Berobat ke Penang: Kenapa dan Bagaimana?

Menemani anak bermain setelah pulang kerja menjadi rutinitas wajib bagi saya. Belakangan ini, anak mulai pandai bermain sepeda. Sore hari pun saya isi dengan kegiatan bermain sepeda mengitari komplek tempat saya tinggal. Kegiatan ini ternyata memberi saya kesempatan untuk bertemu dan bercakap-cakap dengan tetangga juga.

New photo by Faridilla Ainun (fainun) / Google Photos

Kemarin saya bertemu dengan Poppy, seorang tetangga di dekat rumah yang lama tak kelihatan selama seminggu ini. Terkadang kami mengobrol bersama sembari mengawasi anak-anak yang asyik bermain. Poppy bercerita baru saja kembali dari Penang untuk menemani ibunya berobat.

Saya tak bertanya detail tentang apa penyakit ibunya. Poppy bercerita bahwa kondisi ibunya sekarang semakin membaik dan ibunya sangat puas setelah melakukan pengobatan di Penang.

Kenapa jauh-jauh berobat ke Penang?

Bukan rahasia umum lagi kalau Penang menjadi salah satu tujuan berobat orang-orang Indonesia. Lokasinya yang masih berada di Malaysia, bisa dianggap tidak terlalu jauh dari Indonesia.

Medical tourism di Penang bisa dibilang memang menjadi daya jual daerah tersebut. Berbagai fasilitas disediakan dengan tenaga professional tentunya. Hal ini yang membuat banyak masyarakat yang semakin percaya terhadap kualitas pelayan rumah sakit di Penang yang sangat memuaskan.

Dari cerita Poppy, saya dapat memahami kenapa banyak orang yang memilih untuk berobat ke Penang. Proses untuk mendiagsona penyakit bisa berlangsung lebih cepat dan tepat. Tenaga profesionalnya juga ramah dan kendala bahasa pun tidak ditemui karena dokter-dokternya juga mampu menjelaskan dengan Bahasa Indonesia yang mirip dengan Bahasa Melayu. Apalagi, biaya yang ditawarkan juga relatif murah.

Penang yang terdaftar sebagai Situs Warisan Budaya Dunia UNESCO pada tahun 2008 juga dapat menjadi tempat untuk berlibur. Penang memiliki daya tarik wisata alam mulai seperti adanya pantai berpasir Tanjung Bungah dan puncak Bukit Penang. Kita juga bisa melakukan wisata budaya dan sejarah ke kuil-kuil dan bangunan bersejarah yang ada seperti Kek Lok Si Temple, Cheong Fatt Tze Mansion, Made in Penang Interactive Museum, Penang War Museum, atau Wat Chaiya Mangkalaram.

Merencanakan Berobat di Penang

Awalnya saya berpikir bahwa berobat di luar negeri itu sulit. Namun, Poppy bercerita bahwa proses untuk berobat di Penang itu mudah.

Ya, mendukung banyaknya orang yang ingin berobat ke Penang, kini telah banyak penyedia layanan medis untuk berobat di Penang. Namun, tentunya kita harus tetap selektif mencari yang resmi dan terpercaya. Poppy merekomendasikan situs Wisata Medis karena merupakan layanan kordinator medis (perwakilan) resmi, terbaik, dan terpercaya untuk siapapun yang ingin berobat ke Penang.

Web Wisata Medis Penang

Dari situs ini, kita dapat melihat dokter spesialis serta rumah sakit yang berada di Penang. Di bagian forum, terdapat beberapa testimoni orang-orang yang sudah pernah berobat ke Penang yang dibedakan sesuai dengan kategori forum yang telah dipilih. Ada banyak dokter yang berada di Penang mulai dari dokter umum hingga dokter spesialis seperti bedah, anak, kandungan & kebidanan (O&G), dll.  Kita dapat melihat daftar dokter di menu DOKTER atau merujuk dari menu SPESIALISASI dan memilih spesialisasi mana yang dituju.

Forum My Medical – Wisata Medis Penang

 

Anda bisa masuk / login di sini untuk lihat forumnya. Lalu membuat akun terlebih dahulu. Setelah itu, pilih topik yang ingin anda ketahui lebih lanjut informasinya. Beberapa topik yang sering ditanyakan antara lain akomodasi & transportasi di Penang, Pra & Pasca konsultasi, Spesialisasi, Rumah Sakit, Dokter, Perwakilan Medis, dll.

 

Sementara itu, untuk melihat daftar rumah sakit dan perkiraan biaya yang akan kita keluarkan, kita bisa mengakses menu RUMAH SAKIT. Pada menu ini terdapat informasi rumah sakit yang berada di Penang, fasilitas & layanan yang diberikan setiap rumah sakit, biaya & paket yang ditawarkan, serta lokasi rumah sakit tersebut berada. Misalkan kita tertarik dengan rumah sakit tertentu, kita juga dapat melihat rating rumah sakit tersebut berdasarkan pengalaman orang lain yang pernah datang sebelumnya.

Mount Miriam Hospital

Sebelum merencanakan berobat ke Penang, kita juga bisa dapat mengontak terlebih dahulu dengan memilih menu Buat Temu Janji. Setelah itu, kita mengisi form sesuai kebutuhan dan biasanya pada bagian pesan / catatan akan lebih baik kalau kita menjelaskan maksud kedatangan kita ke Penang serta hal-hal yang ingin kita tanyakan.

Jika merencanakan berobat, kita juga bisa menyampaikan hasil-hasil pemeriksaan yang dilakukan di Indonesia sebagai lampiran. Adanya situs seperti Wisata Medis memang memudahkan Poppy dan keluarganya sebelum berangkat ke Penang. Poppy bercerita bahwa ia juga menanyakan rincian perkiraan biaya dan mendapatkan balasan yang disampaikan oleh tim tersebut atas pertanyaan yang diajukan.

Dari hasil konsultasi online¸ Poppy bercerita ia menjadi lebih mudah dalam menyiapkan keberangkatan ke Penang karena telah mendapatkan rekomendasi dokter dan rumah sakit serta mengetahui jumlah biaya yang akan dikeluarkan.

Cara ke Penang dari Indonesia

Sebagai kota yang menjadi daya tarik wisata medis orang Indonesia, telah ada beberapa maskapai yang menyediakan penerbangan langsung ke Penang dari Indonesia, seperti Citilink (dari Jakarta), Air Asia (dari Jakarta, Medan, Surabaya), Sriwijaya Air (dari Medan), serta Malindo Air (dari Banda Aceh). Selain itu, kita juga dapat menuju Penang dengan melakukan penerbangan terlebih dahulu ke Kuala Lumpur setelah itu melanjutkan penerbangan ke Bandara Penang atau dengan melakukan perjalanan darat yang dilanjut dengan kapal ferry.

Wisata Medis Penang

Jika anda membutuhkan informasi lebih lanjut terkait Wisata Medis Penang, anda dapat menghubungi langsung:

You may also like

Haiiiii, terima kasih ya telah berkunjung....Aku senang sekali kalau teman-teman mau meninggalkan jejak berupa komentar :)