Website dan Aplikasi Untuk Membuat Presentasi Secara Online

Website dan Aplikasi Untuk Membuat Presentasi Secara Online

Membuat presentasi merupakan hal yang kerap kali dilakukan dalam bisnis. Entah untuk mempresentasikan tugas, produk, atau proposal lainnya. Presentasi juga kerap ditampilkan sebagai bahan ajar di kelas-kelas, baik offline maupun online. Di era digital sekarang, kita dapat mengerjakan tugas-tugas, termasuk membuat presentasi secara online. Inilah website dan aplikasi untuk membuat presentasi secara online.

PowerPoint : Website dan Aplikasi Presentasi dari Microsoft

Tentu sudah tak asing dengan yang namanya Microsoft PowerPoint. Jika teman-teman telah nyaman menggunakan PowerPoint dalam offline, mungkin juga tak akan sulit ketika menggunakannya secara online.

Secara tampilan, tak ada bedanya PowerPoint secara offline dan online. Namun, tentu ada pembatasan-pembatasan fitur. Namanya juga gratisan. Kalau untuk PowerPoint di aplikasi desktop kan kita harus membelinya.

Untuk mencoba PowerPoint online bisa melalui link ini atau untuk aplikasinya di sini. Oh iya, untuk data-data PowerPoint online akan tersimpan dalam OneDrive milik Microsoft. Di PowerPoint online kita juga bisa berkolaborasi dengan teman untuk pengerjaan presentasinya.

Google Slides : Website dan Aplikasi Presentasi dari Google

Google sejak beberapa waktu yang lalu juga telah mengembangkan website dan aplikasi untuk bekerja, mulai dari Docs (mengelola dokumen), Sheets, Form, serta Slides untuk presentasi.

Google Slides dapat diakses secara gratis pada situs ini atau aplikasi ini. Google Slides memungkinkan kita melakukan kolaborasi dalam penyusunan presentasi. Jika melakukan kolaborasi, kita dapat melihat history pekerjaan yang dilakukan rekan satu tim terhadap file presentasi.

Oh iya, jika kita membuat file offline dari PowerPoint, kita juga bisa mengupload lalu mengedit secara online di Google Slides. File-file Google Slides secara online akan tersimpan pada Google Drive.

Tema-tema yang disediakan oleh Google Slides sebenarnya terbatas. Namun, aku sering mengupload tema dari Slidesgo, salah satu situs penyedia tema gratis.

Slidesgo menyediakan tema gratis yang keren dengan iconpack
Slidesgo menyediakan tema gratis yang keren dengan iconpack

Canva untuk Membuat Presentasi Secara Online

Website dan aplikasi Canva rasanya sudah tak asing lagi untuk teman-teman yang suka membuat konten dengan desain menarik. Tak hanya konten untuk sosial media saja, Canva juga menyediakan template untuk presentasi.

Membuat Presentasi Secara Online

Keunggulan dari Canva tentu template yang menarik dengan desain keren, serta icon-icon dan gambar yang bisa didownload secara gratis.

Mempresentasikan file dari Canva pun bisa dilakukan. Untuk animasi yang dapat diberikan pada file tidak terlalu banyak dan lebih kepada animasi untuk slide secara keseluruhan (bukan per komponen).

Jika ingin mendownload file presentasi yang dibuat di Canva dalam bentuk file PowerPoint pun bisa dilakukan. Jika ingin fitur lebih, teman-teman bisa saja berlangganan Canva Premium.

Adobe Spark untuk Membuat Presentasi Secara Online

Bisa dibilang, Adobe Spark ini adalah website dan aplikasi yang mirip seperti Canva. Memiliki keunggulan untuk membuat design yang indah, tipografi yang keren, icon yang dapat ditambahkan secara langsung, serta themes yang juga telah tersedia dan terasa berkelas.

Membuat Presentasi Secara Online

Adobe Spark memungkinkan kita untuk berkolaborasi dalam mendesain sebuah presentasi. Sayangnya, untuk animasi tidak dapat ditambahkan. Saat akan melakukan presentasi pun layaknya kita membuka website, hanya scroll-scroll ke bawah saja.

Untuk mencoba Adobe Spark bisa melalui situs ini atau aplikasi ini.

