Membuat Website Menjadi Lebih Aman dengan SSL Certificate

Membuat Website Menjadi Lebih Aman dengan SSL Certificate

Mungkin sebagian dari teman-teman pernah mengalami menemukan peringatan dari browser, bahwa website yang dikunjungi tidak aman. Rasanya jadi malas untuk mengunjungi website itu lagi. Kalau kamu yang menjadi pemilik website tentu tidak ingin hal ini terjadi. Lalu, bagaimana cara membuat website menjadi lebih aman? Kita bisa menambahkan SSL Certificate untuk membuat website menjadi lebih aman.

Mengenal HTTPS Sebagai Indikator Keamanan Website

Peringatan bahwa “website tidak aman” yang didapatkan dari browser merupakan sebuah tanda bahwa website tersebut dicurigai memiliki konten berbahaya atau penipuan. Website seperti ini diduga melakukan “phising” atau mengandung “malware”. Bisa juga website tersebut memuat skrip dari sumber yang tidak diautentikasi.

Membuat Website Menjadi Lebih Aman dengan SSL Certificate

Biasanya, website dengan awalan HTTP kerap dicurigai sebagai website yang tidak aman. Beberapa tahun terakhir, keamanan website mulai ditingkatkan dengan munculnya protokol HTTPS. Jadi, website dengan awalan HTTPS merupakan website yang aman. Sementara yang memiliki HTTP sudah tidak aman lagi.

HTTP vs HTTPS

HTTP (Hyper Text Transfer Protocol) dan HTTPS (Hyper Text Transfer Protocol Secure) adalah protokol yang digunakan untuk mentransfer informasi antar komputer melalui internet.

Protokol HTTP saat ini dianggap bukanlah protokol yang aman. Ini disebabkan tidak adanya autentikasi atau kita tidak pernah tahu dengan siapa interaksi dilakukan pada saat berselancar di jaringan internet.

Membuat Website Menjadi Lebih Aman dengan SSL Certificate

Sementara itu, HTTPS dengan tambahan kata Secure memiliki pengertian bahwa komunikasi antar komputer (broser pengguna dan server/penyedia website) berlangsung aman. Indikasi website aman juga dapat ditemukan dari address bar pada browser. Terdapat simbol gembok atau tulisan berwarna hijau yang menunjukkan nama website yang dikunjungi.

Membuat Website Aman dengan SSL Certificate

Membuat website menjadi lebih aman dengan mengubah protokol yang digunakan, dari HTTP menjadi HTTPS, bisa dilakukan dengan menambahkan SSL Certificate atau sertifikat SSL. SSL / Secure Socket Layer Certificate atau sertifikat ssl adalah protokol keamanan yang berguna untuk melindungi transaksi di website dengan teknologi enkripsi data yang canggih.

Adanya pemasangan SSL Certificate pada website akan memudahkan ketika bertransaksi dengan pengunjung website. Dulu, biasanya SSL Certificate ini dipakai oleh para pemilik website e-commerce untuk menambah keyakinan pelanggan. Hal ini dilakukan karena pelanggan e-commerce akan bertukar informasi penting seperti data pribadi, nomor rekening, alamat rumah, dan sebagainya.

Pada 2018 lalu, Google membuat kebijakan baru. Website dengan protokol HTTP akan diidentifikasi sebagai website tidak aman. Oleh karena itu, kini pemilik website ada baiknya melakukan migrasi dari HTTP menjadi HTTPS dengan memasang SSL Certificate.

Jenis-Jenis SSL Certificate

SSL dapat dibedakan jenisnya berdasarkan kebutuhan keamanan masing-masing website. Terdapat 3 (tiga) jenis SSL, yaitu :

1.      Domain Validated SSL (DV SSL)

Merupakan SSL yang sering digunakan oleh entry level, perorangan, atau yang membutuhkan SSL secara cepat. Banyak blogger yang memilih menggunakan SSL jenis ini.

DV SSL hanya membutuhkan validasi berupa domain dan email saja. Setelah menggunakan DV SSL, akan tampil bahwa website aman dan terenskripsi.

Jika telah menggunakan SSL ini, ketika mengakses website akan muncul tanda bahwa website telah aman dengan protocol HTTPS dan gembok berwarna hijau.

2.      Organization Validated SSL (OV SSL)

Merupakan SSL yang kerap digunakan untuk website bisnis atau organisasi agar lebih aman dan terpercaya.

Selain email dan domain, untuk mendapatkan OV SSL juga dibutuhkan verifikasi bukti kepemilikan dan dokumen seperti Akta perusahaan. Ini bertujuan untuk memastikan domain terdaftar dengan informasi jelas terkait bisnis, seperti nama, lokasi, dan lainnya.

Mengingat ada verifikasi dokumen, untuk mendapatkan SSL ini prosesnya lebih lama dibandingkan DL SSL.

Indikator protokol HTTPS dan gembok berwarna hijau pada address bar menandakan website telah terpasang OV SSL.

3.      Extended Validated SSL (EV SSL)

Merupakan SSL dengan tingkat keamanan paling tinggi. Ini karena EV SSL merupakan kombinasi antara OV dan DV SSL. Umumnya, EV SSL digunakan oleh website bisnis online atau e-commerce. Ini bertujuan untuk mendapat kepercayaan tinggi serta branding bagi perusahaan.

Untuk mendapatkan EV SSL, dibutuhkan verifikasi dengan beberapa dokumen legal. Oleh karena itu, biasanya perusahaan berbentuk PT atau CV atau situs departemen milik negara menggunakan jenis SSL ini.

Selain indikator berupa protokol HTTPS dan gembok berwarna hijau, pada address bar juga diberikan fitur Green Bar. Ini dapat menjadi branding dengan memberikan nama perusahaan pada Green Bar agar semakin dipercaya pengunjung.

Cara Menambahkan SSL Certificate

Tentu kini teman-teman semakin menyadari bahwa SSL ini sangat penting bagi website atau blog. Website dapat terlihat lebih aman dan professional.

Namun, tentunya kita tetap ingin memasang SSL sesuai dengan kebutuhan karena bisa dipastikan setiap jenis SSL juga memiliki biaya yang berbeda. Maka dari itu, penting untuk mengetahui jenis SSL yang tepat untuk website yang dimiliki.

Membuat Website Menjadi Lebih Aman dengan SSL Certificate

Jika telah memilih jenis SSL, teman-teman dapat menghubungi penyedia layanan Hosting Indonesia seperti Qwords untuk melakukan pemasangan SSL. Tersedia banyak produk dan layanan SSL yang bisa dipilih sesuai kebutuhan dan budget yang dimiliki.

Selain variasi produk dan layanan yang beragam, tersedia pula tutorial lengkap jika ingin melakukan instalasi sendiri. Tim dari Qwords juga siap membantu jika terdapat kebingungan saat melakukan instalasi pemasangan SSL.

Manfaat Menambahkan SSL Certificate

Bisa dibilang, setelah menambahkan SSL Certificate, website menjadi lebih aman. Ini membuat website dapat lebih dipercaya oleh pengunjung. Bagi pemilik e-commerce, pengunjung tidak ragu lagi untuk memberikan data pribadi.

Selain itu, SSL juga dapat memberikan keuntungan dari sisi peringkat dan SEO website. Tentu website yang sudah aman akan lebih direkomendasikan oleh mesin pencari. Dengan demikian, bisa mendapatkan lebih banyak visitor dan peringkat pun menjadi naik.


Kesimpulan

Nah, demikianlah salah satu cara untuk membuat website menjadi lebih aman. Salah satunya yang dibahas pada artikel ini adalah dengan menambah SSL Certificate pada website. Kini, SSL sudah menjadi elemen penting untuk sebuah website. Jangan sampai tidak memasang SSL ya. Tetap pastikan bahwa anda juga memilih jenis SSL sesuai fungsi dan kebutuhan tingkat keamanan masing-masing website

You may also like

1 Comment

Haiiiii, terima kasih ya telah berkunjung....Aku senang sekali kalau teman-teman mau meninggalkan jejak berupa komentar :)