D’Sultan Stable : Tempat Berlatih Memanah dan Berkuda di Palembang

“Ajarilah anak-anak kalian berkuda, berenang dan memanah” (HR Bukhari Muslim).

Sejak beberapa tahun terakhir, memanah memang semakin banyak penggemarnya. Aku rasa semua itu bukan hanya karena anjuran yang tertuang dalam hadis Rasulullah saja, ada pula yang tertarik memanah karena sosok Katniss Everdeen dari film The Hunger Games.

New photo by Faridilla Ainun (fainun) / Google Photos

Keinginan untuk mencari tempat untuk kegiatan anak yang mungkin bisa membuat anak mengenal alam dan belajar membawaku ke D’Sultan Stable. Ada kudanya bisa dinaiki, bisa berlatih panahan juga. Sesimpel itu saja alasanku.

Sabtu pagi, seperti biasa rombongan sirkus alias aku, bojo, dan Mahira menuju D’Sultan Stable di Jalan Pagar Dewa. Mudah saja tempat ini dicari karena di Google Maps sudah ada. Walaupun begitu, sempat ragu karena jalan masuk masih tanah dan seperti hanya lahan kosong saja. Sangat tidak dianjurkan ke tempat ini setelah hujan karena jalan tanah rawan licin dan membuat roda mobil terperosok.

New photo by Faridilla Ainun (fainun) / Google Photos
New photo by Faridilla Ainun (fainun) / Google Photos

Mendekati area D’Sultan Stable, kami disodorkan pemandangan kuda yang sedang merumput alias makan di lahan lapang. D’Sultan Stable ini sepertinya memang menjadi lokasi untuk komunitas yang menggeluti panahan dan berkuda di Palembang. Terdapat bangunan kecil yang sebenarnya lokasi kandang para kuda. Ada 4 kuda yang dimiliki D’Sultan Stable : Audi, Al-Adiyat, Sabili, dan Pinto.

New photo by Faridilla Ainun (fainun) / Google Photos

Saat kami datang, memang waktunya kuda-kuda tersebut ‘dipanasi’ alias keluar kandang sekaligus untuk makan. Terdapat area tempat duduk di dekat kandang kuda. D’Sultan Stable juga menjual minuman dingin. Di dalam area bangunan, dekat kandang kuda, ada lokasi untuk latihan panahan. Sayangnya, saat kami datang pelatihnya belum ada. kami pun tak bisa mencoba panahan.

Awalnya aku ingin mengajak anak naik kuda. Ketika Mahira ditanya, ia bilang mau. Tapi menonton kuda makan dulu dari jauh. Setelah 15 menit ditanya lagi dia baru berdiri dan lari ke arah kuda.

New photo by Faridilla Ainun (fainun) / Google Photos
New photo by Faridilla Ainun (fainun) / Google Photos
New photo by Faridilla Ainun (fainun) / Google Photos

Petugas pun menyiapkan kuda yang mau diajak keliling area. Untuk weekend, biaya keliling area (gak luas amat sih) sekitar Rp 50.000.- untuk 2 putaran. Kuda harus dipasangi pelana dan disisir terlebih dahulu. Kita pun diperkenankan naik ke kuda dengan tangga. Sayangnya, baru semeter, Mahira udah minta turun. Yaudah, aku deh yang naik. Oh iya, kuda yang aku tunggangi tadi namanya Audi dan bukan kuda lokal, jadi agak besar menurut petugasnya. Ada kuda pacu lain yang lebih besar.

Petugas D’Sultan akan memegangi dan menemani selama kita berkeliling dengan kuda. Oh iya, waktu aku tanya sebelumnya boleh ga naik ibu dan anak, dijawab ga boleh. Harus satu-satu. Ya iyalah, kasian juga kudanya kalau keberatan.

New photo by Faridilla Ainun (fainun) / Google Photos

Di salah satu sudut bangunan, dipasang foto yang menampilkan audensi D’Sultan Stable untuk menjadi obyek wisata baru di Palembang. Hmmm, kalau aku sendiri sih merasanya ada potensi menjadi wisata edukatif. Tapi mungkin paketnya tak hanya berkuda dan memanah. Lahan yang tampak luas mungkin bisa dimanfaatkan sebagai kebun buah sekalian. area masih kurang luas, jalan masuk pun ada baiknya lebih diperbaiki.

Kalaupun ada rombongan yang mau datang ke tempat ini, apalagi keluarga dan bawa anak, aku sarankan tidak lebih dari 15 orang sih karena tempatnya kecil. Untuk parkir juga tak terlalu luas.

D’Sultan Stable menjual minuman dingin. Tak sempat bertanya juga apakah jual makanan, karena kebetulan datang kondisi kenyang. Tapi ada baiknya bawa bekal makanan sendiri.

Kalau ditanya recommended gak untuk didatangi? Selama ekspektasi tak terlalu tinggi, tak terlalu lama juga rencana main, masih lumayan lah untuk anak melihat kuda. Kalau memang mau serius berlatih sih, memang sepertinya tempat ini yang paling bisa aku rekomendasikan. Oh iya, kayaknya kalau mau pre-wedding pakai kuda bisa juga deh di tempat ini. Lumayan cocok untuk foto pre-wedding.

D’Sultan Stable

Jl. Karya Baru, Karya Baru, Alang Alang Lebar, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30961

Instagram : https://www.instagram.com/dsultan_stable/

Maps :

You may also like

Haiiiii, terima kasih ya telah berkunjung....Aku senang sekali kalau teman-teman mau meninggalkan jejak berupa komentar :)