Membuat presentasi merupakan hal yang kerap kali dilakukan dalam bisnis. Entah untuk mempresentasikan tugas, produk, atau proposal lainnya. Presentasi juga kerap ditampilkan sebagai bahan ajar di kelas-kelas, baik offline maupun online. Di era digital sekarang, kita dapat mengerjakan tugas-tugas, termasuk membuat presentasi secara online. Inilah website dan aplikasi untuk membuat presentasi secara online.

PowerPoint : Website dan Aplikasi Presentasi dari Microsoft

Tentu sudah tak asing dengan yang namanya Microsoft PowerPoint. Jika teman-teman telah nyaman menggunakan PowerPoint dalam offline, mungkin juga tak akan sulit ketika menggunakannya secara online.

Secara tampilan, tak ada bedanya PowerPoint secara offline dan online. Namun, tentu ada pembatasan-pembatasan fitur. Namanya juga gratisan. Kalau untuk PowerPoint di aplikasi desktop kan kita harus membelinya.

Untuk mencoba PowerPoint online bisa melalui link ini atau untuk aplikasinya di sini. Oh iya, untuk data-data PowerPoint online akan tersimpan dalam OneDrive milik Microsoft. Di PowerPoint online kita juga bisa berkolaborasi dengan teman untuk pengerjaan presentasinya.

Google Slides : Website dan Aplikasi Presentasi dari Google

Google sejak beberapa waktu yang lalu juga telah mengembangkan website dan aplikasi untuk bekerja, mulai dari Docs (mengelola dokumen), Sheets, Form, serta Slides untuk presentasi.

Google Slides dapat diakses secara gratis pada situs ini atau aplikasi ini. Google Slides memungkinkan kita melakukan kolaborasi dalam penyusunan presentasi. Jika melakukan kolaborasi, kita dapat melihat history pekerjaan yang dilakukan rekan satu tim terhadap file presentasi.

Oh iya, jika kita membuat file offline dari PowerPoint, kita juga bisa mengupload lalu mengedit secara online di Google Slides. File-file Google Slides secara online akan tersimpan pada Google Drive.

Tema-tema yang disediakan oleh Google Slides sebenarnya terbatas. Namun, aku sering mengupload tema dari Slidesgo, salah satu situs penyedia tema gratis.

Slidesgo menyediakan tema gratis yang keren dengan iconpack
Slidesgo menyediakan tema gratis yang keren dengan iconpack

Canva untuk Membuat Presentasi Secara Online

Website dan aplikasi Canva rasanya sudah tak asing lagi untuk teman-teman yang suka membuat konten dengan desain menarik. Tak hanya konten untuk sosial media saja, Canva juga menyediakan template untuk presentasi.

Membuat Presentasi Secara Online

Keunggulan dari Canva tentu template yang menarik dengan desain keren, serta icon-icon dan gambar yang bisa didownload secara gratis.

Mempresentasikan file dari Canva pun bisa dilakukan. Untuk animasi yang dapat diberikan pada file tidak terlalu banyak dan lebih kepada animasi untuk slide secara keseluruhan (bukan per komponen).

Jika ingin mendownload file presentasi yang dibuat di Canva dalam bentuk file PowerPoint pun bisa dilakukan. Jika ingin fitur lebih, teman-teman bisa saja berlangganan Canva Premium.

Adobe Spark untuk Membuat Presentasi Secara Online

Bisa dibilang, Adobe Spark ini adalah website dan aplikasi yang mirip seperti Canva. Memiliki keunggulan untuk membuat design yang indah, tipografi yang keren, icon yang dapat ditambahkan secara langsung, serta themes yang juga telah tersedia dan terasa berkelas.

Membuat Presentasi Secara Online

Adobe Spark memungkinkan kita untuk berkolaborasi dalam mendesain sebuah presentasi. Sayangnya, untuk animasi tidak dapat ditambahkan. Saat akan melakukan presentasi pun layaknya kita membuka website, hanya scroll-scroll ke bawah saja.

Untuk mencoba Adobe Spark bisa melalui situs ini atau aplikasi ini.

Prezi

Prezi merupakan salah satu web untuk membuat presentasi yang sedikit berbeda. Prezi menggunakan Zooming User Interface (ZUI) dan membuat presenter dapat menceritakan sesuatu dengan gaya story telling yang lebih terarah.

Secara visual, ketika menggunakan Prezi, aku merasa lebih percaya diri karena menampilkan hasil yang berbeda dibanding PowerPoint. Animasi memang sebatas zoom-in dan zoom-out saja. Di Prezi, kita bisa juga menambahkan video, gambar, dan suara.

Jika ingin mencoba Prezi, bisa cek websitenya .


Nah, demikianlah beberapa website dan aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat presentasi secara online. Sebenarnya masih ada beberapa website lainnya. Tapi kelima website inilah yang kerap aku pakai.