Aktivitas Seru Saat Liburan di Surabaya

Liburan di Surabaya

Siapa yang tak kenal dengan kota Surabaya? Kota terbesar kedua di Indonesia ini memang menarik. Selain berkembang sebagai salah satu kota bisnis, Surabaya juga layak dikunjungi untuk berwisata. Ada banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan saat liburan di Surabaya. Apa saja? Simak ulasannya pada artikel berikut ini.

Mengenal Kota Surabaya

Sebagai ibu kota Provinsi Jawa Timur, Surabaya juga menjadi pusat bisnis, pusat pendidikan, sekaligus gerbang untuk menjelajah daerah lain di Jawa Timur. 

Surabaya konon berasal dari kata Suro (Ikan Sura / Hiu) dan Boyo (Buaya). Terdapat mitos yang mengatakan kota ini pernah menjadi lokasi pertempuan dua binatang ini. Oleh karena itu, di Surabaya terdapat monumen ikan Sura dan Buaya sebagai ikon kota.

Kota Surabaya dikenal juga dengan kota Pahlawan. Pada tanggal 10 November 1945, terdapat perjuangan bangsa Indonesia melawan Sekutu yang dipimpin oleh Bung Tomo. Untuk mengingat sejarah tersebut, dibangun pula Tugu Pahlawan di kota ini.

Alasan Liburan di Surabaya

Daerah-daerah di Jawa Timur memang terkenal menjadi lokasi wisata, seperti Surabaya, Malang, dan Banyuwangi.  Surabaya sendiri merupakan kota yang menarik karena memiliki banyak sejarah yang dapat dipelajari. Bangunan bersejarah dan ikonik banyak terdapat di kota ini.

Walaupun juga terkenal dengan kota yang memiliki suhu cukup panas (karena kondisi geografis yang dekat dengan laut), namun Surabaya memiliki lingkungan yang bersih, rapi, dan nyaman untuk dipandang. Ini membuat berjalan-jalan di kota Surabaya juga tetap nyaman. Terdapat taman-taman yang bisa dikunjungi sebagai wisata alam saat berada di Surabaya.

Selain itu, Surabaya punya banyak ragam makanan khas yang layak untuk dicoba. Ada pula beragam budaya dan kesenian yang dapat dinikmati saat berada di kota Surabaya.

Aktivitas saat liburan di Surabaya

Bisa dibilang, di Surabaya kita bisa wisata sejarah, kuliner, budaya, edukasi, bahkan religi. Teman-teman bisa memilih aktivitas untuk liburan di Surabaya sesuai minat dan kebutuhan. Berikut ini beberapa ide aktivitas dalam Paket Surabaya Traveloka yang dapat dipilih untuk dilakukan saat liburan di Surabaya.

Mencoba Makanan Khas, Mulai Rujak Cingur sampai Sate Klopo

Surabaya juga termasuk surganya makanan enak. Variasi makanannya pun beragam. Untuk memulai hari di kota ini, boleh dicoba Rujak Cingur Ahmad Jaiz yang melegenda. Campuran bumbu kacang dan petis serta hidung kerbau ini bisa menggugah seleramu.

Kota Surabaya juga terkenal dengan warung bebek goreng dan nasi yang semakin lezat dengan sambal yang mantap. Salah satu yang ramai didatangi adalah Bebek Sinjay.

Jangan lupa juga untuk mencicipi Rawon Setan. Ini adalah hidangan berkuah dengan potongan daging dan kuah hitam yang memiliki rasa gurih. Rawon Setan juga banyak dicari orang-orang.

Sate Klopo Liburan di Surabaya
Sate Klopo Surabaya – Kompas.com

Makanan wajib lainnya saat di Surabaya adalah Sate Klopo. Sate dari jeroan dan lemak sapi yang dilumuri parutan kelapa sebelum dibakar. Rasanya gurih dan unik membuat Sate Klopo wajib dihampiri saat ada di Surabaya.

Kunjungan ke Museum dan Tempat Ikonik

Ada banyak monument dan tugu ikonik di Surabaya. Mulai dari ikon kota yaitu Ikan Sura dan Buaya yang berada tak jauh dari Kebun Binatang Surabaya, Tugu Pahlawan dan Museum Sepuluh November yang bersejarah, juga Monumen sekaligus Museum Kapal Selam yang bisa membuat terkagum-kagum.

Liburan di Surabaya - Ikon Kota Surabaya

Jika ingin mempelejari tentang rokok kretek, mampir juga ke House of Sampoerna. Tak lupa, mampirlah sejenak ke Pulau Madura melalui Jembatan Suramadu yang terlihat semakin cantik pada malam hari.

Kunjungan ke museum dan tempat ikonik yang berada di Surabaya tentu dapat menambah pengetahuan kita. Jangan lupa, abadikan momen dengan berfoto di tempat tersebut.

Kembali Mengenal Alam dan Agrowisata

Jika berlibur bersama anak, Surabaya juga sangat cocok untuk menjadi tujuan. Ada Hutan Bambu Keputih, Ekowisata Mangrove, dan Kebun Bibit Wonorejo yang asyik untuk dikunjungi bersama keluarga dengan suasana yang nyaman dan teduh.

Hutan Mangrove Liburan di Surabaya
Hutan Mangrove di Surabaya – infosurabaya.web.id

Untuk mengenal binatang, Kebun Binatang Surabaya (KBS) juga tepat untuk dikunjungi bersama anak. Oh iya, lokasi KBS tak jauh dari Tugu Surabaya. Jadi, bisa sekalian juga untuk mengunjunginya.

Ziarah sekaligus Wisata Religi

Kota Surabaya juga tepat yang pas untuk melakukan wisata religi. Ada Masjid Cheng Ho yang memiliki arsitektur yang unik dan Masjid Al Akbar Surabaya yang menjadi masjid terbesar kedua di Indonesia yang kerap dikunjungi.

Masjid Al Akbar Surabaya – Liputan6.com

Selain itu, ada makam Sunan Ampel, salah satu Wali Songo yang berjasa dalam pengajawan Islam di Surabaya. Banyak orang yang sengaja datang untuk berziarah sekaligus berdoa di tempat ini.

Santai di Taman yang Nyaman

Surabaya yang beberapa kali mendapat penghargaan Adipura juga memiliki banyak taman-taman yang nyaman untuk dikunjungi. Taman Bungkul adalah salah satu taman yang paling terkenal sekaligus menjadi landmark di kota ini. Selain berada di tengah kota, Taman Bungkul juga dilengkapi jogging track dan area bermain anak-anak yang membuatnya semakin nyaman.

Ada pula taman lainnya yang asyik untuk lokasi foto atau sekedar bersantai seperti Taman Krembangan Timur, Taman Gantung, Taman Jayengrono, Taman Undaan Kulon, dan Taman Ekspresi.

Bermain di Berbagai Wahana Seru

Malam hari di Surabaya juga dapat diisi dengan bermain di Suraboyo Carnival Park. Tempat ini sebenarnya mengusung konsep pasar malam yang berisi permainan sederhana seperti bianglala, ombak air, carousel, dan sebagainya. Surabaya Carnival Park kini menjadi taman hiburan keluarga terbesar di kota Surabaya. Selain bermain, kita juga bisa berfoto dengan latar lampu-lampu yang semarak di tempat ini.

Liburan di Surabaya Carnival Park
Suraboyo Carnival Park – suroboyocarnivalpark.com


Demikianlah aktivitas yang bisa dilakukan di Surabaya. Teman-teman bisa memilih tempat-tempat yang ingin dikunjungi sekaligus mengatur jadwalnya sendiri. Jangan lupa, setelah berwisata bawalah oleh-oleh khas dari Surabaya seperti bolu Spikoe, Almond Crispy, serta Sambal Bawang dengan udang kriuknya.

Nah, siap liburan ke Surabaya?

You may also like

Haiiiii, terima kasih ya telah berkunjung....Aku senang sekali kalau teman-teman mau meninggalkan jejak berupa komentar :)