Variety Show Korea : Hyori’s Bed & Breakfast

Kesukaanku akan acara televisi Korea sudah dimulai sejak tahun 2002-an, saat itu aku masih duduk di bangku SMP. Tahun tersebut muncul drama Korea Endless Love (Auntumn in My Heart) yang ditayangkan di saluran TV Indonesia dengan bintang utamanya Song Hye Kyo, Won Bin, dan Song Seung Hun. Secara bertahap, drama Korea pun mulai banyak ditayangkan di televisi.

Kalau lupa, ini dia Endless Love – sumber : wikipedia

Kesenangan akan drama Korea mulai menurun seiring masuk SMA. Karena SMA asrama dan gak bisa nonton TV, akhirnya ‘puasa’ akan drama Korea. Memasuki masa kuliah, aku disadarkan bahwa TV Korea tak hanya dramanya saja yang bagus, acara reality show dan variety shownya pun sangat menarik. Aku justru lebih menikmati menonton reality show dan variety shownya dibanding drama Korea.

Variety Show Korea yang pertama kukenal dan aku ikuti bertahun-tahun adalah Family Outing. Inti ceritanya adalah sekelompok artis akan datang dan menginap di sebuah rumah selama 2 hari 1 malam. Rumahnya bukan di kota, melainkan di desa gitu. Para artis akan melakukan aktivitas untuk merawat rumah milik orang yang sudah lanjut usia, memasak, dan tentu saja memainkan kuis. Aktivitas kuis ini yang selalu menarik dan bisa jadi ide untuk permainan kelompok kalau gathering gitu. Terus banyak juga celetukan-celetukan yang bikin ketawa, kalau gak tahu artinya, dulu sering buka forum-forum yang ngejelasin maksudnya apa.

Family Outing Logo – source : wikipedia

Dari Family Outing, aku mulai kenal bintang-bintang Korea, seperti MC yang terkenal di Korea adalah Yoo Jae Suk, seorang diva Lee Hyo Ri, grup Bigbang karena ada Dae Sung di Family Outing. Setelah Family Outing season 1 selesai, saya ganti mengikuti Running Man yang ada Yoo Jae Suk juga. Running Man masih berlanjut sampai sekarang.

Beberapa waktu lalu, aku sempat ngerasa bingung kayaknya haus akan tontonan. Searching di web-web streaming ternyata banyak banget acara Korea. Tambah bikin bingung. Akhirnya coba cari yang episodenya gak terlalu banyak dan menemukan Hyori’s Bed and Breakfast.


Hyori’s Bed & Breakfast

 

Dari namanya, ini cerita tentang Bed & Breakfast milik Hyori. Lee Hyo Ri ini adalah seorang diva Korea yang aku tau sejak di Family Outing. Dia juga sempat muncul di episode pertama Running Man.

Pembawaannya dia tuh cantik, galak, tomboy, kadang suka songong (ya emang abis dia kaya kan termasuk penyanyi yang penghasilannya tinggi, banyak iklan juga), dan punya jiwa kompetitif yang tinggi juga.

 

Di tahun 2013, Lee Hyo Ri ini menikah dengan musisi Lee Sang Soon lalu pindah menetap di Pulau Jeju. Sejak saat itu bisa dibilang Hyori agak hilang dari peredaran tv bahkan kabarnya hidupnya tertutup gitu menikmati Jeju yang jauh dari hingar bingar perkotaan modern seperti Seoul.

New photo by Faridilla Ainun (fainun) / Google Photos

Tahun 2017 menjadi tahun Lee Hyo Ri comeback ke dunia TV Korea. Selain ia mengeluarkan album musik “Black”, ia akhirnya juga punya acara TV sendiri yaitu Hyori’s Bed & Breakfast.

Konsep acara Hyori’s Bed & Breakfast adalah menjadikan rumah milik Hyo Ri dan Sang Soon menjadi sebuah penginapan Bed & Breakfast atau Home Stay (acara ini juga dikenal dengan nama Hyori’s Home Stay). Mereka berdua akan menjadi host-nya dan akan ada tamu-tamu yang datang.

 

Tamu-tamu yang datang adalah orang-orang Korea yang telah mendaftar dan diseleksi oleh tim TV JTBC. Untuk membantu Hyo Ri dan Sang Soon, tim TV juga akan mendatangkan seorang artis untuk menjadi staf di B&B tersebut. Untuk season 1 yang menjadi staf adalah IU (penyanyi muda Korea) sementara di season 2 yang sedang tayang ada Yoo Na (personil Girls Generation) dan Park Bo Gum (aktor muda Korea yang sedang naik daun).

New photo by Faridilla Ainun (fainun) / Google Photos

Di episode pertamanya, penonton akan diajak melihat kehidupan Lee Hyo Ri dan Lee Sang Soon di Pulau Jeju. Mereka memiliki rumah dengan halaman yang luas. Selain bangunan utama rumah juga ada bangunan lain sebagai studio musik mereka berdua.

Sebagai persiapan membuka B&B, Hyo Ri dan Sang Soon pun survey ke B&B lainnya. Lalu ia pun mulai belanja dari selimut, bantal, sandal, pokoknya barang -barang yang dibutuhkan untuk B&B.

 

Sebenarnya area kediaman Hyo Ri ini terlihat besar tapi besar di halamannya doang. Bangunan rumah memiliki 2 lantai dan lantai 2 nya adalah kamar utama sekaligus satu-satunya kamar di rumah itu. Ya tapi emang kamarnya jadi keliatan luas banget sih. Di lantai 2 juga ada kamar mandi bahkan bathtub. Yang unik, sepertinya kamar mandi ini gak punya pintu, tapi ada seperti pembatas yang bisa dilipat-lipat untuk menutupi area kamar mandi dan bathub.

Akhirnya, Hyori’s B&B pun buka. Tamunya berasal dari beragam profesi, usia, daerah asal, dan latar belakang yang berbeda. Ada sekelompok polisi wanita, penjelajah, tiga saudara yang ibunya telah lama meninggal, sales berbagai usia yang kalau liburan selalu punya konsep foto, kakek nenek yang didaftarkan anaknya ikut acara ini, sepasang kembar yang tak terlihat identik, gadis yang punya masalah pendengaran, suami istri yang kangen liburan setelah punya anak, dan banyak lagi.

Kebiasaan-kebiasaan Hyo Ri dan Sang Soon pun akan terungkap seperti Hyo Ri yang mengikuti kelas Yoga di pagi hari, lalu Sang Soon yang punya ritual minum teh unik, pertengkaran kecil suami istri yang ujung-ujungnya damai-damai aja (tapi lucu gitu ngeliatnya), gimana Sang Soon itu sabar dan kalem banget ngadepin Hyo Ri yang bisa dibilang petakilan cuwawakan.

Sebagai host, bisa dibilang Hyo Ri ini hangat banget ke tamunya, nerima tamunya banget deh. Sementara itu Sang Soon bisa selain juga ramah ke tamu, dia juga solutif banget. Kayak misalnya ketika kakek-nenek kebingungan setelah sampai bandara, ia bersedia jemput, lalu nyewain taxi supaya kakek-nenek tersebut bisa liburan dengan aman dan tenang di Jeju.

New photo by Faridilla Ainun (fainun) / Google Photos

New photo by Faridilla Ainun (fainun) / Google Photos

Ketika area rumah udah penuh banget sama yang nginap dan ada kelompok laki-laki muda yang mau menginap, Sang Soon langsung mesen RV supaya mereka punya tempat buat tidur. Sang Soon dan Hyo Ri pun akhirnya tidur di studio musiknya karena kamar mereka dipakai sama tamu. Jadi emang Hyo Ri dan Sang Soonnya sendiri gak dikasih tahu siapa dan berapa guest yang akan datang.

Oh iya, setiap kelompok tamu yang datang pun akan direkam kegiatan liburannya. Ketika Hyo Ri, Sang Soon, dan IU misalnya pergi ke mana gitu, akan direkam juga. Jadi, acara ini gak fokus di B&B Hyo Ri aja, tapi juga menjadi pengenalan tentang wisata-wisata yang ada di Pulau Jeju.

New photo by Faridilla Ainun (fainun) / Google Photos

Aturan-aturan dalam B&B pun diterapkan, misalnya Hyo Ri hanya menyediakan sarapan aja. Jadi urusan makan siang dan makan malam terserah para tamu. Walaupun begitu, di malam hari Sang Soon akan menyiapkan api unggun di halaman luasnya, bahkan memotong kayu bakarnya sendiri. Tamu-tamu boleh bawa makanan apa aja dan barbekyuan sepuasnya dan menikmati kebersamaan.

Tamu-tamu di Hyori’s Bed & Breakfast juga kayaknya puas dan senang banget bisa liburan di rumah Hyori ini. Selain karena bertemu artis (trio Hyo Ri, Sang Soon, dan IU), tentunya juga karena gratis hehehe. Tapi para tamu juga tau diri kok, bakal ngasih sesuatu untuk Hyo Ri dan Sang Soon. Kayak pasangan kakek-nenek bahkan bawa makanan banyak banget.

New photo by Faridilla Ainun (fainun) / Google Photos

New photo by Faridilla Ainun (fainun) / Google Photos

New photo by Faridilla Ainun (fainun) / Google Photos

New photo by Faridilla Ainun (fainun) / Google Photos

 

Oh iya, para tamu bahkan bisa dapat kelas yoga gratis. Di akhir kunjungan tamu, mereka akan diajak berfoto bersama Hyo Ri dan Sang Soon, lalu fotonya akan di tempel di salah satu ruangan di rumah tersebut.

Jujur aja, gara-gara nonton acara ini aku jadi pengen liburan dan nyobain nginep di B&B. Rasanya interaksi antar tamunya lebih terjalin gitu, selain itu B&B juga banyak yang instagramable sih. Jadinya pengen juga sih ke Jeju apalagi bisa nginep dan ketemu Hyo Ri ahahaha. Ngayal aja.

Selain itu, nonton acara ini belajar juga tentang persiapan kalau mau buka B&B, gimana cara jadi host yang baik, ngelola B&B itu gimana walau santai-santai, dll. Aku juga suka perhatiin interaksi antara Hyo Ri dan tamu-tamunya. Walau dia superstar tapi rasanya gak ada jarak, gak sombong, dan gak jaim sama tamu-tamunya. Sang Soon yang terlihat cuek sama orang, ternyata care banget. Selain itu gimana Hyo Ri dan Sang Soon care sama anjing dan kucing peliharaan mereka juga seru dilihat.

New photo by Faridilla Ainun (fainun) / Google Photos

New photo by Faridilla Ainun (fainun) / Google Photos

 

Season 1 acara Hyori’s Bed & Breakfast ini tayang di tahun 2017 sebanyak 14 episode dengan durasi waktu 90 menit per episode. Sekarang sudah tayang season 2nya. Bagi yang berlangganan Netflix, untuk season 1 sudah ada di Netflix. Kalaupun gak langganan, bisa dicari di web streaming acara Korea baik dengan sub Inggris maupun Indonesia.

You may also like

1 Comment

  1. Wah samaan dong kak, suka drama korea gegara songsong couple dulu ( song hye kyo ama song seung hoon) setelah itu makin ke sini suka variety. Suka drama korea kalau ceritanya menarik atau aktor aktrisnya yg aku suka haha😄😄
    Wah berarti variety show hyori’s bed & breakfast mirip youn’s kitchen yaa

Haiiiii, terima kasih ya telah berkunjung....Aku senang sekali kalau teman-teman mau meninggalkan jejak berupa komentar :)