Mengenal Gejala Umum Penyakit Diabetes pada Anak

Mengenal Gejala Umum Penyakit Diabetes pada Anak

Penyakit bisa menyerang siapa saja. Tak terkecuali Diabetes Melitus. Walau kerap ditemukan pada orang dewasa. Ternyata diabetes melitus juga dapat menyerang anak-anak. Apa saja gejala umum penyakit diabetes pada anak?

Mengenal Penyakit Diabetes

Diabetes melitus dikenal juga sebagai penyakit gula atau kencing manis. Diabetes melitus adalah penyakit yang terjadi akibat insulin tak mampu mengolah gula darah dengan optimal.

Gejala Diabetes Anak perlu diwaspadai

Tak hanya orang dewasa, penyakit metabolik ini juga dapat menyerang anak-anak.

Berdasarkan penyebabnya, penyakit ini dibagi menjadi tipe 1 dan tipe 2.

Diabetes tipe 1

Diabetes melitus tipe 1 disebabkan oleh kondisi autoimun yang merusak sel beta pada pankreas. Sel-sel yang seharusnya memproduksi hormon insulin tidak dapat memproduksi hormon tersebut. Produksi hormon insulin yang terganggu membuat tubuh kekurangan insulin. Lalu, kadar glukosa dalam darah menjadi meningkat.

Diabetes melitus tipe 1 dapat ditemukan pada usia berapa saja. Umumnya ditemukan pada masa remaja (sekitar usia 10-14 tahun) dan anak-anak (usia 4-6 tahun).

Gejala Diabetes Anak perlu diwaspadai

Diabetes tipe 2

Diabetes tipe 2 adalah kasus yang lebih sering ditemukan. Pada diabetes tipe 2, sel beta dari pankreas masih dapat menghasilkan insulin. Namun, kebutuhan insulin tidak dapat tercukupi. Dengan demikian, insulin tidak dapat efektif bekerja akibat resistensi sehingga kadar gula darah tidak terkontrol dan cenderung tinggi.

Bisanya, diabetes tipe 2 ditemukan setelah masa pubertas, yakni pada usia 15-19 tahun.

Gejala Umum Diabetes

Semua tipe diabetes melitus dapat menyebabkan kadar gula yang tinggi. Kondisi ini dinamakan hiperglikemia. Pada beberapa kasus, keadaan hiperglikemia tak menunjukkan gejala khusus. Hal ini membuat orang tua tidak menyadari anaknya terkena diabetes melitus.

Secara umum, hiperglikemia akibat diabetes menimbulkan beberapa gejala, yaitu:

  • Perasaan lapar terus-menerus
  • Anak kehausan dan sering minum
  • Anak sering buang air kecil/mengompol

Selain beberapa gejala tersebut, anak dengan diabetes juga dapat mengalami gangguan tumbuh kembang dan penurunan berat badan.

Gejala Penyakit Diabetes, bisa dipelajari

Anak juga dapat terlihat kelelahan dan lemas. Keluhan lain yang mungkin timbul adalah infeksi jamur dan pandangan kabur.

Jika anak mengidap diabetes tipe 1, gejala-gejala tersebut muncul dalam waktu cepat atau hanya beberapa minggu (2-6 minggu).

Sementara itu, jika anak mengidap diabetes tipe 2, perjalanan gejala cenderung lambat dan tidak disadari hingga beberapa bulan bahkan bertahun-tahun.


Jika anak mengalami satu atau lebih gejala-gejala yang mengarah pada diabetes melitus di atas, jangan ragu untuk segera membawanya ke dokter.

Selain itu, pastikan selalu nutrisi seimbang yang masuk ke dalam tubuh anak. Biasakan pula anak untuk aktif bergerak.

Dengan dua hal tadi, Anda membantu anak terhindar dari ancaman diabetes melitus di masa depan.

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *