[30 Day Blog Challenge] #4 : Asyiknya Bergabung di Komunitas Blogger Perempuan

Bergabunglah di komunitas, tak hanya memperluas pergaulan tapi juga meningkatkana ilmu dalam bidang yang sedang kamu pelajari.

Jujur saja, aku bukanlah tipe orang yang gampang dan mau bersosialisasi sebenarnya. Tapi, demi sesuatu yang sedang dipelajari, digeluti, diminati, kenapa engga untuk bertemu dengan orang baru, menjalin pertemanan, menemukan informasi, mempelajari hal baru yang terkait bidang yang sedang dipelajari. Berdasarkan keinginan untuk belajar, akupun mencari-cari komunitas blogger untuk bisa diikuti. Komunitas blogger yang pertama yang aku coba daftar adalah Komunitas Blogger Perempuan.

Apa perubahan yang didapat setelah bergabung dalam Komunitas Blogger Perempuan? Adanya penambahan jumlah follower di sosial media, hahaha. Iya, dengan kita menampilkan hashtag #BloggerPerempuan, bisa saja kita difollow oleh blogger-blogger lainnya. Selain itu, apalagi sih manfaat bergabung di Komunitas Blogger Perempuan?

  • Bisa menemukan teman-teman blogger lain dengan tema yang lebih spesifik
    Blogger Perempuan punya direktori banyak blogger perempuan lain yang telah menjadi member di komunitas ini. Kita pun bisa lebih mudah untuk blogwalking mencari blog dengan kategori tertentu karena para member komunitas ini paling tidak harus mencantumkan 3 kategori blognya.
    Oh iya, blogwalking juga dimudahkan karena Blogger Perempuan memfasilitasi blogwalking tidak hanya dari website Komunitas Blogger Perempuan, tetapi juga dari grup telegram dan group facebook.
  • Artikel bisa lebih banyak terbaca
    Kalau kita mau artikel lebih banyak terbaca, kita dapat mensubmit blogpost yang kita miliki ke website Blogger Perempuan. Cukup ringkasannya saja, nanti Blogger Perempuan akan mengarahkan pembaca kepada link blog kita langsung. Walaupun jarang, tapi beberapa kali aku ikutan men-submit blogpost dan lumayan meningkatkan pengunjung blog.
  • Bisa mendapatkan gambaran gimana blog kece dari teman blogger perempuan lain

Berkat blogwalking, aku bisa melihat gimana gaya tulisan teman-teman blogger lain. Apalagi, ternyata banyak juga member Blogger Perempuan yang statusnya sama, yaitu ibu-ibu. Wah, keren-keren banget ternyata cara mereka nulis, cara mereka ngeblog, dan hal itu bikin aku jadi ingin mempercantik blog dan meningkatkan kapasitas menulis dengan mencari gaya tulisan yang cocok juga.

  • Mendapatkan info dan tips penting seputar dunia blog
    Jika membaca tulisan di website Komunitas Blogger Perempuan, ada banyak tips-tips menarik seputar nge-blog. Bahkan info-info penting seperti sumber gambar gratis yang keren pun aku temukan dari Blogger Perempuan. Belum lagi tentang aplikasi Canva dan lainnya. Jadi banyak banget info tentang nge-blog atau istilah asing kayak SEO yang akhirnya membuat penasaran berkat gabung di komunitas ini.

Oh iya, kalau kita join di grup Blogger Perempuan Network (BPN) yang di whatsapp, bisa tau juga tentang permasalahan yang mungkin terjadi seputar ngeblog. Beberapa waktu lalu juga aku sempat mengalami masalah karena template blog yang kurang pas, aku pun nanyanya di grup Whatsapp Blogger Perempuan Network dan akhirnya dikasih tau solusi dari permasalahanku.

  • Adanya info menarik dan trigger untuk ikutan lomba ngeblog
    Blogger Perempuan hampir setiap tahun mengadakan lomba blog bekerja sama dengan beberapa perusahaan lain. Gak semua lomba aku ikuti sih, kadang juga gak nemu ide tulisan yang bisa digali hahaha. Tapi berkat komunitas ini, aku berani ikutan lomba-lomba blog dan gak cuma lomba yang diinfokan dari Blogger Perempuan aja. Ternyata lomba blog banyak dan Alhamdulillah beberapa kali kecantol namaku jadi salah satu pemenang dari banyaknya peserta. Sayangnya, yang dari Blogger Perempuan malah belum dan hal itu bikin aku penasaran. Kalau BP ngadain lomba lagi, harus ikutan nih.
  • Bisa dapat kesempatan ikutan campaign atau job
    Di tulisanku tentang alasan ngeblog, aku cerita bahwa dari blog kita bisa dapat penghasilan. Nah, salah satunya juga berkat ikutan Komunitas Blogger Perempuan. Gabung di Blogger Perempuan Network, membuatku punya kesempatan untuk bekerja sama dengan brand lain sesuai dengan tema blog yang kutuliskan. Alhasil, dari kerjasama itu aku jadi punya penghasilan untuk bayar domain dan hosting setahun. Hehehehe.

 

Itu dia manfaat gabung di Komunitas Blogger Perempuan yang aku rasakan. Buat temen-temen blogger lain, gak ada salahnya loh gabung di komunitas blogger. Kalau kamu mau gabung di komunitas Blogger Perempuan, bisa langsung cek websitenya.

You may also like

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *