Selamat tahun baru! Setelah kembali ke kantor pasca cuti seminggu, aku ditegur oleh seorang teman yang bertanya, “Nun, liat deh jammu, data tanggal dan harinya benar gak?”. Aku yang kadang hanya memperhatikan tanggal akhirnya juga memperhatikan hari di jam tanganku yang berwarna biru. Oh iya, tanggalnya sih bener 16 Januari 2020 tapi harinya kok Jumat, padahal seharusnya hari Kamis.

Cara Update Firmware Jam Suunto
Ada salah hari di jam Suunto

Aku pun mencoba memberikan DM ke Instagram Suunto Indonesia yang akhirnya mendapatkan jawaban kalau perlu update firmware Suunto. Setelah main-main ke twitter Suunto, ternyata sudah ada pengumuman sejak tanggal 3 Januari 2020. Intinya sih, mereka sadar ada bug dan sudah mengoreksinya dengan mengupdate softwarenya. Jadi, permasalahan ini selain dialami oleh pengguna Suunto Spartan (seperti aku), juga tipe Suunto 9, Suunto 5, dan Suunto 3.

Cara Update Software Jam Suunto

Mudah saja sebenarnya cara untuk meng-update firmware jam Suunto. Yang jelas, kita perlu menyiapkan PC, jam Suunto yang ingin diupdate, serta kabel jam Suunto untuk dihubungkan ke PC. Setelah siap, ikuti langkah-langkah berikut:

1.      Download dan Install Software SuuntoLink

SuuntoLink adalah software untuk desktop / PC yang dapat kita gunakan untuk mengupdate firmware jam tangan Suunto. Sama seperti smartphone atau aplikasi di dalamnya yang terkadang butuh update agar lebih lancar bekerja, kita pun bisa meng-update firmware jam Suunto agar selalu bekerja dengan baik. Selain untuk mengupdate firmware, kita bisa juga menggunakan SuuntoLink untuk mengupdate data-data dari jam kita, seperti jumlah langkah per hari, jarak dan kecepatan saat berolahraga, dll.

Untuk mendownload SuuntoLink teman-teman dapat menggunakan link berikut SuuntoLink Windows dan SuuntoLink Mac. Setelah terdownload, install software tersebut.

2.      Hubungkan Jam Suunto dengan PC yang Diinstall SuuntoLink

Setelah berhasil menginstall software SuuntoLink, saatnya menyambungkan jam tangan Suunto dengan PC.

Cara Update Firmware Jam Suunto

Secara otomatis, seharusnya jam tangan kita akan terbaca dan Windows (saya pakai Windows 10) membuka SuuntoLink. Lalu setelah SuuntoLink muncul, secara otomatis juga firmware dari jam yang dihubungkan akan diupdate.

Bagaimana kalau jam tidak terbaca dan SuuntoLink tidak terbuka?

Kasus ini terjadi ketika saya mencoba membantu update firmware dari jam Suunto teman. Mungkin karena sudah terbaca jam saya sebelumnya, jadi dia tidak mau membaca jam Suunto teman. Padahal sama-sama kabel yang dipakai, artinya bukan karena kabelnya.

Saya pun mencoba merestart PC dan jam Suunto teman terlebih dahulu. Cara restart jam Suunto mudah saja, cukup menekan tombol paling kanan atas selama 12 detik, nanti ia akan restart sendiri. Tapi ternyata sudah restart semua, masih gak bisa juga.

Akhirnya, saya pun cob acara terakhir yaitu, mencoba menginstall ulang SuuntoLink, menghapus data jam saya yang pernah ada, lalu baru menghubungkan jam Suunto kembali. Oh iya, untuk membuka SuuntoLink saya coba memilih Run as Administrator. Cara ini berhasil. Jam Suunto teman terbaca dan akhirnya bisa diupdate firmwarenya.

Update firmware selesai, sekarang saatnya olah raga kembali bersama Suunto.

Cara Update Firmware Jam Suunto