Indonesia Darurat Kabut Asap, Ini Cara yang Tepat untuk Melindungi Diri Dari Bencana Tersebut

Cara Melindungi Diri dari Kabut Asap

Baru-baru ini masyarakat Indonesia dikejutkan dengan video penampakan langit di Muaro Jambi yang memerah lantaran kabut asap yang makin pekat. Dampak kebarakan hutan (karhutla) di Jambi tersebut dapat dikategorikan sangat tidak sehat dan juga membuat aktivitas seluruh masyarakat lumpuh. Tidak hanya di Jambi dan sebagian wilayah Sumatera saja, di Kalimantan pun bencana kabut asap kian merambat ke negera tetangga seperti Malaysia. Untuk itu pemerintah setempat, menganjurkan warganya agar mempelajari cara melindungi diri dari kabut asap terparah di tahun 2019 ini.

Cara Melindungi Diri dari Kabut Asap
Kabut Asap bisa menyebabkan anak tak nyaman beraktivitas di sekolah

Kementrian Kesehatan menjelaskan, kebakaran hutan dapat terjadi secara alami karena 3 faktor yakni lelehan lahar gunung api, petir, dan gesekan antar pohon. Sambaran petir dan gesekan antar pohon dapat berubah menjadi kebakaran hebat apabila mengalami kekeringan panjang. Selain faktor alam, kebakaran hutan juga bisa terjadi karena kegiatan manusia yang disengaja atau tidak disengaja.

Cara Lindungi Diri dari Kabut Asap

Untuk melindungi diri dari kabut asap berkepanjangan, kamu bisa melakukan beberapa cara berikut ini yang sesuai dengan anjuran Kementerian Kesehatan dalam Buku Penanggulangan Krisis Kesehatan (seri kabut asap).

  • Kurangi aktivitas di luar rumah, khususnya bagi penderita gangguan pernapasan dan penyakit jantung.
  • Selalu gunakan masker jika ingin beraktivitas di luar rumah.
Memakai Masker Cara Melindungi Diri dari Kabut Asap
  • Lakukan konsultasi terlebih dahulu untuk mendapatkan perlindungan tambahan bagi penderita yang memiliki gangguan paru dan jantung.
  • Pastikan pintu dan jendela rumah selalu tertutup rapat. Jika dirumah memiliki exhaust fan, maka matikan dan tutup rapat celah yang ada pada exhaust fan tersebut.
  • Terapkan Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS), seperti mengonsumsi makanan bergizi, jangan merokok, dan istirahat yang cukup dengan jangka waktu tidur malam 8-10 jam.
Istirahat Cukup Cara Melindungi Diri dari Kabut Asap
  • Menjaga kebersihan penampungan air minum dan makanan.
  • Alat pendingin udara (AC) selalu digunakan sepanjang waktu. Jika tidak memiliki AC, maka gunakan kain basah diseluruh jendela dan ventilasi. Cuci dan basahkan kembali kain sesuai kebutuhan.
  • Cuci terlebih dahulu sayuran dan buah-buahan yang ingin dikonsumsi.
  • Rajin minum air putih sebanyak 8 gelas per hari.
  • Gunakan air purifier untuk mencegah polusi udara yang buruk masuk ke dalam rumah/sekolah/kantor dan ruang tertutup lainnya.

Baca Juga: Awas, Beberapa Wilayah di Banten dan DKI Jakarta Terancam Kekeringan!

Bahaya Kabut Asap untuk Kesehatan

Pekatnya kabut asap yang melanda sebagian daerah di Indonesia tentunya menimbulkan berbagai penyakit berbahaya. Buku Penanggulan Krisis Kesehatan untuk Anak Sekolah (seri kabut asap) juga membahas apa saja masalah kesehatan yang muncul akibat kabut asap, antara lain:

  • Infeksi Saluran Pernafasan Atas (ISPA)

Walaupun ISPA biasa disebabkan oleh infeksi virus, bukan tidak mungkin bila gangguan pernapasan tersebut dipicu oleh polusi udara yang kian parah dan lemahnya sistem kekebalan tubuh. Dalam situasi seperti itu, infeksi virus akan jauh lebih mudah menyerang tubuh karena berkurangnya kemampuan paru-paru dan saluran pernapasan dalam mengatasi infeksi.

Penyakit Pernafasan Cara Melindungi Diri dari Kabut Asap
  • Asma

Selain faktor genetik, kualitas udara yang buruk juga menjadi faktor seseorang mudah terserang penyakit ini. Kabut asap yang dihirup dapat menyebabkan gangguan layaknya kamu menghirup asap rokok.

  • Penyakit Jantung

Menurut sebuah studi dari California Environmental Protection Agency di tahun 2014, pasien yang terpapar kabut asap dalam jangka waktu lama sangat berisiko terkena stroke karena kabut asap membawa parikel kecil PM2.5 yang dapat masuk ke dalam tubuh lewat saluran pernapasan.

Semakin tuanya usia bumi bisa jadi tanda untuk masyarakat agar selalu menjaga bumi. Jika sudah begini, baik pemerintah maupun warga sudah seharusnya saling bahu-membahu mengatasi permasalahan kabut asap.

Jangan sampai keindahan bumi tidak dapat lagi dinikmati oleh anak cucu kelak. Untuk informasi lebih lanjut mengenai cara penanggulangan kabut asap bisa kamu baca melalui laman situs https://www.cekaja.com/info/darurat-kabut-asap-pahami-dampak-dan-bagaimana-cara-melindungi-diri/.

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *