Rencanakan Masa Depan Sejak Dini

“Apa yang akan Anda lakukan tahun depan, lima tahun, atau sepuluh tahun ke depan?” Pertanyaan dasar ini, sering sekali kita dengar dan dilontarkan banyak orang. Meskipun terlihat sederhana, pertanyaan ini kadang terlihat mengerikan bagi orang yang belum memikirkan masa depannya. Masa depan adalah sebuah misteri kehidupan yang, mau tidak mau, akan kita hadapi nantinya. Baik atau buruk, masa depan tidak akan bisa dihindari. Namun, Anda bisa mengantisipasinya dengan melakukan perencanaan-perencanaan matang terkait langkah strategis untuk menjalani hidup Anda selama lima bahkan 10 tahun ke depan. Untuk itu, sudah saatnya Anda berpikir untuk merencanakan masa depan atau planning masa depan.

Masa Depan yang Baik Adalah yang Direncanakan

Perencanaan masa depan kadang dipandang sebelah mata oleh kebanyakan orang, apalagi bagi mereka yang berpegang teguh pada prinsip “jalani saja”. Prinsip seperti ini tidak salah, namun alangkah baiknya apabila Anda mulai memikirkan rencana-rencana ke depan secara matang agar tidak menyesal di kemudian hari. Penyesalan memang datang terlambat, namun tidak ada yang bilang bahwa penyesalan tidak dapat dicegah, kan? Guna merencanakan masa depan yang lebih baik, Anda dapat memulainya dengan beberapa hal mendasar namun bisa berdampak besar nantinya.

planning masa depan

Memperhitungkan Penghasilan dan Pengeluaran

Wacana mengenai penghasilan dan pengeluaran memang tidak akan pernah habis, apalagi jika berkaitan dengan masa depan. Kebiasaan dan gaya hidup yang Anda jalani sekarang kurang lebih memengaruhi kedua aspek ini. Ada baiknya, sekarang Anda mulai memperhitungkan ke mana saja penghasilan Anda akan bermuara dan untuk apa saja pengeluaran Anda dialokasikan. Dengan mulai memperhitungkan kedua aspek tersebut, mungkin saja Anda bisa menabung untuk hal-hal yang direncanakan di masa depan; misalnya menikah dan berkeluarga, memiliki rumah idaman, mulai berbisnis dan lain-lain.

Mempersiapkan Dana Darurat

Dana darurat merupakan sejumlah dana yang dikumpulkan dan dapat digunakan sewaktu-waktu dalam keadaan genting atau darurat. Dengan memiliki dana darurat, setidaknya Anda memiliki upaya pencegahan yang solid apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan secara tiba-tiba dan mengakibatkan kerugian secara finansial di masa depan. Mengumpulkan uang untuk mempersiapkan dana darurat memang tidak mudah. Namun, bukan berarti merencanakan dana darurat sulit untuk dilakukan. Kuncinya, mulai secara perlahan dan konsisten; pertimbangkan aspek penghasilan dan pengeluaran sehingga tidak memberatkan Anda. 

persiapan dana darurat

Menggunakan Asuransi

Meskipun banyak orang masih skeptis dan ragu, memiliki produk asuransi menjadi salah satu poin penting dalam daftar panjang mempersiapkan masa depan. Apa pun produknya, asuransi memberikan perlindungan di masa depan, baik proteksi diri, keluarga, aset dan harta, serta investasi. Anda hanya perlu mempelajari dan mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai jasa asuransi yang ditawarkan perusahaan-perusahaan asuransi di Indonesia dan memilih sesuai kebutuhan. Dengan asuransi yang tepat, perencanaan masa depan Anda akan jauh lebih mudah.

menggunakan produk asuransi

Mempersiapkan Masa Pensiun Sejak Dini

Kata “pensiun” mungkin masih jauh dari benak Anda saat ini. Tapi, tidak ada salahnya jika Anda mulai mempersiapkan bagaimana Anda akan menghabisi masa tua dari sekarang. Mempersiapkan masa pensiun sebetulnya dapat dilakukan dengan hal-hal sederhana seperti menabung. Sisihkan sedikit gaji atau penghasilan Anda untuk mempersiapkan hari tua nanti. Anda juga bisa mulai belajar berinvestasi atau mengelola pasar modal. Selain itu, jika Anda tidak ikut program BPJS atau semacamnya, Anda dapat membuka tabungan pensiun atau hari tua di Bank atau institusi keuangan yang menawarkan layanan tersebut.

merencanakan masa pensiun


Masa depan memang tidak dapat diprediksi. Namun, tidak ada salahnya jika Anda memiliki perencanaan yang matang dan strategis untuk masa depan Anda salah satu nya dengan memilih produk asuransi dari AXA Mandiri. Karena, masa depan yang baik adalah masa depan yang direncanakan. Jadi, siap menyusun planning masa depan sejak sekarang?

Related Posts

One thought on “Rencanakan Masa Depan Sejak Dini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *