Perhatikan Hal Ini Jika Mau Bisnis Jual Beli Saham

Jual Beli Saham

Melakukan transaksi saham saat ini bukanlah hal yang sulit lagi. Sekarang, banyak cara yang memudahkan untuk melakukan transaksi dan investasi saham. Apalagi sekarang mudah saja karena bisa dilakukan sendiri secara online. Namun, sebelum masuk di dunia bisnis jual beli saham online, kita perlu memiliki modal yang cukup. Jangan lupa gunakan perhatikan hal ini jika mau bisnis jual beli saham.

1. Dana untuk Jual Beli Saham

Pertama yang kita lakukan adalah dengan menyiapkan modal yang cukup sebelum masuk di dunia bisnis. Gunakankanlah dana dingin dalam bisnis yang dimulai, artinya uang yang dari awal sudah diatur untuk investasi saham. Lebih lanjutnya, teman-teman bisa baca tentang dana minimal untuk jual beli saham online.

Dana untuk Jual Beli Saham

2. Rekening Efek untuk Jual Beli Saham

Kedua, buka rekening efek dulu. Datanglah ke perusahaan sekuritas. Beberapa bank memiliki anak perusahaan yang khusus menangani sekuritas. Teman-teman bisa memilih sendiri dan datang langsung ke perusahaan tersebut.  Sebelumnya lengkapi info dari Google, cari saja dengan kata kunci “perusahaan sekuritas”.

Jika rekening efek sudah beres, selanjutnya kita akan diberikan akses jual beli saham online. Kita bisa melakukan transaksi tersebut di PC maupun lewat aplikasi pada smartphone.

Perlu diingat, kita harus menyelesaikan dulu kartu KSEI (Kustodian Sentral Efek Indonesia).  Karena, hal itu menjadi bukti bahwa kita termasuk salah satu investor yang dilindungi di Indonesia.

Kalau sudah beres langkah selanjutnya adalah membeli saham yang diinginkan. Bisnis ini sangat mudah. Kita bisa mengakses dimanapun. Setelah login, kita tinggal klik saham yang mau dibeli.

Nah, selain sudah menyiapakan modal berupa uang, modal pengetahuan tak kalah pentingnya buat pegangan saat transaksi saham. Ada dua teknik yang bisa dilakukan, yaitu teknik fundamental dan teknikal.

3. Analisis Fundamental & Analisis Teknikal

Belajar inti perusahaan adalah salah satu cara dalam teknik fundamental. Di sini kita dapat mempelajari inti perusahaan, dimulai dengan memahami proses bisnis atau SOP perusahaan yang diinginkan.

Jual Beli Saham

Kalau ingin lebih baik, tentu kita bisa belajar Analisis teknikal. Analisis teknikal kali ini lebih pada sisi psikologis trader/ pelaku jual beli saham. Sehingga, kita harus memantau pergerakan naik dan turunnya harga saham.  Naik turunnya harga saham akan terlihat dari hari ke hari atau bahkan dari hitungan jam. Untuk menguasainya, tentu kita harus coba belajar dan latihan terkait jurus teknikal secara lengkap. Jika ada sharing session dari perusahaan sekuritas, ikut saja.

Kalau sudah mantap dengan pilihan saham yang diinginkan, sekarang klik “beli” dari aplikasi yang sudah ada di smartphone. Jangan lupa ketika sudah melakukan penjualan saham, kita akan dikenai pajak atas saham. Makanya, beberapa investor fundamental mereka menyimpan saham dalam waktu yang cukup lama guna menghindari fee penjualan yang tinggi serta pajak atas penjualan saham.

4. Cek Lagi Portofolio Saham

Perlu diingat, dalam dunia saham, ada baiknya jika kita sering-sering mengecek. Minimal setiap minggunya atas saham-saham yang dikoleksi. Hal ini penting dilakukan untuk menghindari ada hal yang tidak diinginkan seperti aksi liar perusahaan yang tidak kita ketahui.

Sekarang, mengecek saham yang dimiliki pun mudah. Sudah ada aplikasi di smartphone. Kita bisa mengecek pergerakan saham dalam setiap detiknya, kecuali kamu adalah seorang swing trader atau forex trader. Bagi investor jangka pendek, oke aja kalau mau melakukan pengecekan sehari sekali atau dua kali. Untuk investor jangka menengah dan jangkah panjang harus dicek setiap minggunya.

Berikut ini yang perlu diperhatikan saat mengevaluasi portofolio.

  • Harga. Kita dapat melihat pergeseran harganya, apakah masih dalam batas yang telah ditetapkan atau tidak.
  • Kinerja. Kita bisa melihat di media bagaimana terkait perusahaan yang sahamnya telah dimiliki.
  • Ada atau tidakkah perubahan manajemen. Jika ada, kita perlu mengecek alasan perubahan manajemen.
  • Isu. Adakah isu lain yang berhubungan dengan perusahaan tersebut.

Selain fokus ke saham perusahaan, akan lebih baik jika kita juga peka dengan kondisi makro ekonomi sekeliling mulai dari harga minyak, harga emas dan harga lainnya. Penting sekali buat kita karena jika terjadi gejolak kondisi makro, maka akan berpotensi mempengaruhi pergerakan harga saham.


Jual beli saham ternyata mudah ya setelah membaca artikel ini. tunggu apalagi segera terjun. Nah, aku sendiri merekomendasikan Mandiri Sekuritas sebagai platform untuk kesuksesan bisnis jual beli saham karena mudah diakses baik melalui web maupun aplikasi.

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *