6 Area Outdoor di Palembang Untuk Rekreasi Bersama Anak

Kadang suka iri sama kota-kota yang banyak fasilitas umum yang ramah anak. Apalagi kalau pas lihat tv show Korea yang judulnya “The Return of Superman”. Seneng banget rasanya aku ngeliat tempat umum yang banyak permainan, trotoar yang ramah buat pejalan kaki, taman yang luas biasa buat piknik, taman bermain yang ada air mancurnya, dan banyak lagi. Ya walaupun aku juga ga tau sebenarnya taman yang banyak permainan itu di area apartemen apakah terbuka untuk umum atau gimana.

Awalnya sih, sempet mikir, duh, di Palembang ga ada ya tempat kayak gitu kayaknya. Akhirnya berujung, kalo main ke mall lagi, dan ke mall lagi. Komplek tempat tinggalku juga sebenarnya kurang akrab antar tetangga dan arena untuk bermain itu kurang sih. Paling, kalau lagi main ke komplek kantor, yang di dekat masjid ada tamannya. Lumayan lah, bisa latihan jalan si anak. Trus aku sadar, sebenarnya ya, kebetulan aja rumahku jauh.

Jadi, sebenarnya di Palembang itu ada juga kok taman-taman kota dan area yang bukan taman tapi bisa jadi tempat bermain untuk anak. Berikut 6 area outdoor di Palembang yang cocok untuk menjadi tempat rekreasi bersama anak :

  1. Kambang Iwak Family Park (KIF Park)
    Namanya saja Family Park , alias taman keluarga. Ini adalah salah satu taman yang juga menjadi obyek wisata karena ada danau (buatan kayaknya) yang disekitarnya ada pepohonan rimbun. Area KIF Park, cukup sering jadi tempat rekreasi keluarga. Di area danau ada air mancurnya.
    Untitled
    KIF Park paling ramai di hari Minggu pagi, karena area yang berada di sekitar kediaman Walikota Palembang ini menjadi area car free day jadi banyak yang datang untuk olah raga, juga untuk jajan dan belanja karena banyak yang buka lapak, seperti pasar kaget gitu. Di hari lainnya, tidak terlalu banyak yang buka lapak dan pengunjung tetap ada karena ada yang berolahraga (di KIF Park ada Jogging Track), ada yang kumpul-kumpul (ada semacam gazebo gitu buat duduk-duduk), dan aneka kegiatan lainnya.
    Untitled
    KIF Park lumayan sejuk dengan adanya pepohonan yang rindang. Adanya jogging track bisa jadi tempat melatih anak berolahraga, atau paling tidak latihan jalan. Adanya jajanan di sekitar serta café dan restoran di sekeliling KI Park juga bisa jadi alternatif urusan menyelamatkan perut yang lapar. Oh iya, taman ini gratis alias bebas biaya masuk. Area parkir ada, tapi tidak secara khusus, ya disekitar taman itulah.Lokasi jelas bisa di :
  2. Taman Publik POM IX
    Taman gratis lain di kota Palembang ada di Jalan POM IX. Jadi ada 2 taman yang berada di jalan ini dan bersebrangan. Terdapat lapangan basket untuk berolahraga di salah satu taman, di taman lainnya terdapat permainan untuk anak. Selain itu ada tugu duplikat Piala Adipura, ada area untuk berjalan kaki, ada permainan seperti ayunan, ada gazebo untuk duduk-duduk, dll.Taman ini berada di lokasi yang cukup strategis, dekat dengan Mall, Rumah Sakit, Hotel, Perumahan, dan Perkantoran.Untitled
    Sayangnya, taman ini terpecah-pecah, maksudnya tidak jadi kesatuan karena dipisahkan oleh jalan raya. Jadi ya, kalau janjian di taman harus jelas taman sebelah mana. Oh ya, area parkir tidak khusus, tapi bisa parkir di dekat taman.

    Untitled

    Adanya tanaman seperti bunga-bunga bisa buat belajar anak sembari keliling taman, adanya permainan anak seperti perosotan dan ayunan juga bisa bikin anak beraktivitas dan bersosialisasi dengan teman baru. Lapar? Ada jajanan di sekitar taman, mulai dari pempek panggang, cendol, es oyen, dll.

  3. Jakabaring Sport City
    Daerah ini paling jauh jangkauannya kalau dari rumahku. Sebenarnya ini pusat olahraga Palembang, jadi setiap ada event olah raga, seperti Sea Games 2011 dan Asian Games 2018 nanti, akan dilakukan di sini.Jakabaring terdiri dari beberapa venue untuk banyak cabang olahraga, seperti sepakbola, atletik, sepatu roda, aquatic, dan lain-lain.Untitled

    Nah, di sekitar venue tersebut ada area seperti taman luas yang bisa dipakai piknik, seperti di area depan venue shooting dan venue voli pantai. Dekat situ juga ada danau, jadi kita bisa duduk-duduk santai, sambil cemal-cemil. Tikar bisa disewa dan cemilan bisa dibeli. Di dekat venue aquatic, ada danau yang dijadikan area main bebek-bebekan sepeda air. Di sekitarnya, sama juga, ada tikar yang bisa disewa, cemilan yang bisa dibeli. Di sekitar Stadium Gelora Sriwijaya Jakabaring, kalau hari Minggu akan ramai dengan orang yang akan olahraga. Ada juga yang menyewakan mobil-mobilan dan otoped gitu.

    Baca juga : One Fine Day @ Palembang Ulu

    Untitled

    Oh ya, ada area baru seperti taman-taman gitu, sayangnya agak panas sih. Semacam taman campur kebun, jadi sebidang tanah yang ditanami tumbuh0tumbuhan. Cuma jadi lah buat latihan jalan anak atau pengenalan terhadap tumbuh-tumbuhan.  Masuknya bayar Rp 10.000 untuk mobil dan Rp 5.000 untuk motor.

  4. Benteng Kuto Besak
    Area ini sebenarnya lapangan luas yang lebih cocok untuk lari-larian, atau main mobil-mobilan. Tempat ini lebih ke rekreasi belajar sejarah dan budaya. Kita bisa naik perahu untuk menyebrangi Sungai Musi, mengenalkan tentang Jembatan Ampera, berjalan ke Museum Sultan Mahmud Badaruddin II atau Monpera (Monumen Perjuangan Rakyat), atau ke arah Benteng Kuto Besak Theatre, yang sebelumnya ada restaurant dan disekitarnya ada taman. Beberapa komunitas seperti I love Quran kadang berkumpul di sana.
    Di area Benteng Kuto Besak, sekarang ada sepedaan warna-warni bentuk mobil-mobilan gitu. Kayak yang di alun-alun Jogja atau alun-alun kota lainnya di Jawa. Yang kalo malem ada lampunya itu loh. Nah, area lapangan yang luas kadang dipakai anak-anak main layang-layang juga. Oh ya, kadang ada pameran gitu atau lomba-lomba di sini.
    Dan sekarang ada icon baru kota Palembang di sini yaitu Patung Ikan Belida. Dengan adanya icon baru, mungkin akan lebih ramai lagi dan menambah pengetahuan untuk anak tentang kota Palembang.
  5. Taman Wisata Punti Kayu
    Punti Kayu adalah taman wisata kota. Punti Kayu sebenarnya lebih ke hutan pinus. Suasananya teduh dan asri, walau agak mencekam dulu. Sekarang banyak permainan dan replica atau miniature seperti miniature Menara Eiffel, Pintu Ajaib Doraemon, dll. Di Punti Kayu, anak-anak bisa mengenal hewan kera. Eits, hati-hati ya, kera kan biasanya jahil. Makanya, baiknya kita bawa makanan buat kera-kera itu. Di Punti Kayu, kita bisa bersantai, main jembatan gantung, outbond, dll.Biaya masuknya : Rp 10.000 / Rp 12.500 untuk dewasa dan Rp 5.000 untuk anak > 6 tahun. Biaya parkir akan beda lagi.
     
  6. Palembang Bird Park

    Untitled
    Kalau ini sejenis mini-zoo di Palembang. Berhubung di Palembang belum ada kebun binatang, terselamatkan oleh Palembang Bird Park. Isinya memang didominasi oleh aneka jenis burung, tetapi ada juga gajah, kura-kura, kuda, ikan, ular, monyet, dll.
    Karcis masuk area ini adalah Rp 50.000, sudah termasuk makanan untuk iguana, jangkrik untuk burung, biji-bijian untuk burung, dan makanan untuk kura-kura. Untuk beberapa hewan seperti gajah dan burung hantu, kita bisa foto bareng. Tentu ada tambahan biaya lagi.Nah, dari aneka aktivitas mengenal satwa dan memberi makan satwa, bisa sekalian ajang anak belajar keberanian.
    Untitled
    Palembang Bird Park sepertinya milik pribadi / swasta (bukan pemerintah kota) sehingga memang agak komersil, namun sebanding karena tempatnya rapi, bersih, dan tertata.

 

Sayangnya, walaupun cocok untuk bermain anak, nilai minus dari area publik, seperti taman-taman yang gratis, adalah kurang terawat (ada patung-patung yang sudah rusak, ayunan yang miring) dan banyak coretan vandalism di areanya. Yang menyedihkan lagi, kalau pengunjung ada yang merokok di sekitar anak-anak yang bermain.  Sedih sih, maksud hati ingin membiarkan anak bermain, tapi jadinya saya larang karena dekat situ ada yang merokok. Kalau yang dikelola dengan baik sudah pasti Palembang Bird Park.

Area taman-taman lain yang bisa dijadikan tempat untuk bermain bersama keluarga umumnya berada di komplek perumahan yang cukup asri seperti Komplek Perumahan PT Pusri, Komplek Perumahan PT Pertamina, Komplek Perumahan Citra Grand City, dll. Nah, cuma, kadang ada komplek perumahan yang aksesnya terbatas, seperti komplek perumahan milik perusahaan tertentu.

Sebenarnya ada taman-taman hijau lain di Palembang ini, hanya saja areanya kurang luas dan rasanya susah untuk mampir sekedar piknik duduk-duduk santai. Semoga, nantinya, seiring semakin berkembangnya Palembang, pembangunan taman dan ruang terbuka hijau, serta ruang ramah anak semakin banyak. Amiiin.

Written by

7 comments / Add your comment below

  1. Yang taman dekat TVRI itu sering banget lewat tapi gak pernah mampir. Liat di foto ini makin cakep aja tamannya. Lumayan banget bisa main murah meriah ajak anak-anak 🙂

    Favoritku sih tetep Kambang Iwak (walau udah jarang) dan… tadaaa stadion Jakabaring hehehe *mumpung deket rumah hwhwhw

  2. Ada lagi mbak di Palembang, di tanjung api2, namanya gasing water bay. Cuman untuk anak-anak sepertinya dimulai Dari usia sekolah kayaknya.
    Btw salam kenal mbak?
    Saya juga tinggal di Palembang?

    1. Ah iya, pernah denger mbak…cuma belum sempat kesana, next ditambahin listnya ?

      Btw, kayaknya kita 1 grup di Sumatera Hebat deh mba ? bener ga ya?

Silahkan meninggalkan komentar :)