Memberi Vitamin A Untuk Anak

Bulan Februari dan Agustus, menjadi bulan vitamin A. Orang tua dapat memberi vitamin A untuk anak secara gratis di bulan ini. Kenapa sih harus memberi vitamin A untuk anak? Bagaimana mendapatkannya? Simak ulasannya berikut ini.

Bulan Vitamin A Saatnya Memberi Vitamin A untuk Anak

Pemerintah telah mencanangkan bulan Februari dan Agustus sebagai Bulan Vitamin A. Pada bulan tersebut, diberikan Vitamin A dosis tinggi untuk bayi dan balita usia 6-59 bulan.

Terdapat 2 jenis vitamin A, yaitu Kapsul Biru (dosis 100.000 IU) untuk bayi 6-11 bulan dan Kapsul Merah (dosis 200.000 IU) untuk balita 12-59 bulan. Dengan warna yang khas, kita bisa lebih tau mana yang tepat untuk anak kita ya.

Bulan Vitamin A untuk Anak
sumber : https://kesmas.kemkes.go.id/

Pemberian vitamin A dilakukan berulang setiap 6 bulan (2x setahun) sebagai pencegahan kekurangan Vitamin A dan kebutaan serta penurunan kejadian kesakitan dan kematian pada balita. Sebuah pesan yang disampaikan oleh Kementerian Kesehatan “Mataku Sehat, Tubuhku Kuat karena Kapsul VITAMIN A”.

Pentingnya Memberi Vitamin A untuk Anak

Waktu sekolah dulu, di pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), kita belajar tentang beragam jenis zat dalam makanan salah satunya vitamin A. Ingat sekali, selalu dikatakan kalau vitamin A banyak terkandung di bahan makanan yang berwarna jingga atau merah seperti wortel, pepaya, dan tomat. Vitamin A sangat baik untuk mata. Itu yang selalu saya ingat.

wortel salah satu sumber vitamin a untuk anak

Vitamin A merupakan zat gizi penting bagi manusia. Zat gizi ini tidak dapat dibuat oleh tubuh alias harus dipenuhi dari asupan luar (makanan) seperti produk hewani (daging, telur, susu, hati), produk nabati (wortel, bayam, kol, brokoli, semangka, melon, pepaya, mangga, tomat, dan kacang polong), dan bahan pangan lain (minyak goreng, margarin), serta kapsul vitamin A untuk bayi dan balita.

Vitamin A penting untuk kesehatan mata dan mencegah kebutaan. Vitamin A juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Anak yang mendapat vitamin A, akan lebih kebal apabila terkeda diare, campak, atau penyakit infeksi lain.

Lebih kebal bukan berarti tidak mungkin terjangkit ya, tapi bisa saja efeknya tidak terlalu parah sehingga tidak membahayakan jiwa anak. Sudah banyak kasus kematian anak bayi dan balita akibat penyakit infeksi.

Pemerintah melalui program pemberian vitamin A ini, tentu mengharapkan angka kematian semakin menurun, kelangsungan hidup semakin tinggi, anak semakin sehat, tumbuh dan berkembang.

Rutin Memberi Vitamin A untuk Anak

Saat anak berusia 2 bulan di bulan Agustus, aku mendapat informasi bahwa bulan Agustus dan Februari merupakan Bulan Vitamin A. Di bulan ini, pemerintah secara gratis membagikan Vitamin A untuk anak-anak usia 6-59 bulan.

Karena belum masuk usia yang mendapatkannya, maka akupun menunggu sampai bulan Februari. Saat anak menginjak usia 8 bulan, aku pun memberi Vitamin A untuk anak.

Penyaluran Vitamin A dilakukan melalui Puskesmas atau Posyanduk secara gratis. Jika di area tempat tinggal terdapat Posyandu, maka orang tua tinggal datang saja. Karena di lingkungan komplekku tidak ada Posyandu, aku pun mendatangi Puskesmas terdekat untuk mendapatkan vitamin A.

proses pemberian vitamin a untuk anak

Memberi vitamin A untuk anak akhirnya rutin saya lakukan. Sampai anak berusia 3 tahun, setiap bulan Februari dan Agustus saya kerap mendatangi puskesmas.

Namun, sejak anak sekolah, biasanya petugas Puskesmas akan menitipkan kapsul vitamin A kepada pihak sekolah. Selanjutnya, pihak sekolah yang menyampaikan kepada orang tua. 

 Proses Pengambilan Vitamin A di Puskesmas

Untuk mengambil vitamin A di Puskesmas sebenarnya cukup mudah. Tidak perlu pendaftaran atau membawa apapun. Kita tinggal menyampaikan saja ke petugas Puskesmas bahwa kita ingin meminta vitamin A untuk anak.  

Selanjutnya, petugas akan menanyakan nama anak, tanggal lagir anak, nama orang tua, dan alamat tempat tinggal (beserta RT dan RW). Jika data telah lengkap, petugas akan memberikan vitamin A sesuai usia anak. 

Memberi vitamin A dapat dilakukan secara mandiri oleh orang tua. Cukup gunting kapsul vitamin A dan teteskan ke mulut anak. Saya sih ga nyium baunya ya, cuma sepertinya warnanya agak kekuningan gitu. Jadi ingat kapsul minyak ikan. 


Nah, dengan beragam manfaat yang ada dari Vitamin A, apalagi diberikan secara gratis, jangan terlewat untuk memberi vitamin A untuk anak ya. Datangi saja Posyandu atau Puskesmas terdekat di bulan vitamin A (Februari dan Agustus), untuk mendapatkan kapsul vitamin A.

Semoga in jadi cara kita untuk selalu menjaga kesehatan anak, sehingga ia pun tumbuh sehat dan bahagia.

Related Posts

4 thoughts on “Memberi Vitamin A Untuk Anak

  1. Saya jadi teringat dimana sehari sebelum saya berangkat ke Taiwan untuk ikut suami, tetangga mengajak untuk mengambil vitamin A untuk bayi saya. Bulan Agustus kalau ngga salah, walau saya lega karena dapat vitamin tersebut, tapi hanya satu kali hiks. Sementara di Taiwan programnya berbeda untuk bayi. Semoga tak menjadi masalah kedepannya.
    Salam kenal mbak ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published.