Kursus Mahasiswa IT

Ikut Kursus Mahasiswa IT Demi Ikuti Jejak Nam Do San

Akhir tahun lalu, drama Korea Start-Up membuat begitu menghebohkan di Indonesia. Banyak yang terpikat kepada Nam Do San. Pria yang jago membuat program, memiliki start-up, bahkan diajak kerja di Silicon Valley. Untuk mengikuti jejak Do San, bisa memilih kuliah dengan jurusan IT, yang disertai dengan pendalaman melalui kursus mahasiswa IT.

Mimpi Baru Banyak Orang : Memiliki Start-Up

Adanya perusahaan start-up seperti Gojek, Tokopedia, Traveloka, dan lainnya, membuat banyak orang memiliki mimpi baru. Memiliki perusahaan start-up. Apalagi, ketika drama Korea yang berjudul Start-up booming. Keinginan kuat Seo Dal Mi dan Nam Do San untuk membuat start-up, menular kepada banya orang. Banyak yang memiliki mimpi yang sama, membuat start-up yang bermanfaat dan sesuai kebutuhan orang banyak. 

Di drama tersebut, Nam Do San memiliki peran penting. Ia beserta dua temannya membuat perusahaan start-up Samsan Tech. Samsan Tech diisi oleh tiga orang dengan latar belakang pendidikan IT. Ini membuat start-up semakin identik dengan teknologi. Memang, start-up bisa diartikan sebagai perusahaan baru yang memiliki ide inovatif dan terkait dengan teknologi seperti mobile application. 

kursus OOP supaya jago pemrograman

Dari drama Start-up, kita bisa melihat bahwa background pendidikan dengan jurusan Information Technology (IT), seperti yang dimiliki Nam Do San, sangat dibutuhkan dalam perusahaan start-up. Tim Samsan Tech berasal dari jurusan yang erat kaitannya dengan pengelolaan teknologi komputer dan pemrograman. Bisa dibilang, untuk bergabung dalam perusahaan start-up, dibutuhkan background pendidikan yang mempelajari Information Technology (IT). 

Mempelajari IT di Jenjang Perguruan Tinggi

Geliat start-up dan digitalisasi di berbagai sektor tentu membutuhkan dukungan IT. Hampir setiap perusahaan mulai mengubah pola menjadi lebih digital. Oleh karena itu, orang-orang dengan latar belakang pendidikan terkait dengan IT sangat dicari dan dibutuhkan pada saat ini. 

Belajar OOP untuk jadi programmer

Tak heran, jurusan yang mempelajari IT menjadi incaran banyak orang saat ingin melanjutkan jenjang pendidikan dari SMA ke universitas. Orang tua yang melek akan prospek  dari jurusan IT, kebanyakan berusaha mendorong anaknya untuk berkuliah di jurusan ini. Ada beberapa jurusan yang mempelajari IT seperti Teknik Informatika, Ilmu Komputer, dan Sistem Informasi.

Jurusan terkait IT akan mempelajari tentang pengolahan data dengan pemanfaatan teknologi komputer dengan prinsip ilmu komputer dan analisis matematis seperti proses logika. Selama masa perkuliahan, mahasiswa jurusan ini akan belajar algoritma pemrograman, belajar struktur data,dan belajar database. Selain itu, juga akan melakukan perancangan, pengujian, pengembangan, dan evaluasi sistem operasi, perangkat lunak (software), dan kinerja komputer.

Kursus Mahasiswa IT mendukung mempelajari IT di perguruan tinggi

Banyak perguruan tinggi yang kini memiliki jurusan IT. Untuk skala nasional, perguruan tinggi seperti ITB, UI, UGM, Undip, ITS memiliki jurusan Teknik Informatika atau Ilmu Komputer. Pun demikian di Palembang. Perguruan tinggi di Palembang seperti Universitas Sriwijaya, Universitas Bina Darma, UIN Raden Fatah, Universitas Muhammadiyah Palembang, STMIK MDP, juga memiliki jurusan Teknik Informatika. 

Peminatnya jurusan ini pun banyak. Ini sejalan dengan data dari QS World University Rankings yang menyatakan bahwa Teknik Informatika adalah salah satu jurusan dan peluang karir yang banyak dicari tahun 2020.

Tantangan Kuliah di Jurusan IT

Jurusan IT memang menjadi salah satu jurusan yang paling dicari. Apalagi, dengan peluang karir yang semakin beragam mulai dari programmer, software developer, IT analyst, IT consultant, dan sebagainya. Namun, tentu saja mahasiswa yang masuk ke jurusan ini juga menghadapi tantangan, salah satunya adalah mata kuliah yang harus dipelajari. Banyak yang bilang, kuliah di jurusan ini cukup sulit.

Kursus Universitas IT untuk menghadapi tantangan kuliah jurusan it


Walaupun jurusan ini erat kaitannya dengan komputer, tapi pelajaran yang dibahas tak hanya itu. Mata kuliah di jurusan IT juga melibatkan hal-hal seputar logika dan analisis matematis. 

Mata kuliah seperti Algoritma dan Pemrograman, biasanya menjadi mata kuliah di tingkat 1 saat kuliah jurusan IT. Menurut saya, ini adalah salah satu mata kuliah yang susah, apalagi ada tugas praktek membuat program sederhana juga. Ya, walaupun saya bukan kuliah di jurusan Teknik Informatika, mata kuliah ini jadi salah satu mata kuliah wajib di kampus saya dulu. Nilai saya pun untuk mata kuliah terkait IT ini pun bisa dibilang ga bagus-bagus amat.

Saya jadi ngebayangin deh, pas kuliah tatap muka aja saya kebingungan banget mendengarkan penjelasan dosen. Diskusi sama teman pun juga tetap bingung. Rasanya apa yang dibahas di mata kuliah IT itu abstrak banget. Rasanya kayak logika saya sudah ruwet duluan deh. 

kursus jaringan komputer untuk menghadapi mata kuliah IT
Yang dirasakan ketika dapat mata kuliah IT

Gak kebayang pas masa kuliah online gini. Langsung dihajar sama mata kuliah yang bikin bingung. Diskusi sama teman mungkin lebih sulit karena kumpul-kumpul juga jarang, baru kenal pula. 

Seandainya saja ada kursus mahasiswa IT, jadi bisa lebih paham dan memperdalam mata kuliah jurusan IT. Biar gak bakal khawatir lagi kalau nilai akhir jelek, terus harus ikutan semester pendek atau ngulang mata kuliah. Kalau ada kursus universitas IT, output nilai bagus bakal disertai dengan pemahaman dan kemampuan yang mendukung.

Ikutan Kursus Mahasiswa IT Agar Nilai Kuliah Memuaskan

Memiliki nilai mata kuliah yang bagus tentu adalah sebuah harapan bagi para mahasiswa dan orang tua pastinya. Kalau nilai kita bagus, secara perhitungan Indeks Prestasi (IP) juga akan menjadi tinggi. Selain itu, akan terhindar dari beban untuk mengulang mata kuliah. 

Belajar tentu salah satu upaya yang dilakukan untuk mencapai nilai bagus. Tapi, ketika belajar mandiri pun tetap membingungkan, kita bisa mencari cara lain, salah satunya adalah mengikuti kursus mahasiswa IT seperti yang ada di Course-Net.

Belajar Bersama Course-Net Kursus Universitas IT

Salah satu kursus universitas IT dengan yang ada di Indonesia adalah Course-Net. Course-Net Indonesia sudah berdiri sejak tahun 2015 di Gading Serpong, Tangerang. Course-Net juga memiliki cabang di daerah Kebon Jeruk, Jakarta. 

Kursus Jaringan Komputer bisa di Course-Net Indonesia

Dengan pengajar yang merupakan praktisi langsung bidang IT, Course-Net Indonesia memberikan berbagai kursus terkait dengan bidang IT bagi para pelajar, mahasiswa, hingga business owner. Sampai saat ini, Course-Net Indonesia telah berhasil menghasilkan lebih dari 7.000 lulusan dari seluruh Indonesia dan luar negeri. 

Course-Net sendiri telah meraih penghargaan internasional, yaitu EC-Council Global Award pada tahun 2019 di Atlanta USA dan penghargaan The Most Impactful IT dari Corporate Vision.


Di era yang menuntut pembelajaran online, Course-Net juga membuka kursus secara online bagi para mahasiswa IT maupun yang sedang mempersiapkan diri untuk masuk ke jurusan IT. Jadi, pada saat masa perkuliahan di mulai, sudah benar-benar siap untuk belajar IT. 

ITversity Kursus Mahasiswa IT

Pilihan Pelajaran Kursus Universitas IT di Course-Net Indonesia

Untuk kursus universitas IT, Course-Net menyusun pembelajaran berdasarkan mata kuliah yang diajarkan di kampus.

Beberapa pilihan pelajaran kursus antara lain : 

Algoritma & Pemrograman

Mata kuliah Algoritma & Pemrograman termasuk mata kuliah dasar jurusan IT yang biasanya diajarkan di semester 1 atau 2. Mata kuliah ini mengajarkan tentang konsep sistematis dan logis dalam menyelesaikan masalah dan menuangkannya dalam sebuah program komputer.

belajar algoritma pemrograman dengan kursus algoritma pemrograman

Course-Net menyediakan kursus algoritma pemrograman. Bagi yang menyiapkan diri sebagai mahasiswa IT dan ingin belajar algoritma pemrograman, maka sangat cocok untuk mengikuti memilih pelajaran ini. 

Struktur Data

Struktur data merupakan mata kuliah yang membahas mengenai teknik struktur data seperti cara menyimpan atau merepresentasikan data didalam komputer agar bisa dipakai secara efisien. Ketika belajar struktur data, kita akan diajarkan bagaimana implementasinya dalam berbagai studi kasus.

ikut kursus struktur data untuk belajar struktur data

Untuk pemahaman semakin dalam dan lebih banyak mempelajari banyak implementasi struktur data, mahasiswa dapat mengikuti kursus struktur data. 

Object Oriented Programming

Mata kuliah Object Oriented Programming (OOP) biasanya diajarkan di semester 3. Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar pemrograman berorientasi objek dan pembuatan algoritma dengan paradigma berorientasi objek dalam memecahkan suatu masalah serta mengimplementasikannya dengan bahasa pemrograman. 

Ketika belajar OOP, biasanya disertai dengan praktek langsung dalam bahasa pemrograman seperti JAVA. Saat praktek langsung, sering kali ditemui kesulitan. Maka dari itu, kursus OOP dari Course-Net, dapat membantu mahasiswa dalam memahami OOP dan membuat pemrograman berbasis OOP.

Database System

Sistem basis data merupakan hal yang penting dalam pemrograman. Melalui mata kuliah Database System, mahasiswa dapat belajar database meliputi konsep dasar basis data, cara membuat model data, merancang basis data, dan penerapan basis data. Pemahaman bagaimana merancang basis data yang baik serta sistem informasi terkait penerapan basis data, bisa dipelajari melalui kursus database.

Jaringan Komputer

Jaringan komputer merupakan mata kuliah yang mempelajari konsep-konsep serta teknologi jaringan komputer. Belajar jaringan komputer dasar akan membuah mahasiswa mengenal teknologi dan topologi jaringan komputer.

Ketika mengikuti kursus jaringan komputer dasar, mahasiswa akan semakin mampu dalam menerapkan jaringan komputer lokal serta algoritma terkait dengan jaringan komputer. 

Belajar Jaringan Komputer juga bisa melalui Kursus Jaringan Komputer

Mengapa Memilih Kursus Mahasiswa IT di Course-Net Indonesia?

Mengikuti kursus universitas IT tentu dengan harapan lebih mantap dalam menghadapi mata kuliah dan ujian di jurusan IT. Terdapat beberapa alasan mengapa Course-Net Indonesia layak dipilih untuk mempelajari mata kuliah IT lebih dalam. Beberapa alasan antara lain : 

Bukan Sekedar Training, Tapi Coaching Juga

Kalau training biasanya hanya mengajarkan materi atau konsep dasar saja, namun di Course-Net, peserta akan benar-benar dibimbing / dicoaching dan dimentoring oleh pengajar. Selain itu, peserta juga memiliki sesi khusus dengan pengajar untuk melakukan pembahasan soal-soal untuk persiapan ujian seperti UTS dan UAS. 

Sesi Training dan Coaching Kursus Mahasiswa IT

Free Konsultasi di luar jam kelas dan Ada Garansi Belajar Sampai Bisa

Peserta kursus mahasiswa IT boleh melakukan konsultasi dengan pengajar di luar jam kelas. Dengan demikian, diharapkan para peserta mampu mendapatkan nilai yang baik di kuliah. Para Super Coach di Course-Net akan mengajarkan para peserta sampai benar-benar paham. 

Disediakan Grup Diskusi dan Belajar

Peserta kursus mahasiswa IT Course-Net yang dikenal dengan program ITversity dapat saling berdiskusi dan sharing ilmu dengan peserta lainnya. Karena peserta ITversity berasal dari seluruh Indonesia, bisa dapat teman baru juga kan? 

Pengajar yang Super alias SUPER Coach

Kualitas sebuah tempat training ditentukan juga oleh pengajar. Pengajar di Course-Net bisa dibilang SUPER Coach. Ini karena pengajar di Course-Net adalah para praktisi yang memiliki prestasi tingkat dunia dan sertifikasi internasional. 

Dengan kualifikasi yang tinggi ini, para coach akan membantu para peserta training dalam menghadapi permasalahan yang dihadapi selama kuliah IT.

Super Coach saat kursus universitas IT

Akses Materi Berlimpah dan Tutorial Selamanya

Para peserta kursus mahasiswa IT di Course-Net, akan mendapatkan materi berupa e-book dan video tutorial. Untuk e-book sendiri, sudah dirangkum dalam Bahasa Indonesia agar lebih mudah dimengerti. Selain itu ada pula pembahasan-pembahasan sesuai dengan materi terkait. 

Sementara itu, video tutorial selain berisi penjelasan materi, juga berisi tutorial dan pembahasan soal-soal. Dengan demikian, peserta bisa mempelajari latihan-latihan soal dari video tutorial ini. Oh iya, e-Book diberikan secara gratis dan video tutorial pun dapat diakses seumur hidup.

Cara Mengikuti Kursus Mahasiswa IT Bersama Course-Net

Jika ingin mengikuti kursus mahasiswa IT di kelas ITversity bersama Course-Net, teman-teman bisa langsung menghubungi Course-Net untuk melakukan konsultasi dan pendaftaran. Konsultasi bisa dilakukan melalui whatsapp. Selanjutnya kita akan diinfokan tentang jadwal, materi, dan proses pembayaran. Mudah bukan? 

Jenjang Karir Kursus di Course-Net

Setelah menyelesaikan perkuliahan dengan dukungan kursus universitas IT di Course-Net, teman-teman bisa memiliki jenjang karir di dunia IT seperti berikut ini :

  • Network Engineer
  • Software Developer
  • Programmer
  • Database Administrator
  • Network / IT Consultant

Kalau sudah ikutan kursus di Course-Net, kayaknya udah siap dan bebas pusing lagi pas menghadapi mata kuliah IT di universitas. Lebih semangat belajar dan berasa punya coach sendiri bisa bikin lebih paham dan pede saat ujian.

Setelah kursus, bisa semakin siap untuk berkarir di dunia IT. Siapa tahu kan mengikuti jejak Nam Do San untuk memiliki perusahaan start-up seperti Samsan Tech.Β 

Jadi, tunggu apalagi? Mempersiapkan diri untuk sukses di dunia IT dengan bergabung bersama Course-Net Indonesia.

Related Posts

36 thoughts on “Ikut Kursus Mahasiswa IT Demi Ikuti Jejak Nam Do San

  1. memang inspirasi itu bisa datang dari mana saja
    dan sangat mencengangkan ketika ada drakor yg temanya cukup beda
    tapi membuat gebrakan dahsyat
    banyak yg mendadak bercita-cita seperti dosan atau jipyeong
    meskipun startup sendiri sudah lama digandrungi
    sangat menginspirasi kak….makasih artikelnya

  2. Keren loh memang,
    Dunia IT itu semakin Canggih dan Maju sekarang

    Dengan mempelajari dunia IT,
    Dunia semakin dalam Genggaman,
    Keren pokoknya,
    Bisa bikin Start up misalnya 😎

  3. Belajar IT sekarang emang jadi kebutuhan sih ya, tapi kalo mau mendalami sbg profesi, membantu banget nih kelas2 pro kayak gini, mentoringnya itu yg spesial

  4. Wah saya pengen lho bisa ikut kursus IT. Dan ide kursus IT via online oke banget nih apalagi di situasi kayak sekarang

  5. Bisa menguasai IT itu banyak banget keuntungannya. Terlebih di dunia persaingan global saat ini. Nyesel banget dulu kuliah nggak ambil jurusan ini

  6. Seruuu banget ini Mbaaa
    anak2 muda jaman now memang jadi punya banyak pilihan ya
    mereka bisa menentukan passion dan profesi yg digeluti secara serius, karena banyak wadah untuk berkembang

  7. Belajar di Course Net Indonesia bakalan jadi orang yang pintar dan berwawasan serba teknologi canggih nih. Memang deh zaman no millenials makin percaya diri mempelajari dan memasuki pekerjaan di bidang IT. Tempatnya keren, materinya juga wow berkualitas ya. TFS mbak Ainun.

  8. Coba jaman itu ada yg bginian, ga bakalan puyeng ngerjain tugas akhir syntax error melulu begadang ampe 3 hari 3 malam, muka pucat pasi, badan kurus demi sebuah gelar *ehh…

    Buat yg masih muda, udh makin keche fasilitas dan informasinya. Tinggal kencengin niat sama usaha mau ga ngejalaninnya plus trus belajar :))

    Super lengkap nih informasinya :)) mantappp

  9. Jaman Now dunnia IT makin hype banget, dan menjajikan, perusahaan2 pun sangat membutuhkan ahlinya. DAn tentunya dengan gaji yang menggiurkan.
    Untungnya ada Course net yang melayani jurusan2 IT yang dibutuhkan ini. Semoga saja mencetak ahli2 yang okay dan siap pakai dibutuhkan di perusahaan yang oke juga.

  10. Anak-anak di rumah juga udah mulai menggeluti coding nih, tapi untuk sementara kami yang mengajarkan dulu sendiri ditambah mereka belajar otodidak.
    Sekarang ini banyak kursus online ya termasuk untuk dunia IT seperti di Course-Net Indonesia

  11. beberapa tahu belakangan memang per IT-an naik daun yaa…jurusan IT di bangku universitas jadi jurusan favorit.
    Lowongan kerja dan kebutuhan kerja bidang IT juga banyak sekali di akhri2 peridoe ini karena ada transformasi digitalisasi di berbagai bidang

  12. Melihat bidang study yang ada di course net jadi ingat masa-masa kuliah. Dan saya sudah lupa semua.. hahaha.. memang butuh niat tinggi untuk kuliah atau belajar IT. Tapi memang masa depan butuh orang-orang yang paham IT.

  13. Wah menarik sekali ini. Kebetulan suamiku jurusan IT dan sdh bekerja di perusahaan IT. Prospek nya memang makin besar ke depannya. Oh ya, kalau di kursus tersebut ada kerjasama dg perusahaan2 alangkah asyiknya, jadi peserta kursus yg berkualitas bisa langsung dites atau disalurkan ke perusahaan2 gitu, kan mantap kalo bs begitu

  14. Ha iya benar banget ini ya, background pendidikan dengan jurusan Information Technology (IT), sangat dibutuhkan dalam perusahaan start-up. Sekarang semakin banyak perusahaan start up ya kak

  15. Cerita drakor start up memang jadi semangat baru untuk para anak muda, jangankan yg muda ya, emak2 yg nonton drakor pun jd banyak ngerti soal start up dan bersemangat

  16. Bener banget, ilmu informatika ini selain membutuhkan latihan dan praktek juga harus dituntun dengan pembimbing yang tepat, agar lebih profesional dan bisa menghadapi segala jenis tantangan di dunia kerja, kemudian.

  17. Bidang IT semakin digemari. Mengingat makin hari teknologi semakin berkembang. Ide yg bagus banget untuk menyediakan tempat kursus IT seperti Course-Net. Jadi Mahasiswa memiliki media lain untuk menambah ilmu dan mengasah skill.

  18. ah benar banget ya mbak, sejak ada drama korea start-up, makin banyak anak muda yg terinspirasi untuk berkarir di bidang IT
    Apalagi secara karir dan pendapatan sangat menjanjikan
    pas banget klo ada tempat kursus IT seperti Course-Net ini, biar skill makin terasah

  19. di Course-Net ada kelas untuk anak-anak nggak ya? yang belajarnya dari dasar banget gitu, buat level pemula. Kalau bisa belajar logika dan algoritma dengan cara yang menyenangkan, kan asyik tuh

  20. Aku dulu jaman SMK jurusannya IT ngambil konsentrasi rekayasa perangkat lunak yang lebih ke pemrograman, tapi pas kuliah aku nggak nerusin IT karena pusing banget sama coding wkwk. Kepake banget belajar IT tuh sekarang di pekerjaan, jadinya aku nggak gaptek-gaptek amat. Haha.

  21. Ini kursus yang paling pas buat anak milenia, sesuai zamannya. Saat ini IT semakin dibutuhkan. Beruntung ya sekarang ada kursus online yang keren, kayak Course Net Indonesia.

  22. Ini keahlian yang bakal semakin trend dan dibutuhkan di masa depan sih menurutku. Malah kalau bisa sebenarnya dasar2 pemrograman gini harusnya sudah bisa dipelajari anak2 SMA juga supaya Indonesia punya lebih banyak Nam Do San baru. Ya nggak?

  23. Jurusan ini bakalan semakin booming di masa depan mengingat digitalisasi sudah merambah semua bidang kehidupan. Beruntung nih yang punya ketertarikan di bidang ini.

  24. Jurusan IT memang sejak dulu udah jadi jurusan favorit. Banyak peluang juga yang membutuhkan tenaga IT. Dan tentu saja gak mudah untuk masuk ke jurusan yang banyak peminatnya. Tapi sekarang bisa dibantu dengan mengikuti kursus onlie seperti Course Net Indonesia ya..

  25. Penting sih emang ngambil kursus IT diluar pelajaran kuliah. Bisa langsung praktek dan nambah network juga. Aku setuju nih sama kursus seperti ini supaya makin banyak ragamnya.

  26. Membaca ini aku malah pusing. Ya, pusing dengan dunia IT, memang bukan duniaku ternyata. Padahal dulu pas SMA aku sempat tertarik dan kursus di saat orang-orang belum pada punya komputer. Sampe bahasa pemograman zaman itu.

  27. Wah keren nih, drakornya bagus mbak? Saya sepakat mbak, IT memang sekarang sangat diminati, apalagi anak SD pun sudah dikasih pelajaran ini. Saya sampai kaget karena perkembangan teknologi & kurikulum ternyata saling melengkapi πŸ˜€

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *