Mengunjungi Openship KRI Dewa Ruci di Palembang

Mengunjungi openship kri dewaruci

Masuk dan melihat langsung kapal perang yang dimiliki oleh Indonesia bukanlah hal yang dapat dilakukan setiap saat. Apalagi, di Palembang ini. Beruntung, pernah ada sebuah kapal perang yang mampir di perairan Sungai Musi, Palembang. Kapal perang legenda milik Indonesia yaitu KRI Dewaruci pada tahun 2018 lalu datang ke Palembang. Ini cerita kami saat mengunjungi openship KRI Dewaruci di Palembang.

Sekilas Tentang KRI Dewaruci Indonesia

KRI Dewaruci adalah salah satu kapal perang milik TNI Angkatan Laut Indonesia. KRI Dewaruci digunakan sebagai kapal pelatihan bagi taruna atau kadet dari Akademi Angkatan Laut yang berada di Surabaya. Oleh karena itu, KRI Dewaruci pun berbasis di Surabaya.

Mengunjungi Openship KRI Dewa Ruci di Palembang

Nama Dewaruci sendiri berasal dari nama seorang dewa dalam kisah pewayangan Jawa. KRI Dewaruci menjadi salah satu kapal legendaris milik TNI AL. Mulai memperkuat TNI AL sejak tahun 1953, KRI Dewaruci telah menorehkan banyak prestasi. Bahkan, kapal kayu ini pernah melakukan pelayaran muhibah keliling dunia sebanyak dua kali.

KRI Dewaruci bisa dibilang mengingatkan kita akan kejayaan bangsa Indonesia sebagai negara maritim. Kita juga pasti pernah mendengar lagu “nenek moyangku seorang pelaut”, melihat KRI Dewaruci bisa menjadi salah satu permulaan menanamkan hal tersebut kepada anak.

Mengunjungi KRI Dewaruci di Palembang

KRI Dewaruci mampir di Pelabuhan Boom Baru Palembang pada 16 Agustus 2018 lalu dalam rangka pelayaran KRI Dewaruci Jelajah Nusantara 2018. Hadirnya KRI Dewaruci menyemarakkan perhelatan Asian Games XVIII di mana Palembang menjadi salah satu tuan rumahnya.

Menurut info, kunjungan ke KRI Dewaruci bisa dimulai sejak tanggal 17- 19 Agustus 2018. Tak ingin kehilangan momen, kami segera meluncur ke Pelabuhan Boom Baru sesaat setelah upacara bendera di kantor.

Mengunjungi Openship KRI Dewa Ruci di Palembang

Saya membawa anak beserta beberapa teman akhirnya main ke Pelabuhan Boom Baru. Biasanya, pelabuhan ini ramai dikunjungi untuk orang-orang yang ingin menyebrang ke Pulau Bangka menggunakan kapal laut. Selain itu, Pelabuhan Boom Baru juga dekat dengan terminal pelabuhan milik Pelindo II yang digunakan sebagai pelabuhan bongkar muat.

Ini pertama kalinya kami main ke Pelabuhan Boom Baru untuk melihat kapal perang yang bersandar. Untuk melihat KRI Dewaruci, kita harus berjalan dari parkiran ke dermaga sandar yang lumayan jauh. Jika beruntung, ada mobil box yang bisa membawa penumpang menuju dermaga.

Berkeliling Kapal Legendaris dan Melihat Pelayaran

Apa saja yang bisa dilihat di KRI Dewaruci? Ketika masuk, kita bida melihat bagaimana struktur kapal yang terbuat dari kayu namun terlihat kokoh. Tiang-tiang layar tinggi yang menjulang sempat membuat terpesona. Seandainya saja dapat melihat kapal ini berlayar dengan layar terkembang.

Untuk anak-anak yang lebih besar, juga bisa dikenalkan dengan bendera-bendera yang berkibar di tiang-tiang dekat layar KRI Dewaruci. Anak-anak bisa diajak menghafalkan bendera negara lain serta diceritakan tentang hal-hal unik di negara tersebut.

Mengunjungi Openship KRI Dewa Ruci di Palembang

Ada keunikan dari bendera di KRI Dewaruci. Ada bendera berwarna hitam bergambar tengkorak. Sekilas jadi teringat dengan bendera bajak laut. Tapi ternyata, ini bukan bendera bajak laut tapi lambang skull and bone di beberapa buku sejarah menunjukkan lambang kesuksesan.

Rasa penasaran sebenarnya juga timbul ketika ingat kapal ini pernah berkeliling dunia. Kira-kira awak kapal tidur di mana ya? Bagaimana makan di kapal? Dan banyak pertanyaan lainnya. Awak-awak kapal dari KRI Dewaruci pun dengan ramah menjelaskan tentang kapal ini. Jika anak-anak sudah mulai mengenal profesi tentara, bisa mencari tahu pula.

Beruntung, kami juga sempat melihat kapal ini berlayar. Sempat ada upacara kecil yang dilakukan di kapal ini. Jadi tak hanya berfoto di dalamnya. Kami sempat melihat bagaimana kapal ini meninggalkan dermaga. Ternyata, ada kapal lain yang mengiringi.

Mengunjungi Openship KRI Dewa Ruci di Palembang

Sampai jumpa kembali KRI Dewaruci. Semoga ada openship KRI lain di Palembang.

You may also like

Haiiiii, terima kasih ya telah berkunjung....Aku senang sekali kalau teman-teman mau meninggalkan jejak berupa komentar :)