Tips Memilih Nama Domain Bagus Untuk Bisnis

Memulai bisnis saat ini bukanlah hal yang sulit. Di era digital, bisnis dapat semakin dipercaya dan terlihat semakin professional ketika memiliki sosial media dan website. Website bisnis bisa menjadi media untuk menyampaikan segala informasi tentang bisnis bahkan untuk melakukan transaksi bisnis. Nah, dalam membuat website, kita perlu memahami lebih lanjut tentang nama domain. Melalui nama domain yang bagus, bisa membuat bisnis kita semakin dikenal dan berkembang. Sebelum memilih nama domain bagus untuk bisnismu, ada baiknya kita memahami tips untuk memilih nama domain bagus untuk bisnis.

Nama Domain Dalam Website

Membangun website bisnis bisa dilakukan untuk meningkatkan kredibilitas bisnis yang sedang dikembangkan. Selain itu, adanya website bisnis bisa menjadi portofolio sekaligus katalog untuk produk dalam bisnis yang kita tawarkan. Membangun website bisnis juga pastinya akan memudahkan pencarian terhadap bisnis yang dilakukan karena umumnya akan masuk ke dalam mesin pencari seperti Google.

Dalam membangun website bisnis, hal yang pertama perlu dilakukan adalah menentukan nama domain. Nama domain merupakan identitas dari sebuah website. Gampangnya, kalau website kita adalah tujuan, maka nama domain merupakan alamatnya. Jadi, nama domain akan memudahkan orang-orang untuk datang ke website bisnis.

Pemilihan nama domain perlu dilakukan dengan teliti dan cermat. Ini perlu mengingat domain akan diingat oleh calon pelanggan untuk masuk ke dalam website.

Selain itu, nama domain yang bagus juga bisa meningkatkan popularitas dari website dan bisnis yang dikembangkan. Tentunya, keuntungan jangka panjang akan diperoleh melalui adanya nama domain yang bagus untuk website bisnis.

Tips Memilih Nama Domain Bagus Untuk Bisnis

Memilih nama domain tidak boleh asal-asalan. Kenapa? Soalnya kita perlu bayar untuk membeli nama domain berserta ekstensionnya (.com dan lain-lain). Lagi pula, kalaupun nama domain berganti-ganti, calon pelanggan tentu akan bingung kan. Jadi membeli nama domain untuk satu bisnis itu cukup sekali tapi untuk seumur hidup.

Untuk bisnis, nama domain bisa dianggap sebagai aset penting. Namanya aset penting, tentu dalam membelinya perlu pertimbangan khusus. Nah, berikut ini tips memilih nama domain bagus untuk bisnis.

Pilih nama domain yang unik dan sesuai dengan bisnis yang dijalankan

Nama domain haruslah mudah untuk diingat dan diakses, namun juga harus mencerminkan bisnis yang dijalankan. Maka dari itu, pilihlah nama domain yang unik dan bisa menunjukkan jenis bisnis yang dijelaskan. Jangan memilih nama domain untuk bisnis tiket tapi pakai istilah makanan.

Pilih nama domain yang belum memiliki hak cipta

Pastikan nama domain yang dipilih belum memiliki hak cipta karena jika tidak, kita bisa melanggar kebijakan terkait merek dan mendapatkan denda. Jika sudah punya pilihan nama domain untuk bisnis, periksa terlebih dahulu calon nama domain di website database merek dagang / trade mark.

Pilih nama domain yang mudah diingat

Nama domain tak hanya butuh yang unik saja, tapi juga butuh yang sederhana agar lebih mudah diingat oleh orang. Jangan terlalu banyak karakter untuk nama domain. Usahakan, nama domain tidak lebih dari 15 karakter. Oh iya selain mudah diingat, buat nama domain yang juga mudah diketik dan diucapkan.

Hindari tanda hubung dalam membuat nama domain

Tanda hubung cukup menyulitkan orang untuk mengingat dan mengetik nama domain. Oleh karena itu, buat nama domain tanpa menggunakan tanda hubung. Selain lebih mudah diketik, nama domain tanpa tanda hubung juga memudahkan pencarian di mesin pencari.

Hindari angka atau simbol

Selain tanda hubung, angka dan simbol juga sebaiknya tidak perlu dipakai dalam nama domain. Penggunaan angka dalam nama domain bisa membuat kerancuan dan kebingungan bagi banyak orang.

Sesuaikan nama domain dengan target lokasi bisnis

Jika bisnis yang dibangun telah memiliki target pasar khusus, maka akan penting untuk menyesuaikan nama domain dengan target lokasi bisnis. Jika targetnya melakukan transaksi sampai luar negeri, maka ada baiknya nama domain menggunakan Bahasa Inggris. Sementara itu, jika target lokasi bisnis lokal, boleh menambahkan nama daerah agar mudah dicari sekaligus sebagai keyword dari website, misalnya kelasmainpalembang.com, kursusmasakjakarta.net, dsb.

Jangan ada kesan negatif dari domain yang dipilih

Penggunaan kata-kata dengan konotasi negatif atau bisa menimbulkan ambigu akan menyusahkan dalam urusan nama domain. Bukan hanya orang menjadi berpikiran negatif terhadap website dan bisnis yang dijalankan. Dengan maraknya internet sehat saat ini, bisa saja nantinya website justru tidak bisa diakses karena dianggap bukan situs yang aman untuk dijelajahi.

Pengecekan Nama Domain

Setelah mendapatkan nama domain yang diinginkan, ada baiknya kita melakukan pengecekan pada daftar nama domain yang diinginkan sebelum melakukan pembelian domain. Pengecekan juga boleh dilakukan untuk mengetahui apakah nama domain juga telah terpakai di sosial media. Hal ini berguna agar nama domain dan akun sosial media sama dan selaras. Selanjutnya, kita juga bisa memilih ekstensi atau akhiran untuk alamat domain website seperti .com atau .net. Pilihlah ekstensi Top-Level-Domain yang lebih umum dan popular untuk digunakan seperti .com.

Nah, jika sudah memiliki nama domain bagus untuk bisnis yang benar-benar unik, segera beli domain untuk website bisnis yang sedang dibangun. Karena bisa saja orang punya ide nama domain yang sama dengan yang kita inginkan. Jadi, sebelum diambil orang, segera lakukan pembelian domain dan bangun website bisnis sekarang juga.

Selamat mencari nama domain bagus untuk bisnis ya. Jangan lupa, pikirkan masak-masak dan penuh pertimbangan karena membeli domain adalah investasi untuk bisnis. Jika kamu telah mendapatkan nama domain bagus untuk bisnis, segera lakukan pembelian domain di Qwords. Qwords adalah perusahaan yang menyediakan layanan registrasi Domain Name sekaligus hosting untuk meletakkan file website dan akses email di Internet.

Nah, tunggu apa lagi. Yuk buat bisnis semakin berkembang dengan membangun website yang memiliki nama domain bagus. Jangan lupa, beli nama domain dan hostingnya di Qwords ya.

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *