Buat yang sering traveling, urusan mencari penginapan atau akomodosi adalah satu hal yang penting. Hehe, menurutku sih, kalau tempat menginapnya gak enak dan gak bisa bikin tidur nyenyak, bisa bikin kacau suasana hati di perjalanan. Penasaran gak sama gimana sih pengelola penginapan bekerja? Nah, yuk coba kita intip kehidupan pengelola penginapan dari variety show berikut ini.

1. Hyori’s Bed & Breakfast


Lee Hyori adalah salah satu artis terkenal di Korea. Sejak ia menikah dengan Lee Sang Soon, ia pindah dari Seoul ke Pulau Jeju, salah satu destinasi wisata favorit di Korea Selatan. Kehidupan Hyori pun belakangan jauh dari hingar bingar selebritas. Sesekali ia muncul dan memperlihatkan kehidupan pribadi beserta isi rumahnya ke variety show seperti Infinite Challenge.

Hyori Bed & Breakfast - Kehidupan Pengelola Penginapan dari Variety Show Korea
Hyori Bed & Breakfast season 1 – source : MyDramaList

Bersama JTBC TV, Lee Hyori akhirnya membuka diri untuk benar-benar memperlihatkan kondisi rumahnya. Kali ini, rumahnya yang asri dijadikan Bed & Breakfast. Di rumah ini sebenarnya hanya ada 1 kamar utama saja, sehingga Hyori pun harus memanfaatkan area lain di rumahnya untuk melayani tamu, seperti ruang tamu, bahkan halaman.

Sebagai pengelola B&B, Hyori’s dibantu oleh suaminya dan artis lain yaitu IU (season 1) dan Yoona & Park Bo Gum (season 2). Kita akan diajak bagaimana Hyori menyiapkan rumahnya menjadi B&B, gimana tanggung jawab sebagai pengelola B&B (ngebersihin dan nyiapin makan), kira-kira aturan apa yang bakal diterapin di B&B, dan gimana cara mereka berdekatan dengan para tamu di B&B tersebut dan menjalin hubungan layaknya keluarga.

Selain itu, kita juga akan disajikan keindahan dan berbagai destinasi wisata di Pulau Jeju yang didatangi para tamu. Oh iya, tamu yang dihadirkan ke Hyori’s B&B ini sangat beragam dan melalui proses seleksi di tim TV. Ada yang adik-kakak, suami istri, ilmuwan, dll. Cerita para tamu juga seru-seru. Yang jelas, kita juga bisa lihat bahagianya para tamu menginap dan dijamu oleh idolanya.

Hyori’s B&B yang dikenal juga dengan nama Hyori’s Homestay, ditayangkan selama 2 season dengan episode per season 14/15. Untuk menonton Hyori’s B&B secara resmi bisa di aplikasi Netflix.

2. Korean Hostel in Spain


Kalau Hyori’s Bed & Breakfast menceritakan tentang Hyori’s yang membuat rumahnya menjadi B&B, gimana coba kalau kita harus mengelola hostel di negara lain? Jawabannya bisa ditonton di Korean Hostel in Spain.

Korean Hostel in Spain – source : MyDramaList

Sebenarnya, Korean Hosten in Spain merupakan spin-off dari variety show Three Meals a Day (TMaD) besutan PD Na (Na Young Seok). Jadi, artis variety TMaD seperti Yoo Hae Jin dan Cha Seung Won pun didapuk untuk mengurusi hostel ini. Tapi, kali ini mereka dibantu oleh Bae Jeong Nam.

Konsep acara ini adalah tiga orang korea yang mengelola hostel di Spanyol, tepatnya di Villafranca del Bierzo, Leon, Spanyol. Lokasi ini adalah salah satu tempat terkenal di Spanyol yang kerap dilewati oleh peziarah yang menapaki menapaki rute Camino de Santiago.

Bangunan khas Eropa pun menjadi hostel yang mereka kelola. Sebagai pengelola, tentu mereka berkewajiban untuk menjaga kebersihan, menyiapkan tempat tidur yang nyaman, serta makanan.

Chef Cha Seung Won bertugas menyiapkan makanan. Makanan yang disiapkan terdapat sentuhan cita rasa Korea. Bisa dibilang, ini jadi ajang mengenalkan budaya Korea ke wisatawan non Korea dan menjadi obat kangen bagi wisatawan Korea yang sedang melakukan perjalanan di rute Camino de Santiago sepanjang 800 km.

Sementara itu, Yoo Hae Jin bertugas sebagai hostel manager sekaligus bertanggung jawab terhadap kebersihan hostel. Ia kerap mengajak ngobrol tamu yang datang dan membahas tentang perjalanan mereka.

Bagi pecinta traveling yang kerap memilih penginapan hostel, mungkin akan rindu dengan suasana hostel. Di mana, kita bertemu orang baru, bercengkrama, dan banyak bercerita.

Berkat acara ini, aku jadi tahu tentang rute Camino de Santiago ini. Oh iya, Korean Hostel in Spain atau Boarding House in Spain yang diproduksi tvN tahun 2019 ini, masih bisa ditonton di Viu loh. Hanya 14 episode kok.