Hujan Petir Ternyata Baik Untuk Kesehatan, Ini Dia Penjelasannya

 

 Bagi beberapa orang, hujan bisa dirasakan sebagai berkah. Namun, tak sedikit pula orang yang merasa menjadi kesulitan dan repot akibat datangnya hujan. Ya, hujan memang bisa mengganggu. Turunnya hujan bisa membuat ibu-ibu atau anak kos kerepotan karena harus segera mengangkat jemuran. Belum lagi kalau dalam perjalanan, hujan bisa membuat basah kuyup atau lalu lintas menjadi macet bahkan berujung banjir. Tak hanya itu, gemuruh maupun petir yang datang bersamaan dengan lebatnya hujan juga membuat takut sebagian orang.

Walaupun kerap menakutkan, sebenarnya petir memiliki banyak manfaat bagi kesehatan loh, apalagi kesehatan mental. Kok bisa ya? Yuk baca dulu penjelasannya.

  1. Suara Hujan Petir Merupakan Pink Noise
    Sebuah bunyi dengan pola ritmis bisa terbentuk ketika air hujan turun menyentuh tanah. Bunyi-bunyian ini seperti ini merupakan pink noise. Pink noise terjadi pada sejumlah suara alami, seperti suara arus lalu lintas, suara hujan, sampai detak jantung.

    Source : Bibukhalyan Acharya (pexels.com)

    Kategori bunyi pink noise adalah kebisingan yang berada di rentang frekuensi 20Hz sampai 20.000 Hz. Pink noise memiliki volume lebih rendah pada frekuensi tinggi sehingga menurut beberapa penelitian mampu meningkatkan kualitas tidur. Jadi buat kamu yang insomnia, bisa dicoba nih, tidur saat turun hujan, atau putar suara hujan petir dari internet. Pink noise diyakini dapat meningkatkan produktivitas dan konsentrasi, jadi bisa saja tidur kamu jauh lebih nyenyak.

  2. Suara Hujan Petir Diingat Sebagai Suara yang Tidak Mengancam
    Menurut psikolog Emily Mendez, seperti dikutip Health Line, hujan memiliki pola yang diprediksi, sehingga otak manusia memprosesnya sebagai suara yang tidak mengancam.

    Source : Matheus Bertelli (pexels.com)

    Karena hal tersebut jugalah, ketika mendengar suara hujan, kita bisa tetap merasa tenang. Walau, hujan tersebut disertai petir.

  3. Aroma Tanah Basar, Membawamu Ketenangan untuk Kembali Ke Masa Lalu
    Banyak orang yang merasa suka dengan aroma hujan. Termasuk aku. Bau khas tanah basah selepas hujan memang membuat nyaman. Hujan memang erat dikaitkan dengan petichor, aroma alami yang dihasilkan saat hujan jatuh di tanah kering.

    Source : pixabay.com

    Banyak orang menyenangi aroma hujan disebabkan oleh adanya koneksi langsung antara indra penciuman dengan dua area otak yang mengatur emosi dan memori, yaitu amigdala dan hippocampus. Nah, jadi tahu kan kenapa kenangan masa lalu bisa sering muncul saat hujan. Ingatan positif di masa lalu bisa membuatmu tenang dan nyaman.

  4. Suasana Dingin Saat Hujan Petir yang Membuat Nyaman
    Pernah merasa cenderung mellow saat hujan? Wajar saja, karena memang langit kelabu dan hujan petir memang membuat orang galau.

    Source : Kristina Paukhtite (pexels.com)


    Eits
    , galau memang bukan hal positif, tetapi galau yang disebabkan oleh suasana hujan biasanya karena kamu menikmati hujan tersebut. Dengan tidak adanya sinar matahari, otak menghasilkan melatonin disintesis dari serotonin. Melatonin ini lah yang menyebabkan kamu menjadi mudah tidur. Hormon ini juga lah yang mampu melindungi seseorang dari efek negatif stres.

 

Nah, itu lah mengapa saat hujan petir kamu menjadi lebih rileks dan nyaman, stres dan depresi juga berkurang. Sekarang masih merasa bahwa hujan merepotkan tidak?

 

You may also like

2 Comments

Haiiiii, terima kasih ya telah berkunjung....Aku senang sekali kalau teman-teman mau meninggalkan jejak berupa komentar :)