Informasi Lokasi dan Harga Tes Covid di Palembang

Informasi Lokasi dan Harga Tes Covid di Palembang

Adanya pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19), membuat kita lebih waspada. Kita berupaya dengan melakukan tindakan preventif dengan protokol kesehatan 3M (Memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan). Selain itu, kita juga bisa melakukan pengujian apakah tubuh kita terinfeksi virus Covid-19 atau tidak. Terdapat beberapa jenis tes covid. Mari kita bahas detail tes covid di Palembang beserta info lokasi dan harganya. 

Mengenal Beberapa Tipe Tes Covid

Mungkin teman-teman pernah mendengar adanya aturan untuk melakukan rapid test saat akan bepergian dengan kendaraan umum. Lalu, aturan itu berubah. Kini yang harus dilakukan adalah rapid test antigen sebelum naik pesawat terbang. Tentu ini membuat kita bertanya-tanya, apa sih bedanya rapid tes dan rapid tes antigen. Ada pula pengujian tes covid dengan istilah swab PCR. 

Jadi, secara umum, terdapat 3 (tiga) jenis tes covid di Indonesia saat ini. Ketiganya adalah rapid test antibodi, swab antigen / rapid test antigen, dan PCR. Mari kita bahas satu-satu. 

Rapid Test Antibodi

Rapid test antibodi adalah tes covid yang mengambil sampel berupa darah dari ujung jari atau lengan. Rasanya sih seperti ketika tes gula darah gitu. 

Proses untuk pendaftaran, pengambilan sampel, sampai pengambilan hasil, tak terlalu lama. Berkisar 10-15 menit saja. 

Jenis pemeriksaan tes covid rapid test antibodi ini biasa digunakan untuk skrinning saja. Terkadang terdapat hasil ‘false negative’. Oleh karena itu, banyak yang bilang akurasi dari tes ini paling rendah dibanding tes lainnya. 

info dan lokasi harga rapid tes covid di Palembang

Swab Antigen / Rapid Test Antigen

Rapid Test Antigen merupakan jenis tes covid yang baru-baru ini banyak diselenggarakan di Indonesia. Jika Rapid Test Antibodi mengambil sampel darah, Rapid Test Antigen mengambil sampel berupa lendir dari hidung. 

Proses yang dilakukan adalah dengan melakukan swab ke hidung. Proses ini bagiku cukup menyakitkan dan rasanya aneh. 

Sesuai namanya, untuk pendaftaran, pengambilan sampel, hingga pengambilan hasil pun tak lama. Untuk hasil bisa didapat setelah 15 menit dari pengambilan sampel. 

Tingkat akurasi dari Rapid Test Antigen lebih tinggi dibanding Rapid Test Antibodi. Namun, tes covid ini juga masih digunakan untuk skrining saja. 

tes covid swab di Palembang
Pengambilan sampel dengan metode swab di hidung

Polymerase Chain Reactio (PCR) 

Tes covid PCR sampai saat ini merupakan pemeriksaan yang dianggap tingkat akurasinya paling tinggi. Tes covid PCR juga digunakan untuk penegakan diagnostik. Biasanya tes ini dilakukan kepada orang-orang yang mengalami gejala Covid-19. 

Sampel yang diambil mirip dengan Rapid Test Antigen, yaitu lendir yang berada di hidung dan tenggorokan. Prosesnya pun sama, yaitu dengan melakukan swab di kedua area tersebut. Hidung dan tenggorokan menjadi lokasi di mana virus dapat menggandakan dirinya. 

Proses pengambilan sampel sebenarnya tak lama. Jika prosesnya tak perlu mengulang, tak sampai 5 menit. Namun, untuk hasil, biasanya dikeluarkan dalam 2-3 hari setelah tes covid dilaksanakan. 

Lokasi dan Harga Tes Covid di Palembang

Dengan membandingkan akurasi dan kepentingan, teman-teman dapat memilih tes covid yang akan dilakukan. Harga tes covid di Palembang sendiri berbeda-beda. Sebelum melaksanakan tes covid, kita harus membawa KTP terlebih dahulu untuk pendaftaran dan pendataan. 

Berikut ini info beberapa lokasi dan harga tes covid di Palembang. 

Harga Tes Covid di RS Pusri

RS Pusri menyediakan 3 jenis tes covid yaitu Rapid Test Serologi dengan harga Rp150.000,-, Rapid Test Antigen dengan harga Rp250.000,-, dan RT-PCR Swab Test dengan harga Rp900.000,-. Jadwal pelaksanaan tes covid di RS Pusri adalah setiap Senin-Jumat pukul 8 pagi hingga 4 sore. Ada baiknya menghubungi kontak RS Pusri terlebih dahulu untuk pendaftaran di 0811-7246-322.

Informasi harga tes covid di RS Pusri Palembang

Area tes covid di RS Pusri berada di dekat parkiran mobil. Langsung saja ke area tersebut setelah melakukan pendaftaran.

Harga Tes Covid di Bandara Palembang

Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang bekerja sama dengan Farmalab dalam menyelenggarakan tes covid. Terdapat 2 jenis tes covid di bandara Palembang yaitu Rapid Test Antibodi seharga Rp80.000,- dan Rapid Test Antigen dengan harga Rp200.000,-.

Tes covid di bandara Palembang dilakukan di 2 lokasi. Untuk calon penumpang yang berpergian dengan pesawat dari bandara Palembang, bisa ke Airport Health Center di Skybridge lantai 2, tepat di sebelah Kimia Farma. Jam operasional di lokasi pertama ini adalah 05.30-19.30.

Informasi harga tes covid di Bandara SMB II Palembang

Bandara SMBII juga menyediakan tes covid drive-thru di Palembang. Lokasinya berada di Parkiran D4-D5 Bandara SMBII. Terdapat area tes dan area tunggu pengambilan hasil. Karena drive-thru, pengambilan sampel tes dilakukan di mobil saja. 

Harga Tes Covid di Kimia Farma Palembang

Beberapa apotik Kimia Farma Palembang menyediakan tes covid Rapid Test. Harga yang ditawarkan adalah Rp145.000,-. 

Bagi yang ingin melakukan rapid test, dapat langsung mendatangi klinik Kimia Farma terdekat di kota Palembang. 


Demikianlah beberapa info lokasi dan harga tes covid di Palembang. Jika ada informasi terbaru, artikel ini akan diupdate secara berkala. 

Related Posts

2 thoughts on “Informasi Lokasi dan Harga Tes Covid di Palembang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *