Berani Berlibur ke Hainan Bareng HIS Travel : Tak Sekedar Berburu Cita Rasa Asli Nasi Ayam Hainan

Siapa yang jadinya ingin berlibur ke tempat asal suatu makanan yang pernah dicicipi? Saya sering merasa begitu. Setelah mencicipi Nasi Ayam Hainan, rasanya jadi ingin berlibur ke Hainan.

New photo by Faridilla Ainun (fainun) / Google Photos

Nasi Ayam Hainan Imperial Kitchen

Beberapa waktu lalu, aku dan keluarga mampir ke Imperial Kitchen di Transmart Palembang. Restoran ini sudah terkenal dengan sajian Chinese foodnya, seperti dimsum. Selain dimsum, menu lain yang kupesan adalah Nasi Ayam khas Hainan.

Nasi Ayam khas Hainan adalah nasi yang disajikan dengan ayam yang diolah dengan cita rasa Hainan dan ada kuah serta sambal dengan cita rasa unik yang dihidangkan bersama. Nasi Hainan biasanya agak berminyak, namun memiliki rasa yang gurih.

Sebenarnya, tak terlalu susah memasak hidangan ini, ayam hanya perlu direbus bersama bahan-bahan seperti daun bawang dan jahe. Nasinya pun dimasak dengan menggunakan bawang putih sehingga mengeluarkan aroma khas.

Asal Mula Nasi Ayam Hainan

Terdapat kata Hainan membuatku bertanya-tanya, apakah asal masakan ini berasal dari daerah yang bernama Hainan di Tiongkok. Pasalnya, Nasi Ayam khas Hainan / Nasi Ayam Hainan / Hainanese Chicken Rice, merupakan hidangan yang cukup terkenal di area Asia Tenggara.

Selain di Indonesia, menu ini juga dengan mudah ditemui di Singapore, Malaysia, dan Thailand. Konon, Nasi Ayam Hainan merupakan hidangan yang diadaptasi dari imigran Cina yang berasal dari provinsi Hainan, Tiongkok, yaitu hidangan Ayam Wenchang/ Wenchang Chicken.

Cita rasa unik dari Nasi Ayam Hainan cukup membuatku penasaran dengan ragam makanan lain dari provinsi Hainan. Karena, sering kali aku menemukan tempat makan yang menawarkan Chinese food dengan cita rasa saus yang pedas atau asam manis.

Sementara itu, jika mengecap rasa Nasi Ayam Hainan, cita rasa pedas tak terlalu terasa. Wajar saja, negeri China (Tiongkok) yang luas memang menjadikan setiap daerah memiliki karakteristik sendiri yang ditonjolkan melalui masakannya, tak terkecuali Hainan.

Dalam memilih lokasi wisata untuk liburan, menu makanan yang lebih familiar dengan lidah kadang menjadi salah satu pertimbangan. Cita rasa Chinese Food yang kerap dinikmati serta Nasi Ayam Hainan yang telah terkenal membuat banyak orang berani untuk berlibur ke Hainan. Iya berlibur untukberburu rasa asli hidangan dari daerah tersebut.

Sebelum mengenal makanan lain di Hainan, mari kita lebih mengenal salah satu daerah yang menjadi tempat wisata terkenal di Tiongkok tersebut.

Hainan, Hawaii of The East alias Hawaii-nya China

Hainan adalah sebuah provinsi pulau paling kecil dan paling selatan dari Republik Rakyat Tiongkok. Provinsi ini menempati sebuah pulau yang berbatasan dengan Vietnam. Ibukota sekaligus kota terbesar di Provinsi Hainan adalah Haikou.

Haikou juga menjadi gerbang kedatangan bagi para wisatawan yang ingin berkunjung ke Hainan. Bandar Udara Meilan Haikou telah melayani penerbangan domestik dan internasional. Wisatawan dari manapun bisa dengan mudah datang langsung ke Hainan, termasuk dari Indonesia.

Lokasi yang dekat dengan kawasan Asia Tenggara, membuat Hainan memiliki kondisi iklim yang mirip dengan Indonesia. Terlebih, karena menempati pulau, Hainan juga kerap dijuluki sebagai Hawaii of The East atau Hawaii-nya China.

Memang tidak salah rasanya, sejak 30 Juni 1992, Provinsi Hainan dan Negara Bagian Hawaii (USA) telah menjalin hubungan sebagai “Sister States/Province” untuk sama-sama mempromosikan ikatan budaya dan pariwisata.

Pemerintah Republik Rakyat Tiongkok telah menetapkan Hainan sebagai Pulau Pariwisata Internasional sejak tahun 2008. Guna menunjang pariwisatanya, telah diberikan kunjungan bebas visa dengan maksimal 30 hari ke Hainan untuk 59 negara, termasuk Indonesia. Tidak salah lagi jika Hainan menjadi salah satu tujuan dari Paket Tour China.

Julukan sebagai Hawaii of The East tentu tak hanya karena lokasi saja, Hainan memiliki infrastruktur dan lingkungan yang sangat diperhatikan dan mendukung layanan dan fasilitas pariwisata.  Liburan ke Hainan pun akan semakin menyenangkan karena terdapat ragam aktivitas yang bisa dilakukan di sana.

Ada lima daerah utama yang kerap kali dijadikan lokasi kunjungan untuk Paket Tour ke Hainan yaitu Haikou, Sanya, Qionghai, Wenchang, dan Lingshui. Ada wisata apa saja di setiap daerah tersebut dan apa saja ya yang bisa dilakukan?

Haikou

Merupakan ibu kota dari Provinsi Hainan sekaligus kota paling maju dan populer dan menjadi Pusat Komersial, Budaya & Ekonomi Pulau Hainan.

Haikou merupakan kota yang biasanya pertama dikunjungi saat berada di Hainan. Di Haikou, kita bisa berwisata alam ke Haikou Volcano Park (taman nasional bertema gunung berapi) dan Haikou Dongzhaigang Mangrove Nature Reserve (kawasan cagar alam bakau terbesar dan pertama di Cina). Selain itu, ada pula tempat lain yang wajib dikunjungi selama di Haikou.

Wisata Kota Tua di Qilou Old Street, Haikou

Qilou Old Street – sumber : https://www.sunnyhainan.com/

Kita dapat lebih mengenal Haikou ketika berjalan-jalan di Qilou Old Street. Area ini merupakan symbol dari kota Haikou dan menjadi saksi perubahan pada kota ini sekaligus salah satu jalan bersejarah bagi Tiongkok.

Bangunan di kawasan ini tak hanya rumah khas Cina saja, tetap ada juga sentuhan gaya arsitektur Eropa dan Asia, termasuk India dan Arab. Berwisata di kota tua seperti ini bisa membuat kembali merasakan kehidupan tradisional di Haikou dengan sejarah yang ada.

Qilou Old Street tak hanya menjadi pusat wisata budaya dan sejarah saja bagi Haikou. Kini lokasi tersebut juga menjadi pusat komersial, kita bisa berbelanja pula di sana.

Menikmati Movie Town yang membuatmu Serasa Aktor Hebat

Siapa yang tak kenal dengan actor film-film China seperti Stephen Chow, Jet Li, Donnie Yen, Fan Bing-Bing, Feng Xiao Gang, dan lainnya. Film China memang memiliki daya Tarik seperti aksi laga yang memukau.

Ketika berkunjung ke Hainan, kita bisa mampir ke Movie Town yang merupakan hasil kolaborasi dari Mission Hills Group (konglomerat liburan dan gaya hidup premium), Feng Xiaogang (sutradara dan actor), serta Huayi Brothers Media Corporation (studio produksi film). Movie Town memiliki luas 8000 meter persegi dengan arsitektur yang terinspirasi dari set film jaman dulu.

Movie Town di Haikou – sumber : http://en.hainan.gov.cn/

Terdapat beberapa distrik di area Movie Town seperti 1942 Street, Nanyang Street, Traditional Beijing Street, Church and Square, Park View Area, Avenue of Stars,  dan Studio Film.

Namun, distrik yang kerap ramai dikunjungi adalah 1942 Street. Pada jam-jam tertentu akan ada performance di area ini. Selain itu, pengunjung bisa masuk serta berfoto di bangunan sembari berpose layaknya actor hebat dengan jurus kungfu yang ditampilkan dalam film.

 

Sanya

Merupakan satu-satunya kota tropis di China dan kerap disebut sebagai Hawaii-nya China. Dulunya Sanya adalah kota nelayan kecil, namun kini Sanya telah berkembang menjadi salah satu kota terbaik untuk liburan dengan pesona pantai.

Wisata Pantai dan Laut di Yalong Bay

Ada beberapa pantai dan teluk yang ada di kota Sanya yaitu Dadonghai, Sanya Bay, Haitang Bay Beach, dan Yalong Bay.

Yalong Bay menjadi salah satu favorit. Teluk yang berbentuk setengah bulan ini memiliki hamparan pasir yang lembut. Air laut di kawasan Yalong Bay juga sangat jernih sehingga bagi penggemar snorkeling maupun scuba diving, juga dapat melakukan aktivitas tersebut. Area bawah laut Yalong Bay juga berisi aneka ragam ikan laut serta warna warni terumbu karang.

Yalong Bay – sumber : https://www.sunnyhainan.com

Selain wisata pantai dan laut, Yalong Bay memiliki kawasan untuk melihat aneka jenis kerang dari seluruh dunia di Shell Exhibition Hall dan berbagai spesies kupu-kupu di Butterfly Valley.

Nanshan Cultural Tourism Zone

Nanshan Cultural Tourism Zone merupakan area budaya yang memikili 3 daerah terpisah dengan tema berbeda. Area pertama adalah Nanshan Buddhism Cultural Garden yang menampilkan budaya China Buddha tradisional yang penuh filosofi. Bangunan utama di area ini adalah Kuil Buddha Nanshan, taman lanskap Buddha, pagoda 10 tingkat, dan patung Guanyin (Dewi Pengasih).

Nanshan Cultural Tourism Zone – sumber : HIS Travel

Selain wisata budaya, pengunjung juga dapat menikmati pemandangan alam yang indah. Pengunjung bisa merasakan kedamaian dari alam dengan menikmati sinar matahari, pantai dengan butiran pasir putih, samudra biru yang terbentang, serta hijaunya pepohonan dan keharuman bunga yang menyegarkan.

Arsitektur Unik The Crown of Beauty & Giant Tree Hotel

Giant Tree Hotel – sumber : http://en.explorehainan.com

Bagi pecinta arsitektur unik, maka kunjungan ke The Crown of Beauty & Giant Tree Hotel tak dapat dilewatkan. Di kompleks ini terdapat hotel yang berbentuk seperti pohon raksasa yang sekilas seperti terbuat dari mainan Lego. Selain itu, terdapat pula The Crown of Beauty Theatre, sebuah teater indoor yang kerap digunakan untuk lokasi acara seni dan hiburan seperti kontes Miss World.

 

Lingshui

Lingshui Hannan terletak di tenggara dari pulau Painan dan menghadap ke Laut Cina Selatan. Kota ini memiliki sumber daya laut dan mineral serta lokasi pariwisata yang juga menarik untuk dikunjungi.

Bertemu Suku Li dan Miao di Yetian Minority Village

Jika ingin mengenal etnis yang berada di Hainan, kita bisa berkunjung ke Yetian Minority Village yang merupakan kampung asli dari suku Li dan Miao.

Pengunjung akan terbawa ke suasana jaman dulu yang mungkin mengingatkan kita akan suasana perkampungan asri dan suku yang ada di Indonesia juga. Suasana kampung terasa sejuk dengan rumah-rumah yang terbuat dari bahan bamboo. Kita juga bisa menyaksikan pertunjukan rakyat yang menggunakan tongkat bambu.

Menemukan Indonesia di Desa Bali

Ketika mampir ke Hainan yang merupakan sebuah pulau eksotis, kita bisa saja menjadi teringat dengan Bali. Tenang saja, kerinduan akan suasana liburan di Bali bisa kita temui juga di Hainan, tepatnya dengan mengunjungi Desa Bali di Lingshui.

Desa Bali di Hainan – sumber : HIS Travel

Bangunan candi bentar serta suasana pedesaan di Bali bisa ditemui di desa ini. Terlebih lagi, jika rindu dengan buah-buahan maupun makanan khas Indonesia, di Desa Bali juga dapat ditemukan buah-buahan seperti belimbing, nangka, kelapa, dan makanan seperti kue semprong. Ada juga panggung yang menampilkan kesenian daerah khas Nusantara.

Qionghai

Merupakan daerah yang berada di timur laut Pulau Hainan dan lokasinya di antara kota Haikou dan Sanya. Hal ini membuat daerah ini kerap dikunjungi sebelum ke Sanya jika berangkat dari Haikou.

Bukan sekedar tempat transit, Qionghai juga menjadi daerah wisata menjanjikan karena memiliki pantai yang indah. Salah satu alasan Qionghai kerap menjadi tempat beristirahat adalah karena kekayaan alam di daerah ini.

Terletak di tepi laut Cina Selatan, Qionghai memiliki sumber air panas alami yang kerap digunakan di hotel-hotel di Bo’ao Qionghai.

Wenchang

Setali tiga uang dengan Qionghai, Wenchang merupakan daerah yang kerap dikunjungi sebagai tempat transit sebelum kembali ke Haikou. Wenchang juga terhubung dengan kota lain di Pulau Hainan dengan adanya kereta super cepat alias bullet train.

Bullet Train yang melintas di Hainan – sumber : wikipedia

Salah satu lokasi wisata terkenal di Wenchang adalah Kuil Konfusius, kuil yang dibangun untuk menghormati Konfusius (filsuf terkenal di Tiongkok). Tak lupa, Wenchang juga terkenal dengan menu khasnya yaitu Wenchang Chicken yang juga dikenal di sekitar Asia Tenggara dengan nama Ayam Hainan.

 

Makan di Hainan, Berburu Cita Rasa Asli Ayam Hainan alias Wenchang Chicken

Liburan tentu tak sekedar mengunjungi tempat wisata saja. Liburan tak akan lengkap jika tak mencicipi aneka hidangan khas dari daerah tersebut. Maka, ketika Liburan ke Hainan, kita juga perlu mencoba berbagai makanan spesial yang ada di Hainan.

Wenchang Chicken – sumber : http://en.hainan.gov.cn/

Wenchang Chicken

Merupakan hidangan paling terkenal sekaligus spesialisasi di Hainan. Ayam yang digunakan untuk hidangan ini memang diternakan dengan cara khusus dengan diberi makanan spesial sehingga memiliki kulit kuning tipis dengan daging putih empuk dan sedikit tulang lunak.

Tentu berbeda rasanya ketika menikmati hidangan asli dari “Ayam Hainan” yaitu Wenchang Chicken ini.

Jiaji Duck – sumber : http://en.hainan.gov.cn/

Jiaji Duck

Selain ayam, Hainan juga memiliki olahan terkenal dari bebek, yaitu Jiaji Duck. Bebek yang digunakan untuk olahan ini juga diternakkan dengan pemberian makanan dan aturan khusus yang membuat bebek ini memiliki daging montok, kulit putih mulus, lapisan tipis lemak tubuh dan rasa manis yang lezat.

Sajian Jiaji Duck mirip dengan Wenchang Chicken, yaitu diolah dengan direbus dengan aneka bumbu, lalu disajikan dengan nasi, kuah kaldu rebusan, dan saus celup.

Dongshan Mutton – sumber gambar : http://en.hainan.gov.cn/

Dongshan Mutton

Hidangan lain yang juga wajib dicicipi di Hainan adalah Dongshan Mutton. Daging kambing dari Dongshan yang kerap diolah dengan cara direbus, tumis, atau ditambahkan ke sup maupun dijadikan campuran dalam bubur.

Hele Crab – sumber : http://en.hainan.gov.cn/

Hele Crab

Namun, masakan di Hainan tak hanya urusan olahan dari darat saja. Memiliki laut yang mengelilinginya, tentu membuat Hainan juga kayak akan olahan dari laut dengan kesegaran dan kualitas bahan yang terbaik. Selain ikan dan udang, Hainan memiliki hidangan khas yaitu Hele Crab.

Ini adalah kepiting dengan daging yang kaya serta lemak kuning keemasan dan aroma yang harum. Umumnya, hidangan laut di Hainan tak terlalu banyak berbumbu agar cita rasa asli tetap muncul, lalu disajikan dengan saus celup seperti saus jahe atau saus jeruk kalamansi.

Qingbuliang – sumber : http://en.hainan.gov.cn/

Qingbuliang

Sebagai hidangan penutup, Hainan menawarkan Qingbuliang, sup pencuci mulut dengan rasa manis yang menyegarkan. Qingbuliang berisi aneka topping mulai dari kurma, kacang hijau, barley, talas, semangka, telur puyuh, dan kacang-kacangan. Kita bisa memilih isian sesuai yang diinginkan dengan tambahan santan dingin atau sirup manis.

Keliling Hainan Bersama HIS Travel

Berbagai tempat wisata alam maupun budaya yang ada di Hainan ditambah lagi sajian yang menggugah selera tentu membuat banyak orang ingin pergi dan menjelajahi daerah tersebut. Hainan memang salah satu daerah di Tiongkok yang wajib untuk didatangi.

Paket Berlibur ke Hainan HIS Travel

Untuk menjelajah wilayah Hainan, kita bisa memesan Paket Tour ke Hainan bersama HIS Travel. Ada beragam paket Hainan Tour yang ditawarkan oleh HIS Travel mulai dari 4D/3N Hello Hainan, 6D/4N Hot Hainan, hingga 7D/5N Hainan Harmony. Kita dapat memilih paket sesuai dengan jadwal yang cocok dan waktu liburan yang kita miliki.

Tour 7D5N Hainan Harmony bersama HIS Travel

Paket 7D/5N Hainan Harmony dari HIS Travel menjadi salah satu paket yang paling digemari, karena kita akan berkeliling ke kota wisata terbaik mulai dari Haikou, Qionghai, Sanya, Xinglong, Wenchang, dan Lingshui.

HIS Travel Indonesia merupakan bagian dari H.I.S Co. Ltd, travel agent yang berbasis di Shinjuku, Tokyo, Jepang yang mengkhususkan diri dalam paket wisata berbiaya rendah untuk individual maupun grup. Namun, walaupun paket wisata HIS ramah kantong, selama berwisata di Hainan, kita tetap akan menikmati layanan terbaik sepanjang perjalanan antara lain:

  • Akomodasi menginap di hotel berbintang 4 lokal
  • Makan (pagi, siang, dan malam) sesuai dengan tercantum di jadwal
  • Transportasi yang nyaman bahkan kita diajak merasakan bullet train juga
  • Visa China Group dan Free Asuransi

Keunggulan HIS Travel

Untuk urusan oleh-oleh, HIS Travel juga mengajak kita untuk mengunjungi toko oleh-oleh antara lain Fish Oil, Bamboo Charcoal, Latex Shop & Baoshutang. Selain makanan, pengobatan dari Tiongkok juga terkenal ampuh. Maka, tak ada salahnya membawa oleh-oleh berupa alat-alat kesehatan atau obat-obatan herbal. Selain itu, tentu kita bisa membeli oleh-oleh di sekitar area wisata yang dikunjungi.

Travel tur berpengalaman seperti HIS Travel memang menjadi pilihan untuk berwisata di dalam maupun luar negeri. Banyak kelebihan yang dimiliki oleh HIS Travel yaitu :

Servis yang nyaman

HIS Travel memberikan dukungan penuh untuk seluruh perjalanan mulai dari reservasi hingga kembali ke rumah serta staf yang ramah untuk berkonsultasi baik secara online maupun offline

Dukungan jaringan global

HIS Travel memiliki banyak cabang di luar negeri. Dengan jaringan global ini, kita bisa mendapatkan harga terbaik untuk hotel serta dukungan untuk perjalanan yang lancar.

Unggul dalam Individual Tour

Ada banyak pilihan destinasi wisata yang ditawarkan oleh HIS Travel mulai dari dalam negeri (Indonesia) maupun luar negeri. Tak hanya Jepang, China, atau wilayah Asia saja, HIS Travel juga memiliki paket tour ke Eropa, Australia, dan Amerika.

Banyak meraih penghargaan

HIS Travel telah meraih banyak pernghargaan setiap tahunnya. Penghargaan ini tentu menjadi bukti layanan terbaik dari HIS Travel. Penghargaan tersebut antara lain Gold Award – Japan Travel Fair by JNTO (2015), SIA Indonesia Top Agent Award (2015/2016), Top Agent Award by Malaysia Airlines (2017), dll

Nah, dengan beragam keunggulan yang dimiliki HIS Travel, gak ragu lagi kan memilih HIS Travel untuk berwisata ke Hainan. Yuk, berani berliburan bersama ke Hainan Hawaii-nya China. Nikmati alam yang mempesona, arsitektur yang unik, serta ragam kuliner lezat.


Untuk info paket liburan lainnya yang ditawarkan HIS Travel, kita bisa cek langsung melalui website https://www.his-travel.co.id/ atau bisa juga cek sosial media HIS Travel di

HIS Travel juga telah memiliki cabang di beberapa kota di Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, Lombok, dll untuk memudahkan bagi yang ingin mendapatkan layanan dan bertanya langsung kepada staf HIS Travel.

Yuk yak yuk wisata bersama HIS Travel. #LovePeaceTravel

You may also like

4 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *