Mau Miliki Rumah Murah Idaman? Begini Tips Menabung Untuk Para Generasi Milenial

Rumah merupakan salah satu aset properti, yang penting dan menjadi impian banyak orang termasuk para generasi milenial. Meski banyak ungkapan bahwa generasi milenial merupakan generasi yang sulit punya rumah, namun ternyata kini sudah banyak rumah-rumah murah dijual, sehingga milenial masih memiliki kesempatan untuk bisa membeli rumah. Namun, bagaimana cara milenial miliki rumah murah idaman?

Sudah bukan menjadi hal yang tidak mungkin, untuk para generasi milenial memiliki rumah. Karena kini ada banyak cara milenial miliki rumah murah idaman, seperti KPR atau Kredit Pemilikan Rumah. Namun, yang sering menjadi hambatan ketika ingin membeli rumah adalah pembayaran uang muka atau DP. Di mana nomilan uang muka KPR umumnya adalah 15-20% dari harga rumah.

Nah, maka tak heran jika para generasi milenail semakin pusing dengan pembagian penghasilan dan tabungannya untuk menyisipkan dana untuk membeli rumah. Namun, tak perlu khawatir, karena kamu bisa loh menabung uang muka rumah murah, di mana hal ini juga merupakan salah satu cara milenial miliki rumah murah idaman. Yuk langsung saja simak tips nya:

1. Tentukan Target

Agar tidak hanya jadi angan-angan, cara milenial miliki rumah murah idaman sangat bisa dilakukan. Pertama, kamu harus mengetahui kisaran harga rumah murah saat ini, biasanya berkisar antara Rp 300-500 juta. Sedangkan uang mukanya adalah sekitar 15-20%, atau sekitar Rp 45-75 juta. Nah, dana tersebut tentunya bukan nominal yang sedikit bukan untuk milenial?

Maka dari itu, dengan mengetahui jumlah nominalnya, maka kamu bisa mulai memperhitungkan serta mengatur pos-pos keuangan bulananmu mulai dari sekarang.

2. Mengatur Pos Keuangan

Cara milenial miliki rumah murah idaman selanjutnya adalah terus menabung tanpa memiliki keterikatan hutang piutang atau cicilan lain, sehingga kamu bisa lebih fokus untuk menabung DP rumah. Sehingga setiap kamu gajian, kamu bisa langsung memasukan sejumlah nominal yang menjadi targetmu.

Jika perlu, tabungan untuk Dp rumah bisa dipisahkan dengan dana sehari-hari, karena hal tersebut bisa membantu kamu mencegah uang tabungan terpakai tanpa tujuan yang jelas. Namun, meski hal ini wajib dilakukan dan harus konsisten, kamu juga harus tetap menyisihkan uang untuk keperluan lain, karena jika kamu kekurangan uang untuk hidup, hal ini juga tidak akan efektif.

3. Pertimbangkan Biaya Sewa Tempat Tinggal Saat ini

Berbeda dengan milenial yang masih tinggal dengan orangtua, jika kamu merupakan milenial yang merantau, tentunya kamu memiliki tanggungan sewa kos atau kontrakkan. Sehingga, jika kamu berniat untuk menabung DP rumah, diusahakan untuk mencari tempat tinggal di kos atau kontrakan yang murah dan tidak terlalu mahal.

Meski memang akan kurang nyaman, namun, tidak ada salahnya bukan, berkorban demi bisa mengumpulkan dana untuk DP rumahmu sendiri.

4. Menyimpan Dana di tempat yang liquid

Berikutnya, untuk cara milenial miliki rumah murah idaman adalah dengan menabungkan uang kamu atau menginvestasikannya di tempat yang liquid dan tidak berisiko tinggi. Seperti tabungan, deposito, pasar uang atau reksadana. Sehingga, uangmu akan aman tanpa takut dipakai dengan cuma-cuma sehingga tidak sadar kalau uangmu berkurang.

Nah, itu dia beberapa cara milenial miliki rumah murah idaman, terutama untuk menabung membayar DP. Sehingga para milenial tidak perlu takut akan sulitnya memiliki rumah. Terlebih kini Presiden Jokowi disebut akan membangun banyak unit rumah murah bagi masyarakat berpenghasilan rendah di tahun 2019. Tidak hanya penting, memiliki rumah atau properti ini sesegera mungkin juga perlu dilakukan.

Kenapa? Empat alasan mengapa kamu harus segera beli rumah ini mungkin akan membantu membuka pikiranmu, khususnya bagi kaum milenial. Empat alasan tersebut bisa dilihat di link berikut ini: https://www.cekaja.com/info/jokowi-bangun-125-juta-rumah-murah-begini-cara-milenial-bisa-memilikinya/

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *