Coworking Space Kini Hadir di Indonesia

Saat ini coworking space di Indonesia mulai banyak diminati oleh masyarakat. Pasalnya selain menyediakan tempat kerja yang nyaman harga sewa terbilang terjangkau. Awal kemunculannya sendiri pada tahun 2010 di kota Bandung. Sebenarnya istilah ini sudah ada sejak tahun 1600-an terbukti dengan adanya buku yang menyinggung tentang coworking pada saat itu.

Perkembangannya bermula sejak tahun 1600-an. Coworking Space kembali eksis di awal tahun 2000 hingga sekarang. Kini sudah lebih dari 100 ribu orang yang bekerja di coworking space dan tersebar di seluruh dunia. Tidak terkecuali Indonesia.

Coworking Space, Apa Itu?

Coworking space dalam bahasa Indonesia berarti ruang kerja bersama. Yaitu sebuah ruangan yang digunakan untuk bekerja bersama orang-orang dari berbagai kalangan atau organisasi. Biasanya berbentuk sebuah ruangan terbuka yang cukup luas untuk menampung sejumlah  orang. Orang-orang ini bisa terdiri dari individu, kelompok, maupun organisasi yang bergerak di bidang bisnis.

KErja di coworking space – unsplash

Biasanya ruangan yang digunakan berupa ruangan besar dan luas yang dilengkapi dengan tempat duduk yang nyaman sehingga dapat menampung banyak orang, namun terkadang juga menyediakan ruang-ruang kecil atau ruangan yang terpisah dan disewakan bagi satu perusahaan atau sekelompok pekerja tertentu.

Fasilitas Coworking Space

Fasilitas yang disediakan berbeda-beda tergantung dari penyedia coworking space, namun fasilitas yang biasanya dapat ditemui adalah tempat duduk lengkap dengan meja dan kursi, toilet, tempat ibadah, AC, pantry atau dapur yang menyediakan makanan dan minuman, jaringan internet gratis, layanan penerima dan pengirim surat.

Tema Coworking Space

Ruangan bisanya dibuat dengan tema yang menarik dengan tujuan menarik minat pelanggan, biasanya tema yang digunakan bermacam-macam mulai dari klasik, modern, green house, concrete, EV Hive, Conclave, dan sebagainya. Tema yang digunakan juga bisa disesuaikan dengan permintaan pelanggan yang sebelumnya sudah melakukan reservasi.

Klasik

Konsep ini menghadirkan sebuah ruangan yang bercitarasa mewah nan elegan. Penggunaan material kayu menjadi pilihan utama dengan sentuhan ornamen ukir dan profil. Cat ruangan yang dipakai biasanya menggunakan warna-warna yang berasal dari alam seperti Coklat, hitam, hijau, Gold, merah batu bata dan beberapa warna tanah lainnya.

Modern

Ruangan yang pengaturannya mengikuti tren masa kini yang di dalamnya mengandung elemen cool, trendi, dan bergaya anak muda milenial serta penggunaan interior dan ornamen minimalis yang lebih mengedepankan fungsi.

Green House

Disini kita akan merasakan sebuah ruangan bernuansa lingkungan alam terbuka yang segar sejuk dan tenang karena ruangan didominasi oleh warna hijau serta beberapa tanaman hidup.

Membuka Bisnis Coworking Space

Membuka bisnis coworking space dapat dilakukan oleh siapa pun tanpa ada syarat khusus yang perlu disiapkan sebelum membuka bisnis ini adalah:

  1. Modal
  2. Menentukan lokasi dan bangunan yang strategis
  3. Mengetahui konsep coworking space
  4. Memiliki rencana rancangan interior dan eksterior ruangan yang akan dibuat
  5. Menyiapkan fasilitas yang akan diberikan kepada pelanggan
  6. Mengetahui kebutuhan dari calon penyewa coworking space

 

Peminat coworking space biasanya dari kalangan pebisnis muda yang baru mulai merintis usaha atau startup, pekerja lepas, kontraktor, designer, fotografer dan sebagainya mengapa demikian? Hal ini dikarenakan faktor sebagai berikut :

 

  1. Harga terjangkau
  2. Fasilitas yang disediakan lengkap
  3. Luas ruangan yang disewa dapat disesuaikan dengan kebutuhan
  4. Dapat merasakan suasana kerja yang baru dan nyaman
  5. Sarana mendapatkan teman baru dan membentuk relasi bisnis
  6. Menambah pengalaman

 

Saat ini penyedia coworking space sudah banyak tersebar di seluruh wilayah Indonesia khususnya daerah perkotaan serta menawarkan pelayanan yang menarik, media yang digunakan untuk reservasi pun beragam ada yang harus datang langsung ada yang bisa di akses melalui internet salah satunya adalah dengan menggunakan laman web GO-WORK.

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *