Sukses SBMPTN Hanya Dengan Satu Aplikasi

Sukses SBMPTN

Halo adik-adik SMA di mana pun berada, sudah sejauh mana nih persiapan kalian untuk melewati SBMPTN nanti? Pastinya, kalian ingin dong sukses pada SBMPTN tahun ini.

Tips Sukses SBMPTN

Adik-adik tau gak sih, ada beberapa hal yang perlu kalian persiapkan terlebih dahulu sebelum menghadapi SBMPTN. Tips sukses SBMPTN yang utama di bawah ini akan sangat membantumu lebih tenang menghadapinya.  

  • Memahami apa itu SBMPTN serta tahapan-tahapan ketika kita menjadi peserta.
  • Perbanyak membaca materi pelajaran, terutama untuk materi pelajaran yang susah menurut adik-adik.
  • Giatkan latihan soal SBMPTN.
  • Selalu rutin berdo’a dan yakinkan diri kalau kalian pasti bisa.
  • Nikmati semua prosesnya dan jangan menganggap itu sebuah beban.

Memahami SBMPTN

Memahami SBMPTN secara keseluruhan akan berguna bagi adik-adik agar tau apa saja jenis ujian yang harus dilewati. Adik-adik bisa tahu bagaimana sistem penilaiannya.

Selain itu akan tahu juga informasi terkait tanggal-tanggal penting. Baik dari masa pendaftaran sampai dengan pengumuman kelulusan.

Perbanyak Membaca Materi Pelajaran

Nah setelah mengetahui semua itu, adik-adik bisa melanjutkannya dengan belajar materi pelajaran. Pelajarilah sesuatu dengan memulai dari materi pelajaran tersulit menurut kalian.

Ketika adik-adik sudah bisa memahami materi-materi tersulit, maka kalian ulangi juga membaca materi-materi yang sudah dipahami. Paling tidak untuk sekedar mengingat kembali dan memastikan tidak ada materi yang terlupakan.

Itu tips sukses menghadapi SBMPTN menjelang hari ujiannya.

Giatkan Latihan Soal

Selanjutnya adik-adik harus mencoba menguji pemahaman kalian terkait materi yang sudah dipelajari melalui latihan soal. Latihan soal menjadi tips sukses SBMPTN karena sangat penting untuk dilakukan sebanyak-banyaknya dan juga terus-menerus.

Kenapa harus sebanyak-banyaknya? Karena ketika semakin banyak soal yang kalian kerjakan, kalian akan terbiasa dengan berbagai model soal yang disajikan, kalian juga akan terbiasa dengan materi-materi yang keluar dalam soal-soal tersebut.

Menikmati Proses Persiapan Belajar

Dalam persiapan belajar dan latihan soal ini, adik-adik mungkin akan mengalami kendala dalam mengatur cara belajar yang menyenangkan. Tidak jarang kita bosan ketika membaca semua materi pelajaran. Begitupun ketika mengerjakan latihan soal yang tidak disertai pembahasan, kita biasanya akan jenuh.


Bagi yang tidak bisa belajar secara berkelompok pasti akan bingung untuk bertanya kepada siap. Nah untuk adik-adik yang mengalami kendala seperti itu, ada satu tips sukses SBMPTN untukmu. Kamu bisa menggunakan aplikasi Ruangguru.

Belajar Bersama Aplikasi Ruangguru

Adik-adik udah tau lah ya aplikasi Ruangguru itu apa. Apalagi untuk adik-adik yang merupakan penggemar beratnya Iqbal Ramadhan.

Tapi buat yang belum tau tenang aja. Aku di sini akan jelasin ke kalian apa itu aplikasi Ruangguru dan keuntungan yang bakal kalian dapat ketika menggunakannya.

Mengenal Aplikasi Ruangguru

Aplikasi Ruangguru ini adalah aplikasi bimbingan belajaran online yang bisa kita akses di mana pun dan kapan pun melalui HP kita masing-masing.

Buat adik-adik yang cepat jenuh ketika membaca materi pelajaran, aplikasi ini menurut aku akan sangat membantu kalian semua. Karena di sini mereka menyajikan materi pelajaran dengan metode yang seru, salah satunya penyajian materi dalam bentuk video.

Metode Belajar di Aplikasi Ruangguru

Penyajian materi pelajaran seperti ini bisa adik-adik akses melalui produk Ruangbelajar yang tersedia dalam aplikasi Ruangguru tersebut. Jadi di situ kita cukup menonton tutor Ruangguru yang sedang menjelaskan materi pelajaran dalam video, dan menurut aku ini rasanya seperti menonton video tutorial di youtube.

Meski kita seolah sedang belajar langsung dengan seorang guru di depan kita, kita tidak akan merasa jenuh soalnya dalam video itu mereka menampilkan juga berbagai animasi yang lucu dan unik yang membuatnya tidak monoton. Nah berikut ini adalah gambar contoh untuk model video belajar tersebut.

Latihan Soal SBMPTN di Aplikasi Ruangguru

Selain video belajar dalam aplikasi Ruangguru kalian juga bisa melakukan latihan soal-soal SBMPTN, karena di sini mereka menyediakan soal-soal SBMPTN dari tahun-tahun sebelumnya serta soal prediksi di tahun ini. Pada bagian itu juga dilengkapi dengan pembahasan.

Lalu kalau kalian masih tidak mengerti dengan cara mengerjakan soal yang tertera di pembahasan, adik-adik bisa langsung bertanya kepada tutor Ruangguru melalui produk Ruanglesonline yang mereka sediakan. Bagi yang biasa belajar sendiri gak perlu khawatir harus bertanya ke siapa lagi, ketika kalian tidak paham akan materi dan soal-soal tersebut.

Selain produk Ruangbelajar dan Ruanglesonline masih banyak lagi produk yang mereka sediakan untuk membantu adik-adik semua dalam mempersiapkan diri untuk SBMPTN. Makanya dari sekarang aku menyarankan adik-adik untuk mendownload aplikasi Ruangguru di Play Store serta langsung berlangganan untuk dapat menikmati semua produk yang mereka sajikan.


Nah melalui aplikasi ini kalian bisa menikmati semua proses SBMPTN yang ada, kalian pun akan semakin percaya ciri dalam mengerjakan soal ujian nanti karena telah banyak belajar serta banyak melakukan latihan soal. So, Semangat ya untuk adik-adik semua, dan jangan lupa berdo’a sesuai kepercayaan masing-masing ya.

You may also like

Haiiiii, terima kasih ya telah berkunjung....Aku senang sekali kalau teman-teman mau meninggalkan jejak berupa komentar :)