Prezi

Prezi merupakan salah satu web untuk membuat presentasi yang sedikit berbeda. Prezi menggunakan Zooming User Interface (ZUI) dan membuat presenter dapat menceritakan sesuatu dengan gaya story telling yang lebih terarah.

Secara visual, ketika menggunakan Prezi, aku merasa lebih percaya diri karena menampilkan hasil yang berbeda dibanding PowerPoint. Animasi memang sebatas zoom-in dan zoom-out saja. Di Prezi, kita bisa juga menambahkan video, gambar, dan suara.

Jika ingin mencoba Prezi, bisa cek websitenya .


Nah, demikianlah beberapa website dan aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat presentasi secara online. Sebenarnya masih ada beberapa website lainnya. Tapi kelima website inilah yang kerap aku pakai.

Related Posts

32 thoughts on “Website dan Aplikasi Untuk Membuat Presentasi Secara Online

  1. Selama ini baru pakai Power Point dan Canva termasuk untuk bikin materi presentasi. Belum pernah coba Google Slides, Adobe Sparks dan Prezi . Memudahkan sekali semua apliasi ini ya, membantu persiapan presentasi kita

  2. Asik nih aku jadi tahu deh beberapa aplikasi buat bikin presentasi. Keren ya dan caranya sepertinya ga terlalu sulit, yang penting dicoba dulu πŸ™‚ Aku jaraaaaang sih membuat slide2 begini. Anakku bakalan kuinfoin ah siapa tau dia butuh. TFS ya mbak Ainun.

  3. Wuuahh banyak yaa ternyata. Info tentang aplikasi presentasi online gini tuh berguna banget di masa pembelajaran online sekarang. Saya pribadi baru pernah coba Canva. Powerpoint sih biasa pake yang udah ada di komputer aja alias yang offline.

  4. Iya nih aku pun masih familiar dengan PP, Canva, dan Google Slide belom nyobain yang lainnya.
    Langsung kepoin ahh.
    Soalnya seneng kalo bisa explore bikin2 presentase, meski jarang presentase, karena ku orang dibalik layar yang seringnya bikinin presentase buat si bos , hihi.

    1. Saya juga sebenarnya orang di balik layar, sering bikin presentasi buat bos. Tapi, kadang untuk memudahkan review dari bos, saya pakai yang online seperti Google Slides.

  5. PowerPoint , Prezi, n Canva sudah lumayan familiar n pernha nyoba tapi so far selalu balik ke Powerpoint…
    Mau coba2 yg Google slide juga ah..
    Zaman semua serba online penting bgt nih bikin presentasi yg menarik

  6. Saya suka pakai prezi, jadi lebih menarik dan atraktif. Mudah juga membuatnya, bisa impor dari file power point.
    Ada google slides juga ya, ntar pengen nyobain ah, saya belum pernah pakai ini

  7. Auto bookmark!
    ini bakal bermanfaat sekali buat mengajar online ke siswa-siswaku, Mbak.
    Makasih ya sudah dikenalkan beberapa website online. Prezi ini yang menarik. Bismillah, nanti dicoba πŸ™‚

  8. Aku termasuk yang pakai presentasi online kalau ada meeting, selama ini cuma pakai power point, google slide, dan canva. Bisa nih coba yang lain yang belum pernah pakai, biar nggak ngebosenin hehe.

  9. Baru tau yang Prezi. Aku udah lama banget nggak bikin midul presentasi, dulu sering banget pake power point. Hafal banget deh haha. Canva ini lebih menarik ya mbk

  10. Prezi menarik nih, Mba. Aku cek ah websitenya, asyik juga kayanya bikin persentasi di sana. Terima kasih infonya, Mba.

  11. Aku seringnya pakai Canva, segala macam kubuat sama Canva. Mulai collage, editing foto,infografis. Pokoknya Canva juara banget buat Makblogger buatku.

  12. Wah ternyata banyak ya penyedia presentasi online, aku suka unduh template gratisnya google slide buat bikin materi kelas menulisku biar murid makin semangat belajar..

  13. Wah, baru tahu dengan aplikasi-aplikasi dan website-website ini. Aku tahunya cuma power point yang ada di laptopku aja kalo buat materi presentasi. Kudu belajar nih. Biar skill-ku naik. Walopun selama ini jarang juga pake power point. Jarang presentasi soalnya. πŸ˜€

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *