Seru-Seruan di Kota Medan, Ngapain Aja Ya?

Siapa yang tak kenal dengan Medan? Kota yang menjadi ibukota dari provinsi Sumatera Utara tersebut merupakan kota terbesar ketiga di Indonesia setelah Jakarta dan Surabaya. Artinya, Medan adalah kota terbesar di Pulau Sumatera.

Sebagai kota terbesar, Medan memiliki daya tarik secara komersil sebagai lokasi untuk berinvestasi juga ada daya tarik lainnya berupa wisata di dalam kota yang memiliki banyak sejarah. Untuk menunjang hal tersebut, banyak maskapai yang sudah membuat rute penerbangan langsung ke Medan. Seperti Garuda Indonesia yang memiliki rute Palembang-Medan (pp) dengan pesawat Bombardier CRJ1000 NextGen.

Ada rute penerbangan langsung ke Medan, otomatis bikin aku berburu tiket pesawat ke Medan. Lalu, setelah sampai di Medan, kira-kira aktivitas seru apa yang bisa dilakukan di kota tersebut?

  • Melihat salah satu bandara terbaik di Indonesia

    Bandara Kualanamu sebenarnya berada di Kabupaten Deli Serdang. Bandara ini menjadi pengganti Bandara Polonia. Namun, Kualanamu bisa dikatakan gerbang masuk untuk menuju kota Medan. Bandara internasional ini sudah pernah masuk dalam jajaran 10 bandara terbaik tingkat regional Asia pada tahun 2015 dan menjadi bandara terbaik di Indonesia pada tahun 2017 serta mendapat sertifikasi bintang empat dari Skytrax berkat pelayanan yang baik kepada penumpang pesawat dan pengunjung bandara. Kualanamu adalah salah satu bandara dengan desain yang keren dan modern serta sudah terintegrasi dengan kereta bandara.
  • Naik kereta bandara pertama di IndonesiaDibangunnya Bandara Kualanamu disertai pula adanya pembangunan stasiun kereta bandara dari Kualanamu menuju Medan. Kereta bandara Kualanamu-Medan ini adalah kereta bandara pertama yang ada di Indonesia dan telah beroperasi sejak 25 Juli 2013. Dengan biaya Rp 100.000,- kita bisa menikmati pemandangan dari Kualanamu ke Medan selama 30 menit.
  • Berkeliling dengan Bentor alias Becak Motor
    Walaupun sekarang sudah ada transportasi online, namun kita tetap bisa melihat adanya becak motor alias bentor di kota Medan. Moda transportasi ini memang sudah lama ada di Medan. Nikmati sensasi terkena angin saat naik bentor, mengobrol dengan abang bentor dengan sebelumnya melakukan tawar-menawar negosiasi ongkos yang harus dibayar.
  • Jajan sampai kenyang di Merdeka Walk

    Merdeka Walk Medan – photo : infomedan.net

    Jika sampai di Medan pada malam hari, kita bisa langsung membalas rasa lapar yang melanda sepanjang perjalanan dengan mengunjungi pusat kuliner khas Medan di Merdeka Walk. Suasana meriah dengan gemerlap lampu warna warni yang semarak akan membuatmu nyaman berkeliling sembari mencari makanan yang diinginkan.  Jangan lupa menikmati kuliner khas Medan seperti Teh Susu Telur.

  • Memuaskan diri makan duren di Ucok Durian
    Duren Ucok, bisa juga buat oleh-oleh kalau kita bawa wadah

    Ingat Medan, ingat durian. Konon katanya, durian di Medan tak pernah absen alias selalu ada tak mengenal musim. Salah satu kios durian yang paling terkenal adalah Ucok Durian. Lokasinya bukan berada di emperan, namun sudah memiliki kedai sendiri dengan tersedianya meja dan kursi. Pengunjung bisa request rasa durian yang diinginkan, jika kita gak puas misalnya saat minta durian manis dapat yang pahit, kita bisa minta ganti loh.

  • Berkunjung ke Istana Maimun 
    Istana Maimun – photo : pegipegi.com

    Berada di Jalan Brigjen Katamso, istana dengan dominasi warna kuning ini adalah peninggalan bersejarah dari Kesultanan Deli. Memiliki arsitektur dan desain yang unik dengan menonjolkan budaya Melayu, Islam, India, Spanyol, dan Italia. Biaya retribusi sebesar Rp 5.000,- rasanya cukup murah untuk masuk ke istana yang kerap disebut sebagai ikon kota Medan ini.

 

  • Main ke Rumah Tjong A Fie

    Selain Istana Maimun, Medan juga memiliki bangunan tua lain yang kental dengan nilai sejarah yaitu Rumah Tjong A Fie atau Tjong A Fie Mansion yang berada di Jalan Ahmad Yani. Tjong A Fie adalah salah satu tokoh yang memiliki peranan dalam membentuk kota Medan. Untuk masuk ke kediamannya, kita perlu merogoh kocek sebesar Rp 35.000,-.
  • Solat di Masjid Raya Medan

    Dikenal juga dengan nama Masjid Raya Al Mashun, Masjid Raya Medan adalah salah satu masjid termegah di kota Medan. Perpaduan arsitektur dengan gaya Timur Tengah, India, dan Spanyol membuatnya cocok untuk dijadikan latar belakang foto yang indah. Berkunjung ke masjid, tentu tak lengkap jika hanya berfoto. Masuklah sejenak untuk melihat keindahan masjid ini sekaligus beribadah dengan solat.

Nah, itulah aktivitas seru yang bisa dilakukan di Medan. Selain itu, jangan lupa berburu kuliner Medan yang enak-enak serta mencari oleh-oleh seperti Bolu Meranti, Bika Ambon, dan manisan Jambu Biji khas Medan ya.

Untuk mendapatkan tiket pesawat murah ke kota Medan, kamu bisa mencoba mencari dengan Pegipegi. Melalui website atau aplikasi di GooglePlay maupun Appstore, Pegipegi memberi kemudahan bagi kamu yang ingin berpergian untuk mencari tiket pesawat, tiket kereta api, dan hotel. Berbagai maskapai penerbangan telah bekerja sama dengan Pegipegi dan sering ada promo juga loh. Kayak Promo Gempita yang sedang berlangsung saat ini, kita bisa dapat diskot tiket pesawat. Tuh, enak banget kan!

Yuk, kemasi ranselmu, cari tiket pesawat murah ke kota Medan!

1 Comment

Haiiiii, terima kasih ya telah berkunjung....Aku senang sekali kalau teman-teman mau meninggalkan jejak berupa komentar :)