[30 Day Blog Challenge] #3 : Pilah Pilih Nama Blog

Hai! Namaku Faridilla Ainun dari fainun.com.

Kalau ditanya nama blogku apa? Jawabanku pasti fainun.com.

Kalau ditanya kenapa memilih nama blog ini? Hmmm…gak ada jawaban yang jelas sih.

Ketika memutuskan membeli nama domain, sungguh memilih domain adalah hal yang sulit. Iya, buatku yang gak tau harus nge-branding image seperti apa dan emang kayaknya sih kurang kreatif juga ya, hal itu rasanya susah banget. Padahal, beli domain kan bayar, investasi gitu deh, supaya blog juga makin dikenal.

Pada akhirnya, aku memutuskan blog ini adalah blog personal yang mencitrakan diriku sendiri. Jadi, aku memilih akan menggunakan namaku untuk domain.

Nah, persoalan berikutnya komponen nama apa yang akan aku pakai? Nama panggilanku yaitu Ainun ternyata sangat umum. Bahkan sampai ada filmnya segala, walau tentu saja itu bukan tentangku. Pun begitu dengan nama depan yaitu Faridilla, ternyata nama ini pasaran juga, entah Faradila, Faridilla, Fadhilla, dan aneka Dila lainnya.

Pada akhirnya, aku memutuskan nama panggilan di dunia maya termasuk nama blog menjadi FAINUN saja. Ringkas dan memang mengandung unsur namaku sendiri.

Menyesal ga memilih nama FAINUN? Sekarang sih masih engga. Tapi, aku jadi kepikiran nih kalau ingin bikin blog baru dan memilih nama blog, sepertinya perlu langkah-langkah sebagai berikut deh :

 

  1. Pastikan tujuan awal membuat blog
    Iya, tujuan awal harus ditetapkan. Apakah mau menunjukkan personal, bisnis, atau anonim yang mencitrakan suatu hal? Kalau mau personal dan menunjukkan diri, nantinya pakai saja nama. Kalau mau bisnis, ya pilih nama sesuai bisnis yang dijalankan. Misalnya mau akun anonim seperti Karyawan Rantau atau HRD Galau karena isinya curhatan tapi gak mau diketahui siapa penulisnya ya boleh saja.
    Oh iya, sebenarnya nama blog yang bukan menggunakan nama kita juga gak harus anonim sih. Bisa jadi kita ingin menunjukkan branding image atau ada maksud tersendiri. Misalkan, namanya BundaBerkarya karena kita seorang ibu yang ingin berkarya, itu juga boleh kok.
  2. Sesuaikan dengan niche atau tema blog
    Tips ini aku dapat dari kelas NgeBlogPro beberapa waktu lalu. Dalam materinya yang membahas nama dan domain blog, kita disarankan untuk mengasosiasikan domain dengan tema blog kita. Nah, aku sambungin sama tujuan awal ya, misalnya kita mau bikin akun personal dengan niche food, bisa jadi namanya EatsInyun, atau kalau mau akunnya anonim gitu dan ngebahas tentang makanan namanya jadi FoodHunter.

 

Demikian curhatan remah rempeyek dariku urusan nama blog. Jadi nama blog ini FAINUN semata-mata karena bingung. Tapi, belakangan jadi punya alasan sih, bahwa memilih nama blog karena emang ingin blog ini menunjukkan personal yang random makanya isinya juga random.

Kalau kamu mau bikin blog baru, boleh dicoba tuh tips mencari nama blog ala aku 😀

You may also like

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *