Template Presentasi Gratis Slidesgo

Mempercantik Tampilan Presentasi Menggunakan Template Presentasi Gratis Slidesgo

Melakukan presentasi adalah hal yang kerap kali dilakukan di dunia bisnis maupun pendidikan. Tentu ada banyak tujuan dilakukannya presentasi. Yang paling sering kulakukan sih presentasi untuk program kerja atau sharing pengetahuan tertentu. 

Dalam melakukan presentasi tentu diperlukan persiapan. Salah satunya adalah materi presentasi. Membuat materi presentasi yang menarik secara visual tentu akan memanjakan mata dan menarik fokus para peserta rapat atau training. 

Bayangkan jika kita melihat orang lain mempresentasikan materi dengan tampilan layar penuh dengan tulisan. Melihatnya pun rasanya jadi malas. 

Jujur saja, aku merasa kemampuan untuk berbicara saat presentasi masih harus terus diasah. Selain mencoba terus latihan, aku coba menutupi kekuranganku tersebut dengan membuat materi presentasi yang menarik. 

Ketika mampu menampilkan visual presentasi yang menarik, aku merasa lebih pede saat memulai presentasi. Salah satu upayaku dalam membuat visual presentasi yang menarik adalah dengan mempercantik tampilan presentasi menggunakan template presentasi gratis Slidesgo.

Mengenal Slidesgo โ€“ Template Presentasi Gratis

Slidesgo merupakan salah satu project dari Freepik Company yang dimulai sejak tahun 2019. Freepik Company sendiri adalah perusahaan yang menyediakan berbagai sumber grafik dengan kualitas konten terbaik dan dapat diakses secara gratis. Konten yang ditawarkan antara lain ilustrasi, foto, ikon, mockup, dan template presentasi. 

Slidesgo menyediakan template presentasi khususnya Google Slides dan PowerPoint yang dapat diunduh secara gratis. Ada ratusan (bahkan lebih) template presentasi yang tersedia di Slidesgo. Template presentasi ini bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan kita.

Cara Mengakses Template Presentasi Gratis Slidesgo

Untuk mendapatkan template presentasi gratis Slidesgo, caranya mudah saja. 

  1. Kunjungi website slidesgo.com
  1. Pilih template presentasi sesuai kategori yang diinginkan.
    Contoh : saya memilih kategori Education.
  1. Pilih template yang diinginkan
  1. Download template ke Google Slides atau PowerPoint.
    Jika memilih Google Slides, kita akan diarahkan ke akun Google Drive. Sementara itu, jika memilih PowerPoint, file dengan format .pptx akan diunduh ke PC kita.
  1. Selanjutnya, kita bisa melakukan editing terhadap template yang kita pilih di platform yang kita inginkan. 

Alasan Memilih Template Presentasi Gratis Slidesgo

Sebenarnya, ada banyak sumber template presentasi gratis. Tapi, aku sendiri sudah jatuh hati dengan Slidesgo. Setiap membuat presentasi, aku akan mencari template ke Slidesgo dulu. Ada beberapa alasan kenapa aku memilih template presentasi gratis Slidesgo, antara lain:

Dapat memilih template sesuai kebutuhan, warna, dan style

Alasan yang paling utama kenapa aku selalu memilih Slidesgo ya karena variasi pilihan template yang banyak banget. Selain itu, kita bisa memilih sesuai dengan kebutuhan presentasi yang akan kita lakukan. 

Misalnya saja, ketika mempersiapkan presentasi untuk atasan, tentu saja aku mencari di kategori Business dan memilih template yang minimalist. Ketika presentasi proposal terkait dengan program lingkungan, aku mencari template dengan keyword environtment. 

Gaya presentasi pun bisa kita pilih, apakah mau gaya kartun, minimalis, elegan, atau lainnya. Selain itu, dalam satu template presentasi, kita juga bisa memilih dan menyesuaikan warna template presentasi yang kita inginkan. 

Tampilan disertai dengan berbagai ilustrasi yang menarik

Ketika mendownload template presentasi gratis dari Slidesgo, kita akan mendapatkan beberapa contoh slide presentasi dengan grafis dan ilustrasi yang menarik. 

Ilustrasi tak hanya disediakan di contoh slide saja. Tapi juga ada tambahan ilustrasi yang bisa kita sesuaikan saat menyusun presentasi. Jadi gak perlu susah-susah nyari sumber ilustrasi atau gambar lain untuk presentasi. 

Disertai dengan ratusan icon-icon untuk mendukung presentasi

Selain adanya ilustrasi, template presentasi Slidesgo juga menyediakan icon-icon yang bisa digunakan untuk meningkatkan visual tampilan presentasi.Icon-icon ini juga disediakan sesuai kategori, ada business, people, SEO, dsb. Jadi, kita bisa ambil sesuai kebutuhan kita. 

Tak hanya icon sih, grafis seperti peta, pie-chart, juga disediakan oleh Slidesgo. Semua bisa diedit dan kita sesuaikan dengan apa yang ingin kita presentasikan.  

Sudah sesuai dengan tips tampilan presentasi

Untuk tips tampilan presentasi itu banyak sekali sebenarnya. Mulai dari jenis font yang dipakai, ukuran font yang cocok, komposisi warna yang sesuai, dsb. 

Template Presentasi dari Slidesgo, menurutku sudah merangkum hal-hal yang disarankan dalam tampilan presentasi. Terdapat hierarki jenis font dan ukuran font dalam presentasi. Selain itu, ukuran font yang dipakai pun telah diseragamkan dalam setiap slide. 

Komposisi peletakan element baik gambar maupun tulisan pun sudah diperhitungkan. Jadi, kita tinggal mengedit konten presentasinya saja.


Itu tadi salah satu rekomendasi website untuk mendapatkan template presentasi gratis yaitu Slidesgo. Oh iya, karena template ini gratis, ada baiknya ketika kita menggunakan template ini tetap memberikan credit untuk Slidesgo, Freepik, dan Flaticon. Credit tersebut biasanya tersedia di halaman Thanks. 

Demikianlah ulasanku tentang website penyedia template presentasi gratis yaitu Slidesgo. Semoga bisa membantu saat harus membuat presentasi.

Kalau ada yang punya rekomendasi template presentasi lain, boleh share di kolom komen ya ๐Ÿ™‚ Terima kasih

Related Posts

14 thoughts on “Mempercantik Tampilan Presentasi Menggunakan Template Presentasi Gratis Slidesgo

    1. benar mba, kadang saya suka ngerasa ga pas sama layout yang bawaan dari software. Kalau dengan template seperti dari Slidesgo gini, rasanya udah tinggal ngelengkapin materinya aja

    1. iya mba, untuk presentasi personal maupun di bisnis, jika tampilannya menarik harapannya jadi eye-catching duluan dan bikin betah penonton ๐Ÿ™‚

  1. Sudah lebih dari 5 tahun kerja baru tau kalau ada ini, lho. Merasa gagal deh jadi karyawan. Tapi terima kasih informasinya, ya. Ini ternyata templatenya juga gemas-gemas banget dan nggak kaku.

  2. Awalnya aku kira ini sebatas template slide ppt aja. Tapi setelah lihat ke bagian icon-icon-nya, mata langsung melek. Ini yang saya cari-cari.

    As we know, presentasi yang terlalu “tekstual” tanpa sentuhan “visual” akan jadi membosankan. Terima kasih sudah berbagi mbak. Aku unduh setelah ini.

  3. Saya belum pernah menggunakan slidesgo. Biasanya di aplikasi lain. Tapi yang menjadi keunggulan SlidesGo menurut saya kumpulan icon-nya yang saya kira jarang ada di aplikasi presentasi. Bahkan template blog saja, untuk menggunakan icon jenis di atas harus bayar langganan.

  4. Tampilan SlidesGo bagus dan cantik yaa..
    Bagi yang presentasinya mengandalkan banyak gambar dengan sedikit tulisan agar mudah dipahami, SlidesGo bisa banget manjadi solusi membuat presentasi yang cantik.
    Haturnuhun, kak Fainun.

  5. aku sudah lama banget nggak bikin presentasi. kerjaan yang sekarang nggak menuntut presentasi soalnya. tapi memang pastinya lebih enak kalau ada template yang bisa memudahkan untuk urusan presentasi ini

  6. Ini buat bikin report gitu bisa juga ya.. ku jarang bikin presentasi tapi kalo report gitu suka bikin lewat PPT.. pengen cek ah keknya banyak template yang lucu lucu.. biar baca repotnya gak bosenin hihi

  7. udah lama gak berurusan dengan slide presentasi, tapi boleh nih referensinya ku info ke Paksuami jugaa ahh biar dia kalau buat materi presentasi ngajarnya coba pakai Slidesgo ini, apalagi lengkap gini ya fitur-fiturnya. Bikin orang yang lihat juga jadi senang ๐Ÿ™‚

  8. Wah pantasan tuh ya sekarang banyak presentasi yang menarik meskipun webinar. Dan memang penting apalagi webinar karena kita harus yakin yang menyaksikan benar-benar stay sampai akhir karena penasaran, bukan tertidur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *