Yuk, Liburan Akhir Pekan ke Lampung

Pernah gak merasakan suntuk banget di kantor dan di saat yang sama merasa kangen sama yang namanya air laut? Itu artinya kamu lagi dapat kode dari alam yang menyuruhmu untuk liburan, hehehe. Untuk teman-teman yang ada di Palembang dan kangen banget sama yang namanya laut, express escape alias tempat yang lumayan dekat dan bisa dijangkau dengan mudah untuk liburan akhir pekan serta punya pantai yang indah adalah Provinsi Lampung. Aku dan teman-teman lumayan sering menghabiskan liburan akhir pekan ke Lampung ketika suntuk banget di kantor.

Mengenal Pesona Lampung

Lampung adalah provinsi di ujung selatan Pulau Sumatera. Banyak area di provinsi ini yang dikelilingi oleh laut. Selain itu, Lampung juga memiliki kontur tanah yang bervariasi. Dengan kondisi alamnya, Lampung bisa dibilang salah satu surga wisata.

Sejak beberapa tahun belakangan, nama Lampung semakin terkenal karena pesona pantai dan wisata lautnya yang indah. Sebenarnya, Lampung mudah juga untuk dijangkau oleh teman-teman yang berada di Jabodetabek. Tak jarang, aku berjanji sama teman-teman dari Jakarta untuk liburan bersama di Lampung. Berikut ini beberapa tujuan wisata popular di Provinsi Lampung.

Tujuan Wisata Populer di Lampung

Pulau Pahawang dan Pulau Tegal Mas

Merupakan salah satu tujuan favorit di Lampung karena memiliki pantai yang indah serta keindahan alam bawah laut yang menakjubkan.

Liburan akhir pekan ke Lampung Pulau Pahawang
Aktivitas wajib di Pulau Pahawang : Snorkeling

Gunung Anak Krakatau

Salah satu pesona alam Lampung yang juga bersejarah karena terkait dengan peristiwa meletusnya Gunung Krakatau pada 26 Agustus 1883.

Taman Nasional Way Kambas

Salah satu taman nasional dan sekolah gajah di Indonesia

Teluk Kiluan

Di lokasi ini, kita dapat melihat lumba-lumba pada pagi hari.

Liburan akhir pekan ke Lampung Teluk Kiluan
Banyak lumba-lumba di Kiluan Lampung

Puncak Mas

Daerah perbukitan yang asri dan cocok untuk sesi pemotretan.

Liburan Akhir Pekan di Puncak Mas Lampung
Mampir di Puncak Mas Lampung

Merencanakan Liburan Akhir Pekan ke Lampung

Untukku yang berada di Palembang, pergi ke Lampung di akhir pekan bisa-bisa saja. Walaupun hanya di akhir pekan, perencanaan sebelum liburan tentu tetap perlu dilakukan. Nah berikut ini beberapa hal yang kerap aku lakuka dalam merencanakan liburan akhir pekan ke Lampung.

–          Tetapkan Tujuan dan Buat Itinerary

Akhir pekan sebenarnya bukanlah waktu yang panjang untuk liburan. Namun, jika sekedar melepaskan penat dari rutinitas yang membosankan, tentu saja sudah cukup.

Pertama, kita dapat menetapkan tujuan wisata yang ingin didatangi selama di Lampung. Beberapa tempat wisata di Lampung memiliki jarak yang lumayan jauh satu sama lain. Jadi, paling kalau di akhir pekan kita bisa mendatangi tempat wisata di daerah yang sama saja dan sekitar kota Bandar Lampung.

Jika kangen laut dan pantai, aku akan merencanakan datang ke Pulau Pahawang atau Pulau Tegal Mas lalu berkeliling kota Bandar Lampung untuk membeli oleh-oleh dan kulineran.

Setelah menetapkan tujuan, buat itinerary secara lebih mendetail dengan perhitungan waktu dan biaya. Adanya perencanaan yang baik juga bisa lebih menarik teman-teman untuk diajak liburan bersama.

–          Cari Teman Untuk Liburan Bersama

Sering kali aku merasa liburan tak lengkap jika hanya seorang diri saja, apalagi untuk menghilangkan suntuk. Maka dari itu, mencari teman untuk liburan bersama adalah hal yang juga perlu untuk dilakukan.

Pesan Tiket kereta api Liburan akhir pekan ke Lampung
Makin ramai teman, makin seru…

Selain semakin ramai semakin seru, semakin ramai juga bisa membuat biaya yang dikeluarkan semakin sedikit. Misalnya, kita harus menyewa kapal untuk snorkelling, tentunya jika biaya sewa kapal dibagi banyak orang gak membuat kita boncos alias gak menghabiskan uang terlalu banyak.

–          Pesan Transportasi dan Akomodasi

Setelah tujuan dan teman yang akan ikut serta liburan akhir pekan ke Lampung sudah didapatkan datanya, saatnya kita memesan transportasi dan akomodasi.

Transportasi dari Palembang ke Lampung bisa menggunakan travel, pesawat, atau kereta api. Namun, jika untuk liburan akhir pekan, aku lebih senang mengajak teman-teman ke Lampung menggunakan kereta api.

Alasan Memilih Menggunakan Kereta Api ke Lampung dari Palembang

Kereta api adalah salah satu alat transportasi yang kerap kugunakan untuk liburan akhir pekan ke Lampung dari Palembang. Beberapa alasan ini membuatku nyaman menggunakan kereta api :

Jadwal keberangkatan yang pas

Kereta api punya jadwal keberangkatan yang pas. Dari Stasiun Kertapati Palembang maupun dari Stasiun Tanjung Karang Lampung, kereta api Sriwijaya berangkat pada pukul 21.00. Jika kita liburan akhir pekan ke Lampung, kita bisa berangkat di Jumat malam dan sampai di pagi keesokan harinya. Waktu berangkat pukul 9 malam membuat kita bisa lebih leluasa bersiap-siap setelah pulang kerja yang biasanya pukul 4 atau 5 sore.

Lega untuk beristirahat dengan nyaman

Karena sebenarnya kita hanya ‘pindah tidur’ saja di Jumat malam, pastinya kita ingin tetap tidur yang berkualitas. Ruangan kereta api lebih lega dan nyaman untuk tidur, jika dibandingkan memilih travel untuk pergi ke Lampung.

Anti macet macet club

Memiliki jalur sendiri membuat kereta api bebas hambatan alias macet. Paling-paling, karena hanya 1 jalur, kita terpaksa berhenti karena bergantian dengan kereta api pengangkut batu bara. Namun, biasanya sih tak lama dan jam kedatangan pun tak terlalu molor dari yang telah ditentukan.

Langsung turun dan berangkat di kota Bandar Lampung

Tujuan akhir di Lampung adalah Stasiun Tanjung Karang. Stasiun ini berada di kota Bandar Lampung. Berada di tengah kota membuat akses dari stasiun ke tempat tujuan lain semakin nyaman.

Pembelian Tiket Kereta Api dengan Pegipegi

Nah sekarang saatnya memesan tiket kereta api untuk ke Lampung dari Palembang. Aku biasa melakukan pemesanan di Pegipegi. Pemesanan tiket kereta melalui Pegipegi bisa dilakukan melalui website maupun aplikasi.

Pesan Tiket Kereta Api di Pegipegi

Ada berbagai pilihan rute kereta api yang ditawarkan. Ini karena Pegipegi bekerja sama langsung dengan pihak PT Kereta Api Indonesia dan PT Railink. Jadi, kita bisa melakukan pembelian tiket kereta api untuk berbagai rute, tanggal, dan kelas. Pembelian tiket kereta api bisa mulai dari 90 hari sebelum tanggal keberangkatan hingga 3 jam sebelum jadwal keberangkatan kereta.

Setelah masuk ke website atau aplikasi Pegipegi, kita bisa mencari menu kereta api. Setelah itu, masukkan rute kereta api yang ingin dibeli, tanggal keberangkatan, serta jumlah penumpang.

Proses Pemesanan Tiket Kereta Api di Aplikasi Pegipegi

Pilihlah jadwal kereta dan harga tiket yang diinginkan. Oh iya, pemesanan kereta api jika dilakukan jauh-jauh hari bisa mendapatkan harga yang lebih murah dan masih banyak pilihannya loh. Di Pegipegi juga kita bisa memilih tempat duduk yang diinginkan untuk perjalanan yang akan dilakukan.

Jika sudah selesai melakukan pemesanan tiket kereta api, jangan lupa melakukan pembayaran ya. Ada berbagai metode pembayaran yang disediakan oleh Pegipegi, mulai dari ATM Transfer, kartu kredit, pembayaran di mini market, juga internet banking. Oh iya, saat pembayaran, teman-teman juga bisa mengisikan kupon diskon promo (jika ada) untuk mendapatkan potongan harga.

Setelah pembayaran selesai, kita akan mendapatkan bukti pembelian tiket kereta api. Nanti, kita tinggal cetak boarding pass saja di stasiun kereta api keberangkatan. Mudah kan?

Urusan tiket selesai, sekarang saatnya mempersiapkan diri untuk liburan akhir pekan. Selamat liburan akhir pekan ya….

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *