menggunakan Aplikasi Zoom

Nah, persiapan sudah selesai. Saatnya memulai membuat video pembelajaran dengan menggunakan aplikasi Zoom.

Klik New Meeting ke Aplikasi Zoom

Mulai proses meeting di Kahoot. Pastikan suara bisa masuk dengan jelas untuk membuat video pembelajaran dengan zoom
Mulai proses meeting di Kahoot. Pastikan suara bisa masuk dengan jelas

Pada tampilan awal aplikasi Zoom, kita bisa memilih New Meeting. Setelah itu, pastikan suara kita masuk / terdengar. Ini kondisi saya pakai background tapi menyalakan video. Hehehe

Klik Record untuk Memulai Perekaman

Untuk memulai perekaman pembuatan video pembelajaran dengan Zoom, kita harus klik tombol Record
Untuk memulai perekaman, kita harus klik tombol Record

Untuk memulai perekaman, kita tinggal Klik tombol Record di bagian bawah layar aplikasi Zoom. Misalkan di sela perekaman kita ingin berhenti sejenak, kita bisa menekan tombol Pause nanti. Jika sudah selesai perekaman, kita bisa menekan tombol Stop.

Share Screen Materi Pembelajaran yang Akan Disampaikan

Lakukan share screen pada materi pembelajaran
Lakukan share screen pada materi pembelajaran

Klik tombol Share Screen untuk menampilkan materi pembelajaran yang akan disampaikan. Setelah itu, sampaikan materi pembelajaran yang ingin disampaikan. Jika ingin berganti materi pembelajaran, tinggal klik share screen lagi untuk memilih screen lain.

Setelah menyelesaikan materi yang ingin disampaikan, kita bisa menghentikan share screen dengan stop Share Screen.

End Meeting untuk Menyimpan Rekaman

Untuk menutup rekaman video pembelajaran, kita bisa meng-klik Stop Recording. Setelah recording di-stop, tidak serta merta video akan tersimpan. Untuk menyimpannya, kita harus menyelesaikan meeting terlebih dahulu dengan cara meng-klik End Meeting.

Setelah End Meeting dipilih, Zoom otomatis kembali ke tampilan awal. Namun, ada informasi terkait converting meeting recording sebagai informasi penyimpanan video yang baru saja kita rekam.

Tunggu rekaman membuat video pembelajaran dengan zoom di-convert oleh Zoom setelah meeting selesai
Tunggu rekaman di-convert oleh Zoom setelah meeting selesai

Setelah proses converting selesai, kita bisa mengakses file video di File Eksplorer : Documents – Zoom – Folder Meeting sesuai tanggal dan jam.

Lokasi tersimpannya hasil rekaman meeting Zoom untuk membuat Video Pembelajaran dengan Zoom
Lokasi tersimpannya hasil rekaman meeting Zoom
Bagaimana Kualitas Video Pembelajaran dengan Zoom?

Kalau melihat info Properties – Details dari file video pembelajaran dengan zoom, bisa kita lihat bahwa format video berbentuk mp4, dengan ukuran 640 x 360 pixels (360p). Ukuran yang cukup lah untuk masuk dan ditonton dengan jelas di Youtube.

Yang kadang merasa mengganggu paling di pojok kanan ada muka kita saat melakukan perekaman. Kalau webcamnya kurang bagus, ya terasa tidak terang saja.

Lakukan Editing Video

Agar video menarik, tentunya kita bisa melakukan editing. Misal dengan menambahkan intro terkait judul channel, ajakan untuk like dan subscribe, diberi musik dan subtitle, atau lainnya.

Melakukan pengeditan bisa dengan software editing video. Saya biasanya menggunakan Filmora. Kalau editing sederhana, sekedar menghapus bagian video, biasanya saya pakai Video Editor bawaan Windows saja.

Sudah deh. Tinggal disimpan dan dipublish di platform yang diingkan.

Contoh hasil perekaman video tutorial dengan Zoom

Hal-Hal Lainnya Terkait Video Pembelajaran dengan Zoom

Menurut saya sih, model pembelajaran dengan video ini lebih cocok untuk yang model tutorial gitu ya. Jadi bisa menjelaskan step-by-step secara lengkap dan jelas. Materinya pun yang kira-kira bisa dipahami dan dipraktekan sendiri.

Saya juga merasa sepertinya kalaupun tutorial bagusnya ga panjang-panjang,ya gak sih? Maksudnya, kalau kepanjangan ya dipotong durasinya gitu, bisa dijadikan beberapa video.

Untuk video pembelajaran dengan materi yang membutuhkan interaksi, tentunya pembuat video juga harus menyediakan space untuk area interaksi.

Sebenarnya sih, tak harus pakai aplikasi Zoom saja. Kita bisa menggunakan aplikasi video conference lain, selama ada fitur record dan share screen, seperti Google Meet.

Saya jadi kepikiran, membuat video seperti ini bisa jadi latihan juga ketika kita ingin mempresentasikan sesuatu. Atau malah, merekam presentasi kita dulu sebagai back-up kalau pas hari presentasi ada masalah. Hehehe.

Tetap Semangat Belajar dan Berbagi untuk membuat Video Pembelajaran dengan Zoom
Tetap Semangat Belajar dan Berbagi