Mungkin teman-teman banyak yang pernah melihat kendaraan sekaligus tempat tinggal yang dipakai untuk jalan-jalan yang dikenal dengan sebutan mobil karavan atau Recreational Vehicle ( RV). Nah, bagaimana rasanya jalan-jalan keliling Korea dengan mobil dan membawa rumah sekaligus? Teman-teman bisa melihat perjalanan membawa rumah keliling Korea bersama variety show House on Wheels ini.

Konsep Variety Show House on Wheels

Urusan mahalnya harga rumah sekarang gak cuma terjadi di Indonesia aja. Di Korea pun ternyata sama kejadiannya. Harga rumah yang melonjak tinggi bikin rasanya beli rumah itu susah banget, mending nunggu hadiah undian aja gitu ya. Padahal, selain punya rumah, kita kadang juga pingin punya mobil untuk jalan-jalan. Bisa juga kejadian bosan sama rumah yang kita tinggali dan ingin pindah ke kota lain.

Di sisi lain, belakangan gaya hidup minimalis pun mulai menjamur. Tren rumah mungil kini menjalar di seluruh dunia. Banyak orang yang bersedia hidup dengan barang-barang yang penting saja. Selain minimalis, gaya hidup seperti ini juga lebih ramah lingkungan.

Poster Variety Show House on Wheels
Poster Variety Show House on Wheels – sumber : myDramaList

Berawal dari hal itu, tvN dan Produser (PD) Kang Koong mengangkat persoalan ini menjadi variety show House on Wheels. Jadi kita bisa merasakan bagaimana memiliki rumah sendiri dan membawa rumah tersebut ke tempat yang kita inginkan. Dengan rumah yang kecil, para pemain House on Wheels akan mencoba mengajak penonton untuk mengisi hidup dengan hal-hal yang penting saja.

Pemain dalam Variety Show House on Wheels

House on Wheels dibintangi oleh 3 (tiga) aktor yaitu Sung Dong Il, Kim Hee Won, dan Yoo Jin Goo. Untuk pecinta drama Korea Reply 1988 ga akan asing dengan Sung Dong Il, karena beliau ini yang memerankan bapaknya Deok Sun. Sementara Yoo Jin Goo adalah aktor cilik yang beranjak dewasa. Salah satu dramanya yang terkenal adalah Hotel del Luna. Kim Hee Won adalah aktor pendukung senior yang sering kebagian peran-peran jahat gitu.

Sung Dong Il
Kim Hee Won
Yoo Jin Goo

Walau ada gap usia, ternyata chemistry dari ketiga pemain ini cukup bagus. Sebenarnya mereka pernah berada di dalam proyek film atau drama yang sama. Yoo Jin Goo pernah menjadi anak Sung Dong Il di drama I Want to Love (2006). Sementara Sung Dong Il dan Kim Hee Won sering terlibat dalam proyek film dan sebenarnya sudah berteman lama.

Setiap pemain memiliki perannya tersendiri. Sung Dong Il memiliki pembawaan yang kebapakan dan memiliki tugas untuk masak memasak. Sementara itu, Kim Hee Won yang mukanya terkesan galak, ternyata justru yang paling polos, anak baik-baik, dan seperti anak kecil urusan makan. Dia bertugas untuk menyetir sepanjang perjalanan dan menolong apapun ketiga Sung Dong Il menyuruhnya. Yoo Jin Goo sebagai yang paling muda, bertugas untuk menyiapkan bahan-bahan makanan yang akan dimasak.

Perjalanan Keliling Korea Bersama Variety Show House on Wheels


Berbeda dengan mobil RV yang menyatu antara ruang kemudi dan rumah dalam 1 kendaraan yang sama, House on Wheels membuat rumah terpisah yang dihubungkan dengan mobil untuk dibawa berkeliling Korea. Ketiga pemain pun harus mendapat lisensi mengemudikan mobil besar (seperti untuk truk kontainer). Kim Hee Won dan Jin Goo berhasil lulus langsung, sementara Dong-Il harus mengulang.

Di rumah kecil ini, terdapat 2 tempat tidur di dekat atap, 1 kamar mandi, dapur (area untuk masak dan cuci piring), serta area duduk-duduk yang bisa juga dijadikan tempat untuk tidur. Walau rumahnya kecil, tapi bisa dibilang lengkap dan nyaman sekali untuk tinggal. Rumah ini dilengkapi dengan kompor dan kulkas juga untuk mendukung kegiatan masak-masak.

Rumah House on Wheels dikunjungi anak-anak Sung Dong Il
Rumah House on Wheels dikunjungi anak-anak Sung Dong Il – Sumber : Soompi

Selama 12 episode, House on Wheels akan mengajak kita ke 7 tempat / kota di Korea. Di setiap tempat, mereka akan bermalam dan kedatangan beberapa teman-teman. Mereka akan melakukan aktivitas seperti camping bersama, masak, dan ngobrol-ngobrol dengan lebih akrab.

Episode 1 & 2 : Camping di Sampo Beach, Gangwon


Di episode 1 & 2 ini, kita langsung diajak perjalanan House on Wheels untuk bermalam di daerah pantai, tepatnya di Sampo Beach, Gangwon. Tamu yang datang adalah Ra Mi-Ran dan Lee Hye-Ri. Keduanya pernah terlibat dalam project Reply 1988 bersama Sung Dong Il.

Di awal, kita bakal melihat bagaimana ‘masih ribetnya’ pemain House on Wheel dalam menjamu tamu dan membuat rumah yang nyaman. Salah satu makanan yang menarik adalah olahan dari gurita.

Reuni Keluarga Reply 1988 di House on Wheels
Reuni Keluarga Reply 1988 di House on Wheels

Tentunya, kita akan diajak jugua melihat matahari pagi yang terbit dan keindahan pantai saat bangun pagi.

Episode 3, 4, & 5 : Berkelana di Pulau Jeju


House on Wheels akan diajak naik kapal ke Pulau Jeju. Walaupun sebenarnya sih rumahnya yang duluan pergi. Jadi para pemain akan menjemput rumah di pelabuhan lalu pergi ke Hamo Breakwater.

Bintang tamu di Pulau Jeju ini adalah Gong Hyo Jin, aktor cantik yang pernah terlibat proyek bersama Hee Won. Makanan laut tentu menjadi salah satu bahan utama saat memasak di Pulau Jeju. Selain itu, mereka juga akan melihat lumba-lumba langsung saat berusaha memancing.

Setelah dari pinggiran laut, mereka pun pindah ke Meochewat Forest untuk merasakan area pegunungan di Pulau Jeju ini.

Ngobrol santai dan makan bareng tamu, agenda wajib di House on Wheels
Ngobrol santai dan makan bareng tamu, agenda wajib di House on Wheels – Soompi

Episode 5 & 6 : Camping di Hutan Bambu dan Mencari Kerang Lumpur


Apa rasanya menginap di hutan bambu? Ternyata di siang hari Manseongri Bamboo Forest rasanya panas sekali dan membuat tim House on Wheels kelelahan.

Bintang tamu episode ini adalah Lee Sung Kyung dan Lee Jun Hyeok yang bergabung saat makan malam.

Keesokan harinya, mereka akan melakukan perjalanan ke Mandol Mudflat untuk mencari sejenis kerang dalam lumpur.

Episode 7 & 8 : Reuni Pemain Hotel del Luna


Kalau sebelumnya tamu-tamu adalah tamu dari Sung Dong Il, maka di episode ini giliran Yoo Jin Goo mengundang IU menjadi tamunya. Mereka akan menginap di Goyori Landing Field. Salah satu aktivitas yang dilakukan adalah paragliding.

IU mengunjungi Jin Goo dengan banyak bawaan di House on Wheels
IU mengunjungi Jin Goo dengan banyak bawaan – sumber : Soompi

Keesokan harinya, PO (Block B) datang untuk meramaikan reuni Hotel del Luna. Lalu, mereka pergi ke Seonyudong Valley Stream.

Episode 9 : Kumpul dengan Teman-Teman di Camping Site


Di episode ini, giliran Hee Won mengundang teman-temannya datang ke Cheolma Mountain Camping Site.

Hee Won yang biasanya menunggu disuruh untuk membantu apapun, kali ini berinisiatif memasak tteokbokki untuk teman-temannya, yaitu Uhm Tae Goo, Lee Jung Eun, Ko Chang Seok, dan Park Hyuk Kwon.

Episode 10 : Bertemu Anak Pertama Sung Dong Il


Sung Dong Il akhirnya bertemu anak perempuannya yang lain dari drama Reply 1997, Jung Eun Ji. Di sini kita diajak melihat bagaimana hubungan kedua aktor tersebut tetap terjalin dengan baik walaupun dramanya telah lama selesai.

Kedatangan Tamu Eun Ji – sumber : MyDramaBean

Mereka akan menginap di Chuncheon Lake. Salah satu yang menarik di episode ini, Yoo Jin Goo mencoba memasak ayam bakar bumbu saus racikan sendiri.

Episode 11-12 : Mengakhiri Kisah di Geoje Island


Di dua episode terakhir, House on Wheels akan kedatangan Ha Ji Won sebagai tamu. Ha Ji Won kebetulan ada proyek film ‘Pawn’ bersama Sung Dong Il dan Kim Hee Won.

Mereka akan memancing bersama dan masak di atas kapal.

Episode 11 House on Wheels bersama Ha Ji Won – Sumber: HelloKpop

Yang Menarik dari Variety Show House on Wheels

Apa saja yang membuat variety show ini layak ditonton? Ini beberapa hal yang menarik dan bisa jadi alasan untuk menonton House on Wheels

Mengenal Beberapa Daerah di Korea

Dari variety show ini aku merasa bahwa kita akan diajak untuk lebih dekat dengan beberapa daerah di Korea. Tak hanya Seoul saja yang pantas untuk dikunjungi, tapi kota-kota lain di Korea.

Kalau melihat drama Korea (seperti Hospital Playlist), kadang ada peran yang punya hobi camping. Camping di Korea sepertinya memang banyak digemari. Apalagi, area camping pun juga sepertinya tersebar di beberapa daerah. Kita bisa melihat aktivitas yang dapat dilakukan selama camping dan merasakan kenikmatan camping. Walaupun kadang ya ada proses ribet-ribetnya juga.

Belajar Masakan Korea dan Kehangatan Berkumpul

Tamu itu harus dijamu dengan baik. Setiap tamu yang datang ke House on Wheels pasti dijamu dengan ramah dan baik. Disajikan makanan-makanan yang lezat dan diajak ngobrol dengan santai.

Belajar masakan Korea. Dari acara ini, tentu kita bisa melihat menu-menu masakan yang dimasak oleh Sung Dong Il dan Yoo Jin Goo. Kalaupun bahannya tidak ada atau tidak boleh kita makan (karena mereka menggunakan daging babi seringnya), kita tetap bisa mencontek gaya dan resep mereka. Salah satu yang menarik adalah masakan daging di dalam bambu yang dibakar.

Masak bareng tamu di dapur House on Wheels – Sumber : Soompi

Selain itu, selama 12 episode kita juga melihat bagaimana dalam keluarga atau pertemenan itu mengalami pembelajaran dan tumbuh bersama. Hee Won yang akhirnya berani banyak mencoba hal baru dan tidak pilih-pilih makanan. Juga Jin Goo yang pada akhirnya berhasil memasak nasi dengan enak di episode 9.


Jika teman-teman ingin menonton House on Wheels, teman-teman bisa menonton secara legal di aplikasi Viu.