Investasi SBR004 dengan BNI Mobile

Menabung saja itu tidak cukup, kalimat seperti itu beberapa kali terngiang di kepala sejak mengikuti beberapa seminar di kantor dari perusahaan sekuritas. Menabung dan berinvestasi bisa dibilang kegiatan serupa, keduanya menempatkan uang di tempat lain yang dirasa aman. Namun, banyak yang mengatakan bahwa biasanya menabung dilakukan untuk tujuan jangka pendek sementara investasi dilakukan untuk mencapai tujuan jangka panjang. Sebenarnya, ada juga yang bilang menabung adalah investasi namun untuk jangka pendek.

Ada banyak macam dan cara untuk berinvestasi, bisa jangka pendek melalui tabungan, forex trading, saham, atau deposito. Bisa juga dengan tujuan jangka panjang melalui emas, reksa dana, tanah, bangunan, obligasi, dll.

Saving Bond Ritel 004 yang baru keluar

Baru-baru ini, Kementerian Keuangan Republik Indonesia mengeluarkan Saving Bond Ritel (SBR). SBR merupakan Obligasi Negara atau instrumen investasi yang ditawarkan kepada individu atau perseorangan Warga Negara Indonesia (WNI). Pada periode Agustus – September 2018 ini, SBR004 adalah kode SBR yang ditawarkan. Pemerintah merencankan bahwa pembiayaan dari hasil penerbitan SBR 004 akan digunakan untuk membiayai kegiatan-kegiatan Pemerintah yang produktif.

Terdapat beberapa Mitra Distribusi SBR004 ini antara lain Bank BNI, Bank Mandiri, Bank BTN, Bank BCA, Bank Permata. Bisa juga melalui perusahaan sekuritas atau start-up keuangan seperti Bareksa, Investree, TanamDuit, Trimegah Sekuritas, atau Modalku.

Kenapa Berinvestasi SBR004?

Biar berasa kaya, bisa ngutangin negara? Hehehe, engga ding. Jujur, yang buat saya tertarik adalah tenor jatuh temponya yang tak terlalu lama, hanya 2 tahun dan perkiraan jatuh tempo sekitar September 2020. Ehm, kalo dihitung-hitung lumayan buat anak masuk sekolah.

Selain itu, keuntungan lain dari membeli SBR004 adalah investasi ini dijamin oleh negara kupon dan pokoknya. Investasinya terbilang ringan karena mulai dari 1 juta rupiah. Ya, lumayan daripada ‘kebuang’ jajan, mending langsung alihin buat investasi.

Kalau dilihat dari returnnya, bisa dibilang lebih tinggi dari rata-rata Deposito. Belum lagi ada Bebas Risiko Suku Bunga dengan sistem floating with floor, jadi besar kupon akan mengikuti kenaikan suku bunga acuan Indonesia (BI 7 day Repo Rate) yang di-review setiap 3 bulan, dan tetap memiliki tingkat kupon minimal yang menguntungkan.

Cara Berinvestasi SBR004

https://www.kemenkeu.go.id/sbr
Langkah Mudah Berinvestasi SBR004 – Kemenkeu

Ada banyak Mitra Distribusi untuk SBR004. Namun, saya memilih di BNI karena memang sebelumnya pernah berinvestasi pembelian Sukuk Ritel juga di BNI.

Secara umum proses yang dilakukan sama, antara lain:

  1. Registrasi
    Registrasi perlu dilakukan jika kita belum memiliki nomor SID (Single Investor Identification). SID adalah kode tunggal dan khusus yang diterbitkan oleh Kustodian Sentral Efek lndonesia (KSEI)
    selaku lembaga penyimpanan dan penyelesaian. Nomor SID akan diberikan kepada investor pasar modal seperti reksadana, saham, atau lainnya.
    Untuk mendapatkan SID, kita bisa menghubungi Mitra Distribusi yang dipilih. Untuk yang memilih BNI sebagai Mitra Distribusi, kita bisa mengunjungi Cabang BNI terdekat atau Pemasar BNI untuk membuat atau mendaftar SID dan Rekening Surat Berharga (Subreg).
  2. Pemesanan
    Jika kita telah memiliki SID, kita bisa melakukan pemesanan SBR004 langsung. BNI menawarkan pemesanan melalui BNI Mobile Banking & BNI Internet Banking.
    Akhir-akhir ini, saya lebih sering menggunakan BNI Mobile Banking untuk transaksi finansial BNI, termasuk memesan SBR004 ini.

    New photo by Faridilla Ainun (fainun) / Google Photos

    Untuk pemesanan SBR 004, caranya sebagai berikut:

  • Login ke BNI Mobile Banking dengan userID dan MPIN
  • Pilih menu Investasi – lalu pilih SBN RITEL
  • Baca Syarat & Ketentuan berlaku, lalu setujui syarat-syarat.
  • Pilih menu PEMESANAN
  • Pilih SERI yang ditawarkan yaitu SBR004, setujui memorandum informasi
  • Isi nominal pemesanan SBR004 dan selesaikan transaksi dengan validasi
  • Akan ada bukti pemesanan, terdapat Nomor Tagihan / Kode Billing yang terdiri dari 15 digit. Catatlah nomor tersebut.

Pemesanan hanya dapat dilakukan pada saat masa penawaran SBR004 yaitu 20 Agustus – 13 September 2018.

 

  1. Pembayaran
    Setelah pemesanan diverifikasi (verified order), akan ada mendapatkan kode pembayaran (Billing Code) yang didapatkan dari Mitra Distribusi. Untuk BNI, kode pembayaran adalah Kode Billing yang telah didapatkan di akhir proses pemesanan.

    New photo by Faridilla Ainun (fainun) / Google Photos

    Untuk pembayaran kita dapat melanjutkan proses di Mobile Banking juga dengan cara:

    1. Masuk kembali ke menu Investasi – lalu pilih SBN RITEL
    2. Pilih menu PEMBAYARAN
    3. Masukkan Kode Billing yang telah didapatkan sebelumnya
    4. Lakukan pembayaran akan muncul konfirmasi jika Transaksi Berhasil
  2. Konfirmasi
    Setelah pembayaran, kita akan memperoleh NTPN (Nomor Transaksi Penerimaan Negara) dan notifikasi completed order serta akan memperoleh alokasi SBR004 pada tanggal setelmen. Untuk mengecek bagaimana status pembayaran, kita bisa mengecek dengan cara:

    1. Masuk kembali ke menu Investasi – lalu pilih SBN RITEL
    2. Pilih menu INFORMASI – STATUS PEMESANAN
    3. Pilih Seri Status Pemesanan yang pernah kita pesan dan bayar.

 

 

Demikian cara investasi SBR004 dengan Mobile Banking BNI. Masih ada waktu 3 hari bagi yang ingin berinvestasi SBR004. Untuk yang ingin tahu info lebih dari SBR004 bisa mengakses web Kemenkeu atau tonton video berikut.

You may also like

20 Comments

  1. Dari dulu saya masih meraba-raba soal investasi apalagi ada temen yang pernah cerita tentang investasi abal-abal jadi ngeri. Dan saya sendiri pun belum pernah nyoba. Terima kasih infonya, mba..jadi dapat info-info lagi terkait investasi apalagi ini invest ke negara ya 👍

  2. Wah baru tahu saya ini. Padahal saya juga pengguna BNI lho.
    Semakin canggih teknologi semakin mempermudah nasabah untuk melakukan berbagai hal terkait keperluan dengan akun banking kita ya.

    Salam
    Okti Li

Haiiiii, terima kasih ya telah berkunjung....Aku senang sekali kalau teman-teman mau meninggalkan jejak berupa komentar :)