Kata orang, di masa pandemi seperti yang terjadi saat ini, kita harus bisa meningkatkan kemampuan kita. Selain banyak kelas belajar untuk meningkatkan hard skill terkait pekerjaan atau passion kita, aku juga mencoba belajar hal yang dari dulu ingin sekali kupelajari, yaitu alat musik. Akhirnya, aku mencoba kembali belajar alat musik ukulele. Kali ini, aku belajar ukulele dengan aplikasi belajar alat musik Yousician.

Kenalan dengan Aplikasi Belajar Alat Musik Yousician

Simpelnya, aplikasi Yousician adalah aplikasi untuk belajar alat musik. Alat musik yang bisa dipelajari melalui Yousician adalah Gitar, Ukulele, Piano, Drum, dan Bass. Belakangan, ada satu modul pelajaran baru yaitu singing alias menyanyi.

Saya kebetulan punya ukulele yang memang ingin dipelajari cara bermainnya. Motivasi bermain ukulele sederhana aja sih, kayaknya alat musik ini gampang dibawa dan cocok dengan suasana pantai.

Namun, sering kali saya gagal ketika mencoba mengikuti tutorial di Youtube yang memainkan satu lagu langsung. Akhirnya, saya memutuskan untuk mencoba belajar dari dasar sekali. Ada beberapa aplikasi belajar ukulele juga di Google Play. Tapi, memang bagi saya Yousician yang terbaik dan cocok.

Belajar Ukulele di Aplikasi Yousician


Bagaimana sih cara belajar musik dengan aplikasi Yousician ini? Saya coba ceritakan ya untuk pelajaran ukulele yang sedang saya ikuti.

Di awal, kita akan dipandu melalui video oleh guru dari Yousician. Untuk pelajaran ukulele, kita diberitahu tentang nada yang ada di Ukulele, lalu pilihan kelas lanjutan yang ingin kita pelajari, apakah lead / melody atau rhytm / chord.

Pilihan Belajar Alat Musik Ukulele di Aplikasi Yousician
Pilihan Belajar Alat Musik Ukulele di Aplikasi Yousician

Pelajaran diberikan dengan bentuk video pengantar yang diikuti dengan tes kemampuan melalui lagu. Untuk naik level, ada tesnya juga.

Video Belajar dari Yousician

Video pelajaran diberikan dengan Bahasa Inggris yang lumayan mudah dipahami, apalagi disertai dengan contoh praktek langsung dari gurunya. Di akhir video, juga diberikan summary apa saja yang disampaikan.

Salah satu video belajar alat musik Ukulele di aplikasi Yousician
Salah satu video belajar alat musik Ukulele di aplikasi Yousician

Di materi awal, selain diajakkan cara tuning ukulele, saya juga mendapakan pelajaran tentang bagaimana meletakkan tangan kiri di fret dan senar ukulele.

Yousician mengodekan jari telunjuk dengan warna kuning, jari tengah dengan warna ungu, jari manis dengan warna biru, dan jari kelingking dengan warna merah. Di materi selanjutnya, terkait chord, kita bisa mencoba menekan senar sesuai dengan jari yang disarankan oleh Yousician. Begitupula di materi melody, jika ada senar kedua di fret ketiga yang berwarna kuning, maka ini sebaiknya kita tekan dengan jari telunjuk.

Tes Kemampuan dengan Lagu

Setelah video, terdapat lagu yang bisa coba kita pelajari dan mainkan. Saat melakukan tes kemampuan dengan lagu, kita bisa melihat adanya tablatur, atau panduan yang jelas terkait chord atau senar dan fret mana yang akan kita mainkan. Nada yang perlu kita mainkan akan berwarna-warni di layar. Kita pun bisa melihat kode nada yang kita mainkan sekarang dan yang selanjutnya, sehingga kita bisa bersiap-siap.

Yousician akan memandu kita bermain ukulele dengan bola-bola yang bergerak perlahan sesuai chord atau nada. Kita harus mengikuti bola tersebut dengan tepat / perfect. Kalau kurang tepat namun nada yang kita mainkan benar, walau layar nada berubah jadi hijau, akan ada catatan entah itu great, good, late, a bit early, atau early. Sementara jika kita salah total, nada akan berubah warna menjadi merah.

Contoh Tablatur untuk belajar dengan lagu di aplikasi Yousician
Contoh Tablatur untuk belajar dengan lagu di aplikasi Yousician

Metode mengikuti bola-bola yang bergerak ini juga berlaku di pelajaran Singing. Untuk cerita yang pelajaran singing, menyusul ya, soalnya malu masih level 1 itu pun banyak yang cuma bintang silver.

Dari setiap lagu di bahan ajar, memang ada dua pilihan, yaitu:

Practice

Untuk latihan, kita bisa memilih tempo sendiri (bisa diset auto juga), bisa di pause dan dimaju mundurkan sesuai keinginan, namun tidak mendapatkan nilai untuk bisa membuka pelajaran selanjutnya.

Perform

Sebagai tes kemampuan kita terhadap pelajaran, tempo lagu sebenarnya, bisa di-pause namun tidak bisa dimaju mundurkan, dan menjadi syarat untuk melanjutkan pelajaran berikutnya. Jika kita berhasil dengan sempurna, kita bisa mendapatkan 3 bintang emas. Namun, jika permainan kita buruk, kita mendapatkan bintang dan score yang sesuai.

Berlatih dengan lagu di Aplikasi Yousician
Di setiap lagu kita bisa memilih mode dan part mana yang mau dimainkan

Di level awal, saya biasanya langsung memilih mode perform dan bisa mendapatkan 3 bintang emas. Namun, semakin tinggi level, jika langsung perform nilai saya biasanya jelek dan hanya mendapat 1 bintang silver. Yousician pun menyuruh saya berlatih lagi. Jadi, saya gunakan mode practice dulu sampai lancar, baru berani mencoba mode perform lagi.

Fitur-fitur di Yousician


Selain ada materi pelajaran, Yousician juga punya beberapa fitur untuk melengkapi pelajaran kita. Antara lain :

Tuning


Fitur ini tentu penting untuk kita menyetel alat musik kita sebelum belajar. Jadi nada yang dikeluarkan sudah benar dan akan cocok saat memainkan lagu di Yousician

Fitur Tuning Ukulele
Fitur Tuning Ukulele di Yousician
Challenge


Untuk mengasah kemampuan bermain kita, ada Challenge dari Yousician yang berbeda setiap minggunya. Memang, kebanyakan lagunya berasal dari musisi Yousician. Ada juga yang berasal dari lagu-lagu tradisional seperti Happy Birthday, Frere Jacques, dll. Untuk lagu-lagu musisi lain seperti Jason Mraz, Coldplay, bisa diakses jika kita berlangganan paket premium.

Challenge yang tiap minggu berganti di Yousician
Challenge yang tiap minggu berganti di Yousician

Di menu Challenge kita bisa membandingkan kemampuan kita dengan user Yousician lain.

Certificate
e-Certificate dari Yousician
e-Certificate dari Yousician


Jika kita menyelesaikan level tertentu, Yousician menyediakan e-certificate yang bisa dikirimkan melalui e-mail.

Yousician ini termasuk aplikasi Freemium, jadi akses belajar gratis per hari dibuka hanya 10 menit. Jika ingin lebih, ya kita bisa berlangganan paket premium ($9.99) atau premium+ ($12.99). Tentunya, kalau memilih premium, kita bisa belajar lebih lama dan lebih banyak instrument.

Lalu, Apakah Saya Sudah Bisa Lancar Bermain Ukulele?


Ya sampai saat ini saya masih belajar banget. Setelah beberapa bulan pun level saya masih mentok di level 5 dari 8. Mungkin ini ya karena metode belajar yang saya anut juga.

Pilihan metode belajar kan terserah kita. Anggaplah ini bermain game, kita mau lanjut-lanjut terus dengan nilai yang kita dapat (entah itu bagus atau jelek) atau kita mau mendapatkan hasil terbaik dulu di satu lagu baru berani lanjut ke tantangan berikutnya. Saya termasuk tipe yang kedua, makanya, bisa dibilang, progress belajar saya sebenarnya termasuk lambat.

Saya merasa cocok dengan Yousician karena saya memang dari dasarnya aja belum tahu, alias nol besar. Jadi saya merasa ada guru yang membimbing dan mengetes juga setelah belajar.

Saat mencoba memainkan lagu tanpa aplikasi, ya kadang bisa kadang engga sih. Karena belum hafal banyak lagu.

Untuk yang Chords, kadang kalau dimainkan sendiri tanpa musik tambahan dari Yousician, rasanya aneh. Tapi yang melody lumayan masuk sih. Untuk lagu yang baru saya kuasai pun yang benar-benar lancar baru Happy Birthday dengan melody saja hehe.

Tapi buat saya, aplikasi Yousician ini beneran membantu banget buat saya yang buta nada jadi paling engga tahu sedikit tentang musik.

Oh iya, rasanya sih, aplikasi ini cocok juga untuk anak-anak. Karena anak saya juga suka ikutan belajar. Walaupun, yang dia bisa dengan lancar baru yang level 0 alias pelajaran dasar saja tentang kunci Am7 dan C.

Paling engga, membangkitkan bakat terkait musik bisa lah ya walaupun mungkin cuma sedikit.

Info detail tentang Aplikasi Belajar Alat Musik Yousician