Numpang Mandi di Terminal 3 Soekarno Hatta Airport

Ini judul terlalu jujur kayaknya ya. Hehehe.

Ketika masa-masa masih melajang dan berada di unit kerja lama, saya cukup sering melakukan perjalanan dinas ke Jakarta dari Palembang. Namun, tepat sebelum menikah saya dipindah ke unit yang tak terlalu sering melakukan perjalanan dinas. Mungkin harus disyukuri, karena namanya juga ibu-ibu ya, kadang urusan melakukan perjalanan dinas agak berat hati, banyak pertimbangan yang harus dipikirkan. Apalagi kalau pengasuh bukanlah tipe yang menginap.

Baca juga : Memilih Pengasuh Pulang Pergi, Apa Enaknya?

Kondisi serupa sebenarnya juga dialami oleh atasan saya yang kebetulan ibu-ibu. Namun, kalau sudah tugas dari kantor, kan tak mungkin untuk ditolak. Tetap harus dijalani, apalagi kalau nama kita telah tercantum dalam surat tugas.

Sebagai ibu-ibu, ketika dinas atau berpergian ke luar kota, sebisa mungkin waktu yang dihabiskan tidak banyak. Untungnya, sering kali dinas tak terlalu menuntut pergi jauh. Mentok di Jakarta saja. Jika acara hanya berlangsung dari pukul 09.00 pagi hingga 15.00 sore, saya akan memilih penerbangan paling pagi dari Palembang dan kembali lagi dengan penerbangan paling malam.

Hal ini kerap terjadi. Meninggalkan rumah sekitar pukul 04.30 pagi dan kembali lagi ke rumah kira-kira pukul 22.00 rasanya memang cukup melelahkan, selain itu badan juga rasanya lengket dan gerah karena keringat dan belum mandi.

Hal tersebut sebenarnya dapat disiasati. Ya, apalagi solusinya selain mandi di bandara. Saya bukan pengabdi tisu basah. Selama bisa mandi, ya usahakan mandi.

Mandi di bandara, emang bisa?

Ya, kalau pede sih pakai toilet yang ada dengan semprotan seadanya, cari posisi yang memungkinkan untuk mandi. Tapi, kalau berpergian dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia dan berada di Terminal 3, maka kita bisa memanfaatkan shower room yang ada di sana.

New photo by Faridilla Ainun (fainun) / Google Photos

Pada saat ini kita bisa melakukan check in mandiri dengan mesin check in yang tersebar di area terminal keberangkatan. Bagi yang tidak membawa banyak bagasi, tentu hal ini memudahkan. Setelah itu, kita bisa langsung turun ke ruang tunggu.

Nah, shower room di Terminal 3 berada di dekat Gate 11. Setelah turun dengan menggunakan escalator, kita bisa langsung jalan lurus saja. Ada petunjuk jelas lokasi shower room. Tepatnya sih di seberang counter Watch Zone.

New photo by Faridilla Ainun (fainun) / Google Photos

New photo by Faridilla Ainun (fainun) / Google Photos

Shower room untuk pria dan wanita pun dipisah. Terdapat area untuk meletakkan koper di luar shower room. Tapi kalau mau dibawa ke ruangan mandi ya gapapa juga. Ada sekitar 3 ruangan mandi untuk wanita yang tentunya masing-masing dilengkapi kunci.

Di dalam setiap shower room, terpisah antara ruangan untuk mandi dengan ruangan yang terdiri dari kloset dan wastafel. Ruangan untuk mandi dilengkapi shower (yang ada air panasnya juga), gantungan untuk handuk, serta ada tempat duduk yang bisa dilipat.

New photo by Faridilla Ainun (fainun) / Google Photos

New photo by Faridilla Ainun (fainun) / Google Photos

New photo by Faridilla Ainun (fainun) / Google Photos

New photo by Faridilla Ainun (fainun) / Google Photos

Area luar terdiri dari kloset, wastafel, dan dilengkapi dengan tempat sampah, hand dryer, hand sanitizer, hair dryer, dan tisu. Sayangnya, tak ada sabun atau shampoo yang tersedia gratis. Jadi, kalau mau menumpang mandi di sini, kita harus menyediakan peralatan sendiri ya.

Setelah selesai mandi, tampak petugas yang masuk untuk membersihkan kembali ruangan agar tampak seperti sedia kala. Tak terlalu banyak penumpang yang memanfaatkan tempat ini, mungkin memang yang lain sudah mandi sebelum melakukan perjalanan hehehe.

Area shower room seperti ini tentu bermanfaat bagi tipe yang mudah berkeringat dan gerah, atau ingin selalu segar sebelum melanjutkan perjalanan. Jika kita melakukan perjalanan jauh dan transit di Bandara Soekarno Hatta Terminal 3, tak ada salahnya menggunakan fasilitas ini.

Sebuah harapan tentu fasilitas seperti ini bisa ada di setiap bandara atau terminal lain di Bandara Soekarno Hatta. Saya beberapa kali pernah menginap di bandara dan selalu kesulitan urusan mandi dengan nikmat karena tiadanya shower room di bandara. Tentunya, kalau ada fasilitas seperti ini akan memanjakan para traveller.

New photo by Faridilla Ainun (fainun) / Google Photos

Ah, senangnya sudah mandi, saya pun bisa  bertemu keluarga dengan wangi semerbak, bukan asem-asem lelah setelah bekerja gitu. Hehehe.

You may also like

1 Comment

  1. Hihihi judulnya lucu emang mbak, jujur banget. Berarti emang kudu sedia sabun sendiri ya, karena mungkin sengaja ga disiapin biar nggak sering-sering di pakek mandi kali ya haha. Dan sabunnya nggak diwadahin botol sama para backpacker yang biasanya udah sedia botol sabun mini #pernahngelihatyangbegini

Haiiiii, terima kasih ya telah berkunjung....Aku senang sekali kalau teman-teman mau meninggalkan jejak berupa komentar :)