Hai..hai..hai semuanya. Di masa pandemi yang menganjurkan kita di rumah aja memang kadang membuat bosan. Banyak teman-teman yang mulai mencari tontonan di sela waktu luang di rumah. Drama Korea menjadi salah satu yang banyak peminatnya saat ini. Sebenarnya, gak hanya drama Korea saja loh yang asyik dinikmati. Variety show Korea pun banyak ragamnya untuk ditonton. Nah, berikut ini beberapa rekomendasi variety show Korea dengan tema olahraga.

Idol Star Athletic Championship

Untuk teman-teman yang ingin merasakan atmosfir event olahraga besar seperti olimpiade, maka Idol Star Athletic Championship menjadi salah satu yang layak ditonton. Acara buatan MBC ini rutin dilakukan secara tahunan dan sudah ada sejak tahun 2010 lalu. Biasanya, disiarkan pada saat perayaan hari Chuseok atau saat perayaan hari Imlek.

Dalam Idol Star Athletic Championship, yang menjadi peserta perlombaan adalah para idol (boyband & girlband). Walaupun judulnya mengandung unsur atletik, nyatanya dalam ‘olimpiade idol’ ini, ada banyak cabang olahraga yang dilombakan, seperti renang, panahan, basket, sepakbola, menunggang kuda, dll. Untuk para fans idol, melalui acara ini bisa melihat sisi lain dari idolanya. Ternyata, idola tak hanya jago menari dan menyanyi di atas panggung saja, di kompetisi olahraga pun mereka punya kemampuan menakjubkan.

Sayangnya, untuk tahun 2020 ini, info terkait Idol Star Athletic Championship masih simpang siur mengingat adanya Covid-19 di dunia. Oh iya, bagi yang ingin menonton acara ini bisa mengakses melalui aplikasi VIU. Namanya juga olimpiade yang banyak pertandingan, maka Idol Star Athletic Championship ini bisa lebih dari 4 episode per event.

Handsome Tigers : Variety Show Korea Tema Olahraga Basket

Bagaimana sih rasanya berkompetisi basket di liga basket amatir? Para selebritas penggemar olahraga basket diajak membentuk sebuah tim basket untuk ikut dalam liga basket amatir.

variety show korea Tema Olahraga

Selebritas yang ikut serta dalam acara ini ada Lee Sang Yoon (aktor),  Moon So In (model), Cha Eun Woo (idol / aktor), Julien Kang (model / actor), dll. Tak hanya itu, pelatihnya pun mantan pemain basket nasional yang kini telah menjadi host di berbagai acara, Seo Jang Hoon. Tim Handsome Tigers juga ditemani oleh manager Joy, personil girlband Red Velvet.

Dalam 12 episode Handsome Tigers, kita diajak melihat perjalanan Seo Jang Hoon mencoba melatih tim basket selebritas ini. Beberapa tips dan trik diberikan oleh Seo Jang Hoon sebagai pelatih. Selain itu, pertandingan basket pun tersaji di acara ini, baik ujicoba maupun pada saat liga. Mungkin tidak seseru atau secepat pertandingan NBA, tapi cukup memberikan ketegangan.

Saat ini, Handsome Tigers sudah berakhir musim tayangnya. Sebagai fans acara ini, aku berharap akan ada season selanjutnya sih.

Cool Kiz on The Block

Acara dengan tema olahraga, Cool Kiz on The Block atau Our Neighborhood Arts and Physical Education, ini ditayangkan pada 2013 – 2016. Bisa dibilang, konsep acaranya adalah mengenalkan berbagai olahraga kepada masyarakat. Acara ini dipandu oleh Kang Ho-Dong, serta ada beberapa member regular yang menemani.

Untuk beberapa episode, Cool Kiz on The Block akan mengangkat tema 1 olah raga. Nantinya, para selebritas yang tergabung dalam tim Cool Kiz on The Block akan berkeliling Korea Selatan, lalu mengajak masyarakat bertanding atau berlatih bersama, tergantung dengan olahraga yang dibahas. Jika olahraganya bersifat kompetisi, seperti tenis meja, voli, badminton, maka akan dibuat pertandingan antara tim selebritas dan tim amatir lokal di daerah yang dikunjungi.

Kita diajak melihat persiapat tim selebritas sebelum bertanding. Selain itu, melalui acara ini kita bisa melihat beberapa atlet yang datang dan mengenal lebih tentang berbagai olahraga. Untuk menonton acara ini, bisa melalui channel youtube KBS World.

Let’s Go, Man Soo Ro : Variety Show Korea Tema Olahraga Sepak Bola

Ingin tahu rasanya memiliki dan mengatur klub sepak bola? Maka tontonlah Let’s Go, Man Soo Roo atau yang dikenal juga dengan Sooro’s Rovers. Kim Soo Ro adalah seorang actor yang memiliki cita-cita sebagai pemilik klub sepakbola. Ia pun akhirnya menjadi pemilik salah satu klub di negara Inggris, Chelsea Roovers.

variety show korea Tema Olahraga
Let’s Go Man Soo Ro, ada 2 idol ganteng yang ikutan di tim manajemen ini – MyDramaList

Perjalanan Kim Soo Ro untuk mewujudkan mimpi sebagai pemilik klub bola pun dimulai. Bersama beberapa orang, ia coba mengelola klub sepakbola tersebut. Ia pun melakukan perekrutan pemain, berusaha menaikkan nama klub tersebut, serta melakukan pertandingan-pertandingan percobaan.

Melalui acara ini, kita diajak untuk tetap percaya dan berusaha dalam mewujudkan mimpi kita. Selain itu, kita juga bisa belajar manajemen dan leadership, bagaimana caranya menjadi pemilik klub sepak bola, dengan dana terbatas, berusaha mengoperasikan klub tersebut. Let’s Go, Man Soo Roo masih dapat ditonton di aplikasi Viu dan memiliki jumlah episode sebanyak 16.

RUN : Variety Show Korea Tema Olahraga Lari

Dari judulnya sebenarnya sudah ketahuan kalau variety show ini mengangkat tema olahraga lari. Olahraga lari memang beberapa tahun ini semakin banyak penggemarnya. Event olahraga lari pun banyak jenis dan tersebar di beberapa kota bahkan negara.

variety show korea Tema Olahraga
RUN – MyDramaList

Aktor Ji Sung bersama 3 aktor Korea Selatan lainnya, akan membagikan cerita mereka tentang olahraga lari ini. Keempat actor ini bersama-sama akan mengikuti event lari marathon di Florence, Italia.

Diceritakan dalam 4 episode saja, namun melalui variety show ini, bukan tidak mungkin membuat kita menemukan juga kebahagiaan saat berlari. Atau malah jadi ingin ikut dalam event lari.

The Great Gymnasium : Sky Muscle

Bagi penggemar drama Korea, mungkin ga asing sama drama yang judulnya Sky Castle. Nah, terinspirasi dari drakor tersebut, JTBC juga membuat program variety show dengan judul yang mirip yaitu Sky Muscle.

variety show korea Tema Olahraga
Poster Sky Muscle – MyDramaList

Jika di Sky Castle membahas guru privat untuk agar lolos universitas yang diinginkan, di Sky Muscle terdapat selebritas yang menjadi coordinator tim untuk para peserta dan mengajak peserta tersebut untuk berolahraga.

Untuk melatih penonton, bahkan didatangkan pakar dari olahraga tersebut. Pada episode pertama, Park Tae-Hwan, seorang juara olimpiade cabang olahraga renang, hadir untuk mengajarkan para peserta. Melalui acara ini, diharapkan para peserta bisa menguasai olahraga, menikmati olahraga dengan gembira, serta semakin sehat fisik dan mentalnya. Jumlah episode variety show ini hanya 4 dan masih bisa dinikmati di aplikasi Viu.


Nah, demikianlah rekomendasi variety show Korea dengan tema olahraga. Untuk referensi tontonan dari Korea selain dramanya.

Oh iya, aku kurang mendapat info terkait batasan usia untuk tiap acara ini (apakah untuk semua umur, 12+, 15+, 18+, atau restricted). Namun, mengingat ini bahasannya olahraga aku pikir masih aman untuk ditonton bersama anak-anak.