Bawa Anak Kecil Nonton Bioskop, Kenapa Engga ?

Setelah sekian lama puasa nonton di bioskop (terakhir nonton di tahun 2015, My Stupid Boss, sebelum punya anak), akhirnya balik nonton ke bioskop. Sensasi nonton di bioskop emang beda sih. Ga bisa dipindah channel lain macem pas lagi nonton HBO atau FoxMovies juga ga bisa di pause macem nonton dvd atau di aplikasi nonton online. Kenapa lama ga ke bioskop? Karena ada anak yang masih bayi, kasian kalo diajak karena sound bioskop rasanya keras banget buat bayi, kalo ditinggal ga tega dan kalau mau dititipin ga bisa juga .

Akhirnya ngeberaniin bawa anak ke bioskop ketika umur anak 1,5 tahun, karena kangen banget nonton. Trus ada film Coco yang direkomendasiin dan katanya bagus. Pas dilihat filmnya animasi dan buat semua umur jadi ngeberaniin anak dengan asumsi anak bakal suka. Baru berani bawa umur segini karena ngerasa telinganya lebih kuat nerima sound yang besar (anaknya juga kalo naik mobil suka ngerubah volume keras-keras dan joged girang).

Bawa anak ke bioskop tentu ada pertimbangan tersendiri dan perlu persiapan khusus. Apa aja yang harus dipikirin kalau mau bawa anak kecil nonton?

  • Jenis Film

    Jenis film yang mau ditonton jadi pertimbangan karena mikirnya kalau film untuk dewasa bisa aja ada adegan dewasa. Bukannya menikmati malah mungkin ribet nutupin mata anak. Film yang direkomendasiin ya paling kartun aja atau mungkin film yang memang ditujukan untuk anak-anak. Kalaupun emang mau nonton film untuk dewasa ya ada pertimbangan lain yaitu : Jam Nonton.

  • Jam Nonton

    Jam nonton ternyata penting buat dipikirkan soalnya bisa aja bentrok sama jam tidur anak. Jam nonton juga ternyata pengaruh sama banyak atau ngga-nya penonton di satu studio.
    Jam nonton paling pertama (sekitar jam 10.30-an) ternyata cukup sepi dan kalau anak sedikit rewel ga banyak yang ngeliatin dengan tatapan terganggu (padahal gelap juga kali ya). Kalau anak emang mau dibiarin menikmati film kayaknya di jam paling awal cocok. Jam nonton penting kalau mau nonton film dewasa, pilihlah di jam anak tidur (mungkin paling malem) jadi pas anak tidur kita bisa fokus nonton. Jam paling malam juga biasanya ga terlalu ramai.

  • Lokasi Nonton / Bioskop Mana

    Kalau mau ngikutin anak nonton film untuk usianya ya cocoknya di bioskop yang khusus anak. Tapi di Palembang belum ada. Saya sih milihnya yang deket rumah aja, CGV, alasannya? Persiapannya jadi ga ribet, waktu tempuh bisa diukur (pas – ga kelamaan nunggu film mulai). Pilih yang biasa atau ekslusif (velvet / premier) ? Saya sih milih yang biasa. Hemat bok! Mending selisihnya buat jajan. Hehehe.

    Btw, saya baru tau kalau CGV nyediain booster, semacam bantal untuk anak < 3 tahun, yang ditaruh di kursi penonton. Jadi anak juga bisa mantep duduk nontonnya. Jam nonton juga ngaruh ke bisa apa engganya kita pake booster ini. Kalau masih sepi kan kita bisa pakai kursi yang kosong buat anak duduk. Hehehe, anggap bonus karena studio sepi, boleh kan ?

New photo by Faridilla Ainun (fainun) / Google Photos

 

  • Makan & Minum

    Urusan perut ga boleh dilupain. Nonton rasanya ga enak kalau ga sambil nyemil (menurut saya). Anak juga rasanya ga tenang kalau ga ada yang masuk di mulut. Makan dan minum harus disiapin. Mau bawa dari rumah? Monggo. Mau beli di bioskop? Silahkan 🙂 Yang penting mulut kenyang perut tenang kita senang.

 

New photo by Faridilla Ainun (fainun) / Google Photos

Pengalaman pertama bawa anak nonton? Sempat deg-degan. Ternyata dia anteng duduk sendiri (pake booster) dan makan popcorn caramel sambil minum milo. Dia juga fokus nonton film Olaf sebelum Coco mulai. Pas film Coco mulai, dia minta nyusu trus tidur, boosternya jadi bantal. Hampir sejam tidur, dia bangun dan ikutan nonton film Coco sambil makan lagi sampai film selesai. Alhamdulillah dia kayaknya asyik-asyik aja. Dipanggil abis nonton masih noleh. Semoga telinganya ga kenapa-kenapa. Soundnya juga ga terlalu keras tadi. Dan karena ini, saya jadi request kalau ada film yang cocok lagi pengen nonton 😁.

You may also like

3 Comments

  1. based on experience menurutku sound yg paling ‘kenceng dan pol’ itu bioskop yg di PIM. Sedangkan layar yg rasanya lebar itu di cgv. setuju kalau nonton di bioskop rasanya mmg tdk tergantikan, buat anak2 juga pasti seru bisa lihat Olaf di layar yg guede anet 😁

    1. XXI sama Cinemaxx menurutku soundnya emang kenceng sih dan CGV masih bisa diterima. Trus desainnya CGV minimalis sama spotnya oke buat foto-foto. Bawa anak kayaknya bakalan nonton film animasi doang tapi kalo ke bioskop hahaha

Haiiiii, terima kasih ya telah berkunjung....Aku senang sekali kalau teman-teman mau meninggalkan jejak berupa komentar :)