Bagi yang berkecimpung di dunia mesin, mungkin sudah tak asing lagi dengan komponen-komponen yang menyusun sebuah mesin besar. Salah satu komponen dari sebuah mesin yang perlu diperhatikan adalah bearing. Bearing (bantalan) merupakan elemen mesin yang memiliki fungsi untuk membatasi gerak relative antara dua atau lebih komponen mesin, sehingga dapat bergerak pada arah yang diinginkan. Pada mesin otomotif misalnya, bearing pada roda sangat penting untuk diperhatikan.

Memilihara Linear Bearing pada mesin

Bearing terbagi menjadi beberapa jenis. Salah satu jenis bearing yang sering digunakan adalah linear bearing. Jika bearing ini diabaikan, bisa saja perfoma yang dihasilkan oleh mesin menjadi terhambat karena lemahnya gaya gesek yang ada. Bisa dibilang, bearing pada roda adalah alat penting yang diperlukan untuk menjaga menjaga poros ban dan roda tidak langsung mengalami gesekan.

Bearing yang diproduksi tentunya sudah desain sedemikian rupa serta disesuaikan dengan kegunaan dan jenisnya. Sehingga, akan minim friksi dan tentunya ketika berputar, mesin pun bisa berjalan dan berputar secara stabil. Banyak yang mengatakan, bahwa bearing membantu perputaran roda agar lebih lancar dengan mengurangi gesekan yang menghambat putaran. Maka dari itu, perawatan pada bearing perlu dilakukan agar bearing tidak berkarat dan menjadi mengganggu kinerja mesin yang kita gunakan sampai membuat mesin tersebut cepat rusak.

Linear Bearing

Bagaimana dengan linear bearing? Apakah fungsinya sama dengan bearing-bearing yang lainnya? Nah, linear bearing ini merupakan jenis bantalan yang lebih banyak digunakan pada peralatan-peralatan elektronik, seperti pada mesin kemasan, mesin medis, mesin cetak, mesin makanan, mesin tekstil, instrumen, robot, otomotif, dan masih banyak lagi jenis mesin lainnya. Fungsinya sendiri tidak jauh berbeda dengan jenis bearing / bantalan lainnya.

Linear bearing yang digunakan pada mesin

Beberapa diantara fungsi yang akan bisa dimanfaatkan dari linear bearing adalah :

  • Membantu menjaga mesin agar tetap stabil

Yang dimaksud stabil di sini adalah kecepatan yang dihasilkan oleh mesin. Pada mesin yang menggunakan linear bearing, sudah dilakukan pengaturan terhadap gaya gesek yang ditimbulkan. Sehingga gerakan yang dihasilkan lebih konstan dan kecepatannya akan sama ataupun stabil. Alias tidak terlalu lambat ataupun terlalu cepat. Dengan demikian, ketika mesin mengalami pelambatan ataupun percepatan merupakan sebuah tanda adanya komponen yang mengalami masalah di dalam mesin tersebut.

  • Mengurangi setiap gesekan yang dimunculkan

Adapun fungsi yang kedua ini, bisa dikatakan sebagai salah satu keuntungan yang bisa didapatkan ketika menggunakan linear bearing. Sama halnya dengan bearing yang lainnya. Bearing yang satu ini bisa membantu mengurangi gaya gesekan yang dianggap terlalu berlebihan. Sehingga hasil dari mesin yang digunakan akan tetap maksimal tanpa mengalami kebocoran sedikitpun.

  • Bisa mengurangi kecacatan yang kemungkinan terjadi pada produk

Nah, adapun fungsi yang ketiga ini bisa membantu dalam menjaga kualitas produk yang dihasilkan oleh mesin. Dengan menggunakan linear bearing, pemilik mesin bisa mengurangi resiko dari produk yang rusak atau cacat. Sehingga saat produksi pun bisa lebih tenang, karena dijamin tidak akan mengalami kerugian dalam proses bisnis. Pada akhirnya para pelangganpun akan selalu senang dengan hasil produk yang dihasilkan.

  • Linear bearing bisa disesuaikan dengan mesin produk

Inilah fungsi yang terakhir dari produk linear bearing yang dipilih. Dengan linear bearing ini, pemilik mesin bisa menyesuaikan bantalan dengan mesin produk yang digunakan. Nah, tentu hal ini sangat membantu bukan? Jadi, pemilik mesin juga tidak perlu repot-repot selalu megganti bantalan atau bearing untuk mesin yang akan memproduksi produknya. Pemilik mesin cukup menyesuaikannya dengan mesin dan akan mendapatkan produk yang maksimal dengan kecepatan yang stabil.

Demikianlah, informasi yang bisa diberikan seputar linear bearing. Bagi yang tertarik untuk mendapatkan produk dengan kualitas terbaik, dapat melakukan pemesanan linear bearing di Logam Makmur untuk hasil yang 100% maksimal.