Shower Room Terminal 2 Bandara Soekarno Hatta

Numpang Mandi di Shower Room Bandara Soekarno Hatta Terminal 2

Dalam melakukan perjalanan, terkadang kita perlu memperhitungkan banyak hal. Termasuk urusan istirahat dan mandi. Ketika lelah setelah menempuh satu penerbangan dan menunggu lanjutan penerbangan lain yang masih lama, tak salah rasanya jika kita ingin menyegarkan tubuh terlebih dahulu. Untuk teman-teman yang kerap transit lama di Bandara Soekarno Hatta, beberapa waktu lalu aku menemukan bahwa ada shower room Bandara Soekarno Hatta Terminal 2. Berikut informasinya.

Mencoba Shower Room Bandara Soekarno Hatta Terminal 2

Jujur saja, informasi mengenai adanya shower room di Terminal 2 Bandara Soekarno Hatta, aku dapat dari salah satu komen di artikel tentang shower room Terminal 3 Bandara Soetta. Kebetulan, belakangan aku lebih sering menggunakan maskapai yang datang dan berangkat di terminal 2.

Seringnya aku melakukan perjalanan dinas dengan yang berangkat pesawat paling pagi dari Palembang dan kembali di pesawat paling malam dari Jakarta. Rasanya, gerah banget. Mandi dini hari lalu seharian kerja, pas jamnya biasa mandi, belum mandi juga. Lalu terbayang, nanti sampai rumah, hampir tengah malam. Duh, harus nyiapin air panas dulu biar ga kedinginan, ribet!

Makanya, ketika dinas model begini, sebelum pulang ke Palembang lagi, aku berusaha mandi dulu. Jadilah, aku mencari-cari shower room di terminal 2 Bandara Soetta. Ya, biar seger dan ga ribet lagi pas di rumah. Mending sebelum terbang mandi dulu, begitu pikirku.

Terminal 2 Traveloka Bandara Soekarno Hatta
Suasana area keberangkatan Terminal 2 Traveloka Bandara Soekarno Hatta

Lokasi Shower Room Bandara Soekarno Hatta Terminal 2

Saat memasuki area terminal 2, aku kerap memilih untuk turun di area keberangkatan lantai 2 dari Terminal 2D. Ini karena ingin mampir ke HokBen terlebih dahulu sih. Setelah itu, karena tak tampak petunjuk tentang shower room, aku pun bertanya kepada petugas yang berkumpul di dekat musholla Terminal 2D.

Ternyata, ada untungnya juga turun di sekitar Terminal 2D. Soalnya, shower room Terminal 2 berada di lantai kedatangan alias lantai 1 dari terminal 2D. Jadi gak jauh deh jalannya.

Lokasi Shower Room Terminal 2 Bandara Soekarno Hatta
Belok ke kanan untuk masuk ke Shower Room Bandara Soekarno Hatta Terminal 2 di area perkantoran maskapai

Bisa dibilang, shower room Terminal 2 Bandara Soekarno Hatta ini cukup tersembunyi. Ini karena shower room berada di sekitar area perkantoran terminal. Aku berasumsi, mungkin memang awalnya shower room ini ditujukan untuk pegawai di area perkantoran.

Kita bisa berpatokan ke resto cepat saji yang menawarkan hidangan ala Jepang, di lantai 1 terminal 2D. Dari resto ini, kita berjalan ke arah kiri menuju ujung terminal. Lalu, belok ke kanan untuk masuk menuju area perkantoran. Tak jauh dari pintu masuk area perkantoran, ada dua pintu berwarna biru keabu-abuan. Nah, itulah shower room di terminal 2 ini.

Jika kita berada di area keberangkatan terminal 2D yang berada di lantai 2, maka kita harus turun 1 lantai menggunakan tangga atau lift yang tersedia. Patokannya sama, ke ujung terminal 2D alias dari resto cepat saji hidangan Jepang, belok ke kiri. Selanjutnya, belok ke kanan untuk masuk di area perkantoran di lantai 2. Lalu turunlah Ā menggunakan tangga di dalam sini. Tepat setelah keluar tangga, kita akan menemukan shower room.

Lokasi Shower Room Terminal 2 Bandara Soekarno Hatta
Shower Room Bandara Soekarno Hatta Terminal 2 yang cukup tersembunyi

Fasilitas Shower Room Terminal 2

Kalau melihat gambar di atas, memang area shower room cukup tersembunyi. Di lorong kecil di belakan peralatan kebersihan tersebut, terdapat 2 pintu berwarna coklat.

Untuk perempuan, kita bisa memilih pintu pintu coklat di sebelah kanan (untuk perempuan). Sementara untuk laki-laki, shower room diakses melalui pintu coklat sebelah kiri. Sayangnya, pintu ini tidak ada kunci dan seperti agak rusak sehingga tidak bisa tertutup rapat.

Di dalamnya, kita akan menemukan 2 bilik shower room yang masing-masing terdapat 1 shower. Tenang, untuk shower room, pintunya masih berfungsi dengan baik. Di luar terdapat wastafel dan cermin besar seperti kamar mandi pada umumnya. Terdapat mesin pengering tangan / hand dryer juga. Ada pula tempat seperti dudukan untuk meletakkan barang bawaan.

Satu bilik kecil Shower Room Terminal 2 Bandara Soekarno Hatta

Untuk air di shower room ini hanya tersedia air dingin saja. Ada gantungan untuk baju di belakang pintu. Peralatan mandi seperti sabun dan sampo tidak tersedia. Jadi harus menyediakan sendiri. Kebetulan, aku memang selalu bawa sabun di tas.

Setelah itu, bawalah baju ganti, handuk, dan peralatan mandi ke dalam bilik kamar mandi. Jika ada kantong untuk baju, bawa saja ke area bilik karena gantungan di setiap bilik hanya 2 saja.

Jika membawa banyak barang bawaan seperti koper, lebih baik dibawa masuk ke area shower room. Letakkan di dudukan dekat wastafel.

Rasanya cukup aman karena sepertinya shower room ini juga digunakan oleh karyawan di area perkantoran.

Review Shower Room Bandara Soekarno Hatta Terminal 2

Mengingat kondisi bandara terminal 2 yang sudah cukup tua, tentu shower room di terminal ini tak akan semewah dan semodern shower room di terminal 3. Namun, bagiku menemukan shower room di terminal ini saja sudah cukup senang.

Lokasinya pun berada bukan di area tunggu keberangkatan. Dengan demikian, ini memungkinkan calon penumpang bisa mandi dahulu sebelum masuk ke area tunggu atau sebelum check in. Bisa juga diakses setelah datang di terminal 2. Agak berbeda dengan yang di terminal 3, di mana shower room baru bisa kita gunakan setelah check in karena lokasinya berada di area tunggu terminal.

Tak ada fasilitas seperti sabun atau sampo rasanya wajar. Sebagai traveller, biasanya kita punya stok peralatan mandi dalam ukuran kecil yang kerap dibawa-bawa.

Paling tidak, shower room ini bisa menjadi solusi untuk traveller yang ingin mandi sebelum melanjutkan perjalanan kembali.

Oh iya, mengingat pintu utama untuk masuk ke dalam shower room ini kurang baik kondisinya, ada baiknya selalu mawas diri dan pasang telinga baik-baik. Bukan apa-apa nih, kalau misalnya bawa barang berharga, kan ngeri juga diambil orang. Baiknya sih, kita bawa ke bilik kamar mandi kalau bisa. Atau ya, jangan terlalu kelamaan juga kali ya mandinya.


Nah, kalau teman-teman, khususnya traveller, mencari shower room di Bandara Soekarno Hatta terminal 2, sekarang sudah tahu lokasinya kan? Semoga bermanfaat ya.

Related Posts

4 thoughts on “Numpang Mandi di Shower Room Bandara Soekarno Hatta Terminal 2

  1. Wedeeeeeeeeeehhh kamar mandi di bandara emang paling yahud, paling penting lagi kalau gratis hahaha. Aku dulu pernah mandi di T3 yang kamar mandinya warbiyasak mevvah untuk ukuran bandara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